Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Industri / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Sunday, 8 January 2023 - 14:38 WIB

Pontren Kauman Gelar Parenting Bersama Wali Santri

Pontren Kauman Gelar Parenting Bersama Wali Santri

SINYALNEWS.com,PADANG PANJANG,-Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah menggelar kegiatan parenting bersama wali santri kelas VII, VIII, X dan XI, Sabtu kemarin di Aula Buya AR Sutan Mansyur Padang Panjang .

Pendidikan saat ini merupakan hal yang dianggap penting untuk mendorong kesuksesan seseorang di masa depan. Namun banyak pula yang menanamkan pemikiran bahwa pendidikan hanya seputar akademis yang didapatkan dari instansi seperti sekolah tanpa memikirkan peranan orang tua didalam prosesnya.

“Peranan orang tua dan keluarga menjadi salah satu indikator dalam melahirkan generasi cerdas berkemajuan. Hal ini menjadi suatu keharusan bagi lembaga pendidikan dan orang tua untuk berkolaborasi dalam merealisasikan setiap program yang disuguhkan. Salah satu wujud mengkolaborasikan program tersebut adalah dengan melakukan parenting,” papar Mudir Pontren, Dr. Derliana, MA dalam sambutannya.

Derliana menyampaikan tidak ada satupun program pendidikan dapat berjalan sesuai dengan harapan jika keluarga tidak ikut berperan aktif dalam mewujudkan semuanya.

“Artinya peranan orang tua dan keluarga sangat kita butuhkan jika kita benar-benar ingin menciptakan karakter yang baik untuk santri kita,” katanya.

Ditambahkannya, parenting selain silaturahmi antara lembaga pendidikan dengan keluarga santr, juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter dan perkembangannya.

Baca Juga :  View Lapangan Pacuan Kuda Kandi Sawahlunto Terindah Di Indonesia

Derliana juga menyampaikan, kolaborasi lembaga pendidikan dan orang tua harus sama-sama berada pada satu frekuensi pemikiran dan persepsi.

“Hal ini terkait nilai-nilai sikap, moral dan disiplin yang perlu dilaksanakan di rumah ketika bersama keluarga. Misalnya tentang tata cara makan yang baik, merapikan barang yang telah digunakan, meminta maaf jika berselisih, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, berbicara sopan dan lainnya,” sebutnya.

Dihadiri 400-an wali santri yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia, kegiatan ini mengangkat tema “Sinergitas untuk Generasi Cerdas”. Hadir sebagai pemateri Ustaz Hendrison, M.Pd.

Dalam paparannya, Hendrison menyampaikan, pola asuh santri mesti mengacu pada firman Allah dalam surat Ali Imran Ayat 33. Apapun bentuk pendidikannya tetap berputar pada tiga aspek.

“Pendidikan berputar pada tiga aspek. Guru, santri dan keluarga mesti memahami bahwa semuanya berorientasi pada surat Ali Imran Ayat 33. Pembentukan karakter ada di sana. Kata kuncinya adalah bagaimana melahirkan generasi soleh. Soleh sudah pasti baik, baik belum tentu soleh,” ujarnya.

Kemudian ia juga memberikan apresiasi pada upaya pontren yang terus berinovasi dari tahun ke tahun. Hal yang paling menarik dari pengamatannya adalah kemampuan bacaan Al Qur’an dari santri.

Baca Juga :  Batang Berselawat: Doa Bersama Menjaga Keamanan Kabupaten Batang

Sementara itu salah satu wali santri yang ikut kegiatan ini mengatakan, yang dibutuhkan keluarga adalah anak-anak yang menuntut ilmu di sini mampu menerapkan di kehidupan nyata di manapun dan kapanpun.

Menurutnya selama ini usaha pontren sudah menampakkan hasilnya. Buktinya anaknya yang selama ini pendiam sudah mulai percaya diri, dan sudah bisa berkomunikasi dengan baik.

Ditempat terpisah Allex Saputra tokoh masyarakat, pengusaha sukses Padang Panjang jebolan pesantren mengatakan
sekolah bukanlah tempat laundry, sehingga orang tua bisa menyerahkan anak kepada sekolah dan menerima hasil bersih.

Mindset atau pemikiran tersebut juga banyak tertanam pada para orang tua di kota kita ini pada umumnya . Tak jarang orang tua menyerahkan keberhasilan anaknya pada sekolah. Padahal peran orang tua dalam pendidikan anak juga sangat dibutuhkan.

keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak itu justru pendukung keberhasilan anak. Jadi mau sebagus apapun sekolahnya tapi kalau orang tuanya tidak ada perhatian, tidak terlibat, itu belum tentu berhasil juga,” ujar Allex Saputra pengusaha properti jebolan pontren yang telah berhasil dalam usahanya .(Paulhendri)

Share :

Baca Juga

News

Dinkominfo Informasikan Dengan Sirkel Dalam Rangka Rangkaian Hari Jadi Kota Pekalongan

Bisnis

Produk Kota Pekalongan Banyak Diapresiasi

Daerah

Malam Apresiasi Cabdindik Solok Raya, SLB LENTERA BUNDA Raih 2 Penghargaan

Agama

Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov, Lolos Tes Penulisan Makalah

Daerah

Sesosok Mayat Wanita ditemukan Mengapung di Bawah Jembatan Brimob Padang Sarai.

News

H. Edy Oktafiandi Terima Buku Kumpulan Cerpen Siswa Kelas IX.8 MTsN 1 Padang

Daerah

Gugatan dikabulkan, Akhirnya 320.000 Mahasiswa Kesehatan bisa bernafas lega

Ekonomi

Presiden Jokowi Meninjau Harga Pangan Di Jambi