Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Hukum / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Monday, 19 December 2022 - 20:04 WIB

Sambutan Gubernur Sumbar: PDRI adalah Penyambung Nyawa NKRI

Sambutan Gubernur Sumbar: PDRI adalah Penyambung Nyawa NKRI

Padang.sinyal news.com;Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara bersama di lapangan Stadion GOR H. Agus Salim, Padang. Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi juga ketua umum Bela negara Sumbar menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan pidato Presiden Joko Widodo, Senin (19/12/2022).

Waktu pembacaan pidato Presiden, Gubernur Mahyeldi mengatakan peringatan Hari Bela Negara tahun ini mengusung tema Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Tema tersebut mengisyaratkan untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju.

Ketua Harian Bela negara Sumatra Barat MISRAL,juga berharap kepada Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Masyarakat harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” kata Ketua Harian trsb

Baca Juga :  Danramil 07/Maos Menghadiri Pembukaan Gelar Seni Budaya dan UMKM 2023 Di Karangjati

Lebih lanjut, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai Dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam keseharian terutama para muda-mudi penerus bangsa,”

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, gubernur Sumatra Barat mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” lanjut gubernur.

Baca Juga :  Rico Alviano : Calon Presiden Anies Baswedan Akan Berkunjung ke Sumbar. Tidak Ada Pengerahan Massa

Lalu pada kesempatan yang sama, gubernur juga sampaikan bahwa adanya HBN didasarkan pada suatu peristiwa yang terjadi di Sumbar, yaitu berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Selama 207 hari, pemerintah darurat yang memilih Bukittinggi sebagai ibukota negara sementara, menjadi penyambung nyawa Indonesia dan merupakan sejarah berarti bagi Sumbar.

“Kita perlu berbangga, Sumbar memberikan jasa yang luar biasa pada NKRI dengan adanya PDRI. Orang Sumbar bukan hanya jadi proklamator bangsa, tapi juga berperan dalam menyambung nyawa NKRI,” ucap gubernur.

Gubernur juga mengajak generasi muda Sumbar turut memberikan kontribusi terbaiknya pada NKRI. Harapannya, semoga peringatan HBH menjadi awal bagi warga negara Indonesia secara umum untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme.

Usai upacara, gubernur menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada siswa, jurnalis dan masyarakat umum yang berhasil menjadi jawara dalam lomba penulisan esai dengan tema “Tokoh Perempuan Minangkabau di Mata Anak Bangsa” yang digelar oleh DP3AP2KB Provinsi Sumbar.

(MS)

Share :

Baca Juga

Agama

Peduli Kesehatan Ibu Hamil, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Bagikan Susu

Budaya

Berburu Gulai Kambing Di Bulan Ramadhan   

Daerah

Sinyalnews.com Jalin Kerjasama Dengan SLB Etnik Kreatif Nusantara Kab Agam

Daerah

Pererat Hubungan Dengan Keluarga Besar, Kodim 1710/Mimika Gelar Acara Olahraga Dan Mancing Bersama

Budaya

Peduli Lingkungan, Personel Polres Batang Punguti Sampah di Kawasan Pantai

Bisnis

Launching Wara Wiri Feskraf Bersama Gilang Ramadhan

Hukum

Hadiri Raker dengan Komisi I DPR RI, Wamenhan M. Herindra Bahas RUU Pengesahan Traktat Tentang Pelarangan Senjata Nuklir

Daerah

Putra Selayo Solok Diamanahkan Menjabat Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya (Putra dari Tokoh Kota Solok Alm. H. dr. Umar Riva’i)