Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Hukum / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Monday, 19 December 2022 - 20:04 WIB

Sambutan Gubernur Sumbar: PDRI adalah Penyambung Nyawa NKRI

Sambutan Gubernur Sumbar: PDRI adalah Penyambung Nyawa NKRI

Padang.sinyal news.com;Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara bersama di lapangan Stadion GOR H. Agus Salim, Padang. Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi juga ketua umum Bela negara Sumbar menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan pidato Presiden Joko Widodo, Senin (19/12/2022).

Waktu pembacaan pidato Presiden, Gubernur Mahyeldi mengatakan peringatan Hari Bela Negara tahun ini mengusung tema Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Tema tersebut mengisyaratkan untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju.

Ketua Harian Bela negara Sumatra Barat MISRAL,juga berharap kepada Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Masyarakat harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” kata Ketua Harian trsb

Baca Juga :  Serius Berantas Penyalahgunaan Handphone, Pungli, dan Peredaran Gelap Narkoba, Rutan Padang Laksanakan Apel Deklarasi Zero Halinar

Lebih lanjut, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai Dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam keseharian terutama para muda-mudi penerus bangsa,”

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, gubernur Sumatra Barat mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” lanjut gubernur.

Baca Juga :  MTsN 1 Padang Raih Tri Sukses Lomba MGMP IPS MTs Kota Padang

Lalu pada kesempatan yang sama, gubernur juga sampaikan bahwa adanya HBN didasarkan pada suatu peristiwa yang terjadi di Sumbar, yaitu berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Selama 207 hari, pemerintah darurat yang memilih Bukittinggi sebagai ibukota negara sementara, menjadi penyambung nyawa Indonesia dan merupakan sejarah berarti bagi Sumbar.

“Kita perlu berbangga, Sumbar memberikan jasa yang luar biasa pada NKRI dengan adanya PDRI. Orang Sumbar bukan hanya jadi proklamator bangsa, tapi juga berperan dalam menyambung nyawa NKRI,” ucap gubernur.

Gubernur juga mengajak generasi muda Sumbar turut memberikan kontribusi terbaiknya pada NKRI. Harapannya, semoga peringatan HBH menjadi awal bagi warga negara Indonesia secara umum untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme.

Usai upacara, gubernur menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada siswa, jurnalis dan masyarakat umum yang berhasil menjadi jawara dalam lomba penulisan esai dengan tema “Tokoh Perempuan Minangkabau di Mata Anak Bangsa” yang digelar oleh DP3AP2KB Provinsi Sumbar.

(MS)

Share :

Baca Juga

Agama

Pentingnya Legalitas Wartawan Melalui SKW

Agama

Bupati Pasaman Barat Lepas Kontingen Penas Tani KTNA XVI Pasaman Barat ke Padang

Daerah

Asah Naluri Tempur, Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Laksanakan Lattek Bunis 

Internasional

Komandan Satgas INDO RDB XXXIX-E Dampingi Komandan Sektor Utara MONUSCO Resmikan Jembatan TSERE

News

Kadis Perikanan dan Pangan Kota Padang Kunjungi KWT Sukses Makmur Sehat Padang Besi

Daerah

Kadis Pendidikan Sumbar Tutup Gelaran LKSN SLB Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023  

Agama

Kembangkan Lampu Hias dan Furniture, Karang Taruna Kelurahan di Batam Dapat Dana Stimulus Kemensos

Budaya

Korem 043/GATAM Gelar Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila