Home / News

Friday, 18 November 2022 - 13:45 WIB

Pukau Seluruh Penonton : Team Sholawat MTsN 1 Padang di Festival Sholawat Nabi Tingkat Sumbar

 

Padang, Sinyalnews.com – Inovasi membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin yang tidak biasa menjadi biasa, yang lama menjadi baru, yang biasa-biasa menjadi luar biasa yang menjemukan menjadi menyenangkan.

Untaian kalimat diatas pantas disematkan kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang yang telah melahirkan Team Sholawat hebat dan tampil memukau di Festival Lagu Sholawat Nabi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Festival lagu sholawat nabi tersebut, digelar oleh Mahasiswa jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) di Teatre tertutup Mursal Esten pada Kamis (17/11).

Kegiatan religi tersebut dibuka oleh Wakil Dekan 3 FBS, Indra Yuda. Dan diikuti oleh 5 team, 2.dari Kota Padang, 2 dari Kabupaten 50 Kota dan 1 dari Kota Payamumbuh.

Team Sholawat MTsN 1 Kota Padang diberi nama _Hafidh Alnabi_lahir atas inisiator sang inovator dan inspirator yang tak lain adalah Kepala Madrasah, Isrizal, yang sekaligus sebagai pembina.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI Ke 78 Warga Perum Pesona Gria 3 Kabupaten Pekalongan Selenggarakan Senam Bersama

Dibidani dan dibimbing oleh sang pelatih telaten Wahyu Prima Nelga dan Riezka Pratami, butir-butir sya’ir dalam bahasa Minangnya diciptakan oleh Dafril Tuanku Bandaro.

Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal, mengapresiasi team Sholawat Hafidh Alnabi yang telah tampil memukau dan memperlihatkan ke bolehannya di Festival lagu sholawat nabi tingkat Sumbar.

Festival sholawat ini hampir tidak terdengar lagi, dari sekian tahun sudah tidak diadakan.Maka MTsN 1 Kota  Padang menghadirkan team sholawat ini untuk melestarikan kembali lagu sholawat.

Mudah-mudahan bisa memicu, bangkitnya kearifan lokal, karena sholawat ini salah satu kearifan lokal yang sudah mulai pudar. Oleh karena itu perlu dilestarikan dan dikembangkan, kemudian juga untuk memicu masyarakat menyenangi sholawat yang di barengi dengan seni” ujar Isrizal penuh semangat.

Baca Juga :  Kadis Pendidikan Sumbar Buka Latihan Dasar Penerapan Karakter Bagi Siswa Baru SMK 4, 7 dan 8

Sementara itu, Wahyu Prima Nelga, sebagai pelatih merasa sangat bahagia dan puas dengan tampilan team asuhannya yang membuat penonton terkesima dan mengundang decak kagum.

“Team yang baru lahir dalam waktu tiga minggu, mulai dari pembuatan Syair, memilih bacaan sholawat, membuat musik, mensinkronkan musik dengan syair dalam dua minggu lalu berlatih dalam waktu dua minggu, langsung tampil di festival lagu sholawat tingkat Sumbar dan mampu tampil memukau bahkan seakan-akan menghipnotis para hadirin, adalah sesuatu yang luar biasa dan memenuhi rasa kepuasan batin” ungkap Wawa.

Wawa, berharap team sholawat ini akan tetap dikembangkan dengan inovasi dan kreasi kekinian yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat di era digitalisasi dan transformasi, tutupnya.

(DTB/HTJ

 

Share :

Baca Juga

Bisnis

Korban Gempa Pasaman Barat Berunjuk Rasa di Depan Kantor Bupati Pasaman Barat

Daerah

Anies Semakin Tak Terbendung, Survey Lembaga Internasional 81 % Masyarakat Indonesia Ingin Perubahan

Budaya

DPRD Sumbar Maigus Nasir : SMK Kesehatan Genus Sumbar ‘baby yang pandai berlari”

Budaya

Personel terlatih untuk Pengawalan Melekat Delegasi AEM telah di siapkan Polda Jateng

Agama

SMK 8 Padang Laksanakan Shalat Ghaib Untuk Mendoakan 

News

Mandi di Sungai Irigasi, Dua Bocah Meninggal Dunia Terbawa Arus

Budaya

Polsek KKP Batam Berhasil Menyelematkan Korban Dalam Kasus PMI Non Prosedural Tujuan Singapura Dan Menetap 1 orang Tersangka

Budaya

Apel Sinergitas TNI – POLRI Wujudkan Kondusifitas Kamdagri Dalam Mengawal Tahun Politik 2024