Home / Daerah / Nasional / News / Peristiwa

Sunday, 3 December 2023 - 05:20 WIB

Endrizal : Sumbar Creatifest 2023 diharap Mampu Melahirkan UMKM Berdaya Saing Tinggi

Padang, Sinyalnews.com,- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Endrizal mengatakan ajang Sumbar CreatiFest 2023 diharapkan mampu melahirkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berdaya saing tinggi di level nasional dan global.

 

“Kegiatan ini adalah wadah dan kesempatan yang baik untuk berkolaborasi dengan tokoh-tokoh kreatif lokal yang diharapkan berdampak positif tumbuhnya UMKM asal Sumbar yang unggul dan berdaya saing global,” kata Endrizal pada hari kedua Sumbar CreatiFest 2023 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (1/12/2023)

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Pimpin Rapat Persiapan WIES 2023, Matangkan Persiapan dan Pastikan Dampak Positifnya untuk Industri Halal Lokal.

 

Endrizal mengatakan saat ini pemerintah Sumatera Barat sedang mendorong pengembangan UMKM berbasis keunggulan potensi domestik. Khusus di Ranah Minang, sektor kuliner dan fesyen merupakan bidang yang paling potensial untuk dikembangkan.

 

Melihat dua potensi besar di sektor itu, Endrizal mendorong pelaku UMKM untuk menciptakan nilai-nilai baru serta narasi yang kuat, kemasan yang aman dan nyaman serta diversifikasi produk.

 

Apalagi, Provinsi Sumbar telah berhasil mengekspor bumbu rendang ke Arab Saudi. Hal ini merupakan bukti dan contoh baik yang perlu direplikasi bagi komoditas lainnya.

Baca Juga :  Kakanwil Kemenag Sumbar Lantik 34 Pejabat Esselon IV

 

Kemudian, di sektor fesyen, Kadis Koperasi dan UKM juga mendorong pelaku usaha meningkatkan unsur tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih tinggi.

 

Tidak hanya itu, dinas yang dipimpin Endrizal itu, juga mendorong pelaku UMKM meningkatkan ekosistem agregator. Melalui model bisnis agregasi diharapkan UMKM di sektor kreatif dapat berkonsolidasi guna meningkatkan kualitas produksi dan sebagainya.

 

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Internasional

Sekjen Kemhan RI Sambut Kedatangan Menhan Malaysia ke Indonesia

Budaya

Jalin Silaturahmi TNI, POLRI Desa Karangrena Gelar Halal Bihalal

Budaya

Dekan FIK UNP kembali pimpin FOPI Sumbar,Prof. Nurul ihsan secara aklamasi di dukung penuh oleh peserta Musprov.

Agama

Kepala SMA PGAI Padang dianiaya Sekelompok Orang Tak di Kenal

Daerah

Polres Batang dan Satpol PP Gelar Razia Anak Sekolah Bolos di Kabupaten Batang

Budaya

Kapolres Pekalongan Hadiri Kegiatan Jalan Sehat Dalam Rangka HUT RSUD Kajen Ke 18

Agama

Arisan IBAP Suku Jambak Sungai Sapih berjalan Lancar, Berikut Penjelasan dan Harapan Darman MTC

Daerah

Dandim 0613/Ciamis Secara Resmi Buka Kegiatan UMKM Dan Stand Alutsista Tingkat Kabupaten Ciamis Sebagai Wujud Pengembangan Ekonomi Rakyat