Home / Budaya / Daerah / Nasional / News

Saturday, 7 October 2023 - 12:06 WIB

FESTIVAL PESONA MENTAWAI 2023 SUKSES, PUTARAN UANG MENCAPAI ANGKA 4 MILIAR LEBIH

MENTAWAI, SINYALNEWS.COM, – Penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai 2023 yang digelar bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ke-24 diselenggarakan dari tanggal 04 s/d 07 Oktober 2023 di Homestay Mapadeggad, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai berlangsung sukses.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Joni Anwar menyebutkan bahwa perputaran uang pada acara tersebut mencapai lebih dari 4 juta dari 200 stand yang ikut serta dalam perhelatan tersebut. (07/10/2023).

“Selama Festival Pesona Mentawai 2023 yang diadakan di Kawasan Wisata Mapaddegat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai dari 4 sampai 7 Oktober 2023 telah beredar uang lebih dari 4 miliar rupiah. Data tersebut kami dapatkan dari 200 stand yang ikut ambil bagian dalam Festival Pesona Mentawai 2023 ini.

Masing-masing stand diperkirakan memperoleh pendapatan hingga 2 juta rupiah perhari selama 4 hari penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai 2023. Belum lagi ditambah dengan semua kamar hotel dan homestay yang semuanya penuh, bahkan kekurangan kamar. Bahkan ada beberapa peserta yang terpaksa tinggal di rumah penduduk, karena tidak tersedia lagi kamar baik di penginapan maupun homestay milik masyarakat,” ungkap Joni Anwar.

Baca Juga :  Tengsawer '83 Berduka

“Anggaran dari pemerintah untuk penyelenggaraan festival tersebut adalah 1,3 miliar rupiah. Dana tersebut dipergunakan untuk pembiayaan mendatangkan kontingen dari 10 kecamatan termasuk Sikerei dan sewa band local dan operasional lainnya. Perputaaran uang pada saat festifal ini diselenggarakan 90 persennya beredar ditengah msayarakat yang bergerak di bidang UMKM baik kuliner maupun ekonomi kreatif lainnya,” ujar Joni Anwar.

“Jumlah pengunjung Festival Pesona Mentawai 2023 perharinya diperkirakan 400 – 500 orang baik dari Mentawai maupun luar Mentawai. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam Festival Pesona Mentawai 2023 kali ini, diantaranya Lomba Solo Song tingkat anak dan remaja, Panahan, Miniatur Uma, Turuq Lagai serta perlomba Silaju Sampan yang cukup menyedot perhatian masyarakat. Kegiatan Festival Pesona Mentawai 2023 ini berbeda dengan event serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Mujahadah Kubro Al asma Ul Husna dan Doa Bersama Tingkat Kabupaten Cilacap

Bisa dikatakan event yang diselenggarakan tahun ini sangat sukses. Menjadi PR bagi Pemda dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk lebih berbenah lagi dalam meningkatkan semua potensi yang di miliki oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai,” pungkas Joni Anwar.

Persiapan penyelenggaraan Event Festival Pesona Mentawai sudah dilakukan selama dua bulan sebelumnya dan melibatkan seluruh OPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan semua unsur Forkopimda.(W).

Share :

Baca Juga

Agama

Masih Membandel Parkir di Trotoar, Ban Mobil Dikempiskan

Agama

DITRESKRIMSUS POLDA KEPRI BERHASIL UNGKAP KASUS JUDI ONLINE JARINGAN INTERNASIONAL DI KOTA BATAM

Agama

Banyak Dugaan Kecurangan Pemilu, Rico Himbau dan Ajak Masyarakat Terus Bergerak dan Memantau Perhitungan Suara Pilpres

Budaya

Hujan Deras disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang, Akibatnya Satu Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik

Agama

Persaingan Pemilihan Duta Wisata Kota Pekalongan Semakin Ketat

Daerah

Meriahkan HUT ke-78 RI, Lemdiklat Polri Gelar Lomba Lukis

Agama

Tingkatkan Partisipasi Pembangunan, Eska Gelar Festival OMS

Daerah

Jumat Berkah, Polsek kedungwuni Bagikan Nasi Kotak