Budayakan 4 Pilar, Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Apresiasi DPRD Kota Bukittinggi

Bukittinggi, sinyalnews.com, – Guna penyamaan sharing informasi, terkait dengan penyederhanaan struktur birokrasi dari sisi kegiatan, 13 orang rombongan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, mengunjungi DPRD Kota Bukittinggi, dalam agenda bersilaturahmi, Kamis (9/2/23).

Rombongan yang dipimpin Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE., SH., M.Si, itu diterima Kasubag Persidangan, Risalah dan Publikasi, DPRD Kota Bukittinggi, Yudi Andry, SH., dan staf.

Menurut Yudi Andry, kunjungan rombongan Kesekretariatan DPRD Provinsi Jawa Barat, tersebut dalam rangka silaturahmi sesama Kesekretariatan DPRD dari sisi tingkatan Provinsi dan Kabupaten Kota.

“Penyederhanaan struktur birokrasi itu adalah terkait dengan penyetaraan jabatan fungsional yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat, melalui PermenPAN- RB Nomor 25 Tahun 2021 Tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi,” kata Yudi.

 

Untuk di sekretariat DPRD, katanya, telah dilakukan penyesuaian jabatan sesuai dengan PermenPAN-RB Nomor 25 Tahun 2021 yang telah dilakukan 31 Januari 2021 penyederhanaan pada eselon IV, dimana sebelumnya eselon IV di DPRD Bukittinggi, Kasubag terdapat 6 jabatan. Dari 6 jabatan struktural eselon IV, yang ada kini yaitu Kasubag TU sedangkan yang 5 lagi dialihkan menjadi jabatan fungsional.

Baca Juga :  Jaga Stabilitas Keamanan Menjelang Perayaan Natal Satgas Yonif 122/TS Laksanakan Pemeriksaan Jalur Perlintasan Tapal Batas Pikere Papua

“Maksud dan tujuan lainnya rombongan ke DPRD Kota Bukittinggi, terkait dengan sosialisasi Perda, polarisasi Perda bagaimana di Kota Bukittinggi, menurut Yudi bahwa sosialisasi Perda di Kota Bukittinggi telah dilakukan dalam bentuk kegiatan, tapi dari pola pelaksanaannya kita lakukan melalui pada tahap pembahasan Ranperda dilakukan oleh pansus dengan perangkat daerah dan stakeholder terkait,” sebut Yudi.

Sebagai dasar melakukan regulasi, termasuk dalam peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pembentukan pedoman daerah, dimana dinyatakan, DPRD dan Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untuk melakukan penyebarluasan Ranperda ataupun Perda, baik Perda inisiatif DPRD maupun usulan dari Pemerintah.

Baca Juga :  Rapat Bersama Tim Verifikasi Dan TFL, Wabup Risnawanto Lakukan Evaluasi

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat, Ida Wahida Hidayati, menjelaskan tentang pola sketsa kebangsaan yang mencakup 4 pilar kebangsaan, artinya menanamkan pola cinta kepada tanah air. Dengan metode-metode dan formula, bagaimana penyampaian 4 pilar ini dapat membudayakan di masyarakat. Terutama dari lembaga sendiri kepada masyarakat dan juga stakeholder terkait.

Ini pun menjadi bahan di DPRD Kota Bukittinggi, bahwa bagaimana menyikapi dan bisa kegiatan ini bisa dilaksanakan, karena memang itu bisa mencerminkan bahwasannya kita cinta tanah air.

Ida Wahida Hidayati, juga menggambarkan terhadap pola-pola kerja, bagaimana pola kerja dari tingkatan Provinsi dan di Kabupaten/Kota. Secara teknis, hampir sama. Hanya saja mungkin dari level yang agak berbeda.

Sekretaris DPRD Jawa Barat, itu pun mengapresiasi DPRD Kota Bukittinggi, karena bentuk dari pola yang dilakukan, ada yang didapatkan secara baik, dan dapat diterapkan di DPRD Provinsi Jawa Barat. (rul)

Share :

Baca Juga

Berita

Dubes Turki Tawarkan Sejumlah Kerjasama Kepada Pemprov Sumbar Gubernur Mahyeldi : Akan Kita Tindaklanjuti Dalam Waktu Dekat

Berita

Wali Kota Hendri Septa Hadirkan  Dua Syeikh Madinah Dengarkan Kemampuan Hafalan Alquran Siswa di Padang   

Berita

Dua Pekan Ini, 15 Penjual Obat Obatan Berbahaya Diringkus Satresnarkoba Polresta Cilacap

Badan Negara

Gaktibplin Propam Polres Pekalongan Sasar Personil di Polsek Jajaran

Badan Negara

11 Tokoh Masyarakat Disematkan Pin Emas di Hari Jadi Kota Padang ke-354

Berita

Peradi Goes to School Seri 12 Berlangsung di SMA Negeri 4 Padang

Berita

Bukittinggi Raih Opini WTP Kesepuluh Secara Berturut-Turut

Badan Negara

Akan Hadir Forum Keberagaman Nusantara (FKN) Sumatera Barat