Home / Hukum / News

Wednesday, 1 February 2023 - 14:31 WIB

Ditlantas Polda Jateng Sosialisasi E-TLE Berbasis Drone di Cilacap

Cilacap – Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah  menggelar uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menggunakan drone. Kegiatan tersebut di laksanakan di simpang tiga tugu lilin gumilir Cilacap. Rabu (01/2/2023) pagi.

 

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakum Ditlantas Polda Jateng Kompol Ilham S Sakti mengatakan kami bersama Satlantas Polresta Cilacap dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) melaksanakan sosialisasi dan uji coba E-TLE mobile yang terintegrasi dengan drone.

 

Ia mengatakan ini merupakan penyempurnaan dan pengembangan penindakan pelanggaran lalu lintas melalui E TLE yang saat ini sudah sangat masif dilaksanakan di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Selama Operasi Patuh 2023, Polda Jateng Catat Tren Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat 100 Persen Dibanding Tahun Sebelumnya

 

“Seperti yang diketahui di Jawa Tengah sendiri sudah ada E-TLE statis,  E-TLE mobile handheld, dan ini akan di sempurnakan lagi menggunakan E-TLE yang terintegrasi dengan Drone” Ucap Ilham.

 

Selain di Polresta Cilacap ia mengatakan kegiatan uji coba ini dilaksanakan di 35 Polres Kota dan Kabupaten seluruh Jawa Tengah dan untuk mekanismenya sendiri sama dengan E-TLE pada umumnya.

 

“Jadi apabila drone sedang di operasionalkan dan menemukan pelanggaran lalu lintas kita akan melakukan peng capturan yang setelah itu kita akan kirimkan ke back office dan akan di verifikasi dan validasi yang selanjutnya akan dikirimkan ke alamat pelanggar” Ungkapnya

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kelompok Kerja Bayang Bungo Indah Ciptakan Usaha Sirup Buah Pala

 

Ilham juga menambahkan bahwa E-TLE drone ini tidak hanya untuk tindakan hukum, jadi juga sebagai bagian traffic management memantau situasi arus lalu lintas khususnya di titik titik tertentu seperti blind spot.

 

Kasat Lantas Polresta Cilacap AKP Muhammad Salman Farizi Putera, S.I.K. mengatakan mekanisme untuk penggunaan E-TLE berbasis drone di Cilacap sendiri masih menunggu instruksi dari Polda.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Tanggap Bencana, Polres 50 Kota turunkan Personel berikan Bantuan

Budaya

Operasi Zebra Seligi 2023 Polres Bintan, Seminggu Temukan 296 Pelanggaran

Agama

Novrial : Kadisperindag Sumbar Pimpin Apel Senin Pagi

Budaya

Kuda Tuan Rumah Senyorita Gagal Melaju Ke Final Kejurnas Pordasi Seri 1 2023

Nasional

Apresiasi dan Tingkatkan Kapasitas Guru, Wali Kota Buka Padang Inspiring Teacher

Agama

As SDM Irjen Dedi Prasetyo Terima Presisi Award Berkat Keterbukaan Rekrutmen Polri

Daerah

Gotong Royong Bersama Warga Bangun Rumah RTLH di Desa Karangjati

Nasional

Ternyata Sosok ini yang ditunjuk Megawati Untuk Dampingi Ganjar Pranowo