Home / News

Monday, 30 January 2023 - 12:00 WIB

Menangkal Paham Radikalisme Masa Kini

Padang, Sinyalnews.com,- Maraknya aksi terorisme dan sikap intoleran yang menghiasi Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini, secara tak langsung berdampak terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut kian diperparah, karena stigma teroris kadang dikaitkan dengan Islam.

 

Tentunya hal tersebut mengundang perhatian kalangan tokoh masyarakat dan ulama di berbagai daerah. Karena, dalam Islam sendiri sangat menjaga bagaimana masyarakatnya menjaga hubungan antar sesama manusia baik itu antar suku, agama dan bangsa.

 

“Dalam Islam, menjaga silaturahmi antar sesama muslim, antar agama dan antar bangsa adalah sebuah keniscayaan. Tidak ada satupun pengajaran dalam Islam yang boleh menyakiti antar sesama, karena kita harus menjaga hubungan atar manusia Dan antar agama pun ada aturannya,” ungkap Ustad Dafrizal,

Baca Juga :  Pimpinan Sinyal Group Minta Maaf dan Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

 

Lebih jauh Ustadz Dafrizal memaparkan, bahwa jangankan menyakiti fisik, menyakiti perasaan dan menginjak martabat seseorang sangat dilarang dalam Islam.

Tidak layak dalam Islam apalagi yang muslim sejati mengucilkan hal tersebut atau memandang sebelah mata ajaran Rasullullah yang menebarkan kasih sayang.

 

“Ajaran Islam sangatlah sempurna terutama yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan manusia dimana dalam Islam saling menghargai dan saling menyayangi serta saling bertoleransi antar sesama,” lanjut Ustad daf.

 

Ia juga menyikapi, sikap intoleran yang sering dijumpai, bahkan dengan kebebasan sosial media, tentunya akan berdampak terhadap keutuhan kebhinekaan di Indonesia.

Baca Juga :  Buka Pendaftaran Bacaleg, Partai Demokrat Bukittinggi Memanggil Putra-Putri Terbaik Bukittinggi

 

Sekaitan dengan adanya aksi-aksi terorisme, bom bunuh diri, sikap intoleran dan radikalisme, menurutnya itu sangat bertentangan dengan ajaran Islam. “Jangankan membunuh orang lain, harta, martabat orang lain sebagai mana ajaran islam, harum hukumnya jika kita menginjak-injaknya. Termasuk mencaci maki dan menjelekkan sesama manusia dan muslim sangat dilarang dalam Islam,” tegasnya.

 

Ustad Dafrizal juga menekankan bahwa, pihaknya menolak tindakan terorisme, radikalisme dan sikap intoleran yang dilakukan segelintir orang, karena itu sangat bertentangan dengan ajaran Islam.

 

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pasar Banjarsari Segera Dibangun

Daerah

Paket Pekerjaan Tanah dan Patok Embung Bomben Kolok di Lelang Dinas SDA dan BK Sumbar

Agama

Disela Letusan Marapi, PB Ikasmantri dan SMA 3 Padang Serahkan Bantuan

Daerah

Dua Kelurahan Di Kota Padang Di Nilai IOC-UNESCO Pada Tsunami Ready Community

Daerah

Pelajar Asal Pemalang Ditemukan Meninggal, Tenggelam di Sungai Desa Brondong Pekalongan

Daerah

Peran Babinsa Membantu Mengatasi Permasalahan di Wilayah

Agama

Pelatihan Keterampilan Bordir Kelompok Kejora, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota

Budaya

Keceriaan dan Kebanggaan Siswa SLB N 1 Jayapura Saat Berkunjung ke PLBN Skouw Untuk Menambah Wawasan Kebangsaan