Home / News

Thursday, 5 January 2023 - 22:48 WIB

BHABINKAMTIBMAS MAOS KIDUL DAMPINGI PENIMBANGAN SERENTAK (PENTAK) CEGAH STUNTING SEJAK DINI

Cilacap, Sinyalnews – Untuk menurunkan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Cilacap melaksanakan kegiatan Penimbangan Balita secara serentak bersama  PKM yang ada di setiap Kecamatan.

Dengan skala prioritas cegah stunting, tentunya agenda penimbangan serentak ini meningkatkan kesehatan terutama bagi para balita.

Pemerintah Desa Maos Kidul melaksanakan kegiatan ini bersinergi dengan PKM melalui Bidan Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Kades Maos Kidul Sunarjo (52) mengatakan “Penimbangan ini merupakan langkah awal dalam memantau tumbuh dan berkembangnya anak terutama balita serta bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi’

Baca Juga :  Sebelum Bertanding Prof Tjung Haw Shin, Bakar Semangat Atlet Sambo Sumbar 

Dalam hal terkait, Kegiatan dilaksanakan serentak di tujuh Posyandu yang ada di Desa Maos kidul Kecamatan Maos Cilacap Jawa Tengah.

 

Program utamanya adalah menyelenggarakan penimbangan balita  (5/1/2023).

Keterlibatan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Seperti disampaikan, Aipda Second Is Ujiandoko,S.PdI,MM yang merupakan Bhabinkamtibmas desa Maoskidul didampingi Serda Tofik Hidayat Babinsa Maos kidul ” Hal ini merupakan bentuk sinergitas tiga pilar terbawah dalam upaya melayani masyarakat untuk tercapainya masyarakat yang sehat sehingga masyarakat lebih produktif dalam menghadapi situasi paska pandemi demi terwujudnya Kamtibmas yang mantap”.

Baca Juga :  Jelang Hari Jadi Polwan RI Ke-75, Polwan Polda Kepri Gelar Ziarah di Taman Makam Pahlawan Yang di Pimpin Kompol Restia Octa Guchy

Program ini dilaksanakan merupakan  himbauan langsung Pj Bupati Cilacap, dengan penimbangan sekaligus memantau tumbuh kembang balita, sehingga balita terhindar dari risiko buruk dan mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada balita, sehingga penanganan dapat segera dilakukan guna pencegahan Stunting,” ujar Kades Maos kidul.

 

Jenis pelayanan mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, evaluasi tumbuh kembang, serta hasil penimbangan kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS,” papar Bidan Desa Hartati secara terpisah di lokasi Posyandu.

 

Share :

Baca Juga

Budaya

Pembicara Utama Sosialisasi KPID Sumbar, Sekda Sumbar Hansastri Berharap Lembaga Penyiaran Turut Meningkatkan Kualitas Pemilu

Budaya

Babinsa Koramil Jeruklegi Pantau Jalannya Ruwatan Apit Desa Cilibang   

Bisnis

Grand Opening Rin Bingsu, Cafe Dissert Korea Pertama di Kota Padang

Daerah

Tersambar Petir, Dua Penebas Durian Meninggal Terjatuh dari Ketinggian 15 meter

Nasional

Bermain di Dekat Sumur, Seorang Remaja di Kabarkan Tercebur Dan Meninggal Dunia

Daerah

Pesan Danrem Wijayakusuma Untuk Anggota Korpri TNI Unit Korem 071/Wijayakusuma

Budaya

Sopir Mengantuk, Mobil Masuk Kebun di Penambongan Purbalingga   

Agama

Berkah Ramadan, DPP KJK Gelar Acara Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim