Kankankemenag Tinjau Persiapan Revitalisasi KUA Padang Utara Dan KUA Koto Tangah

Kankankemenag Tinjau Persiapan Revitalisasi KUA Padang Utara Dan KUA Koto Tangah

Padang,Sinyalnews.com — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Aris Junaidi, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Amri Hamidi, tinjau persiapan Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) Dua Kecamatan yakninya KUA Padang Utara dan KUA Koto Tangah Kota Padang terkait persiapan Revitalisasi Kedua KUA tersebut dan memeriksa semua persiapan yang sudah tersedia, Kamis 29 Desember 2022.

Kepala Kantor, Saat dimintai keterangannya menjelaskan bahwa Revitalisasi KUA merupakan program prioritas Kementerian Agama yang diwujudkan dengan peningkatan sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, sistem informasi, dan sejumlah program afirmatif di KUA yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kata dia, Syarat KUA Revitalisasi memiliki layanan yang lengkap, punya sumber daya manusia yang handal, mempunyai basis data dan digital service serta hubungan lintas sektoral yang bagus, juga terpenuhinya sarana dan prasarana, dan terwujudnya penguatan moderasi beragama yang akan menjadi corong pemerintah dalam menanggapi isu-isu yang berkembang, jelas H. Edy.

Baca Juga :  Polda Jateng Siapkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Kekeringan di Musim Kemarau

Berhadapan dengan Kedua Kepala KUA tersebut, yakninya KUA Padang Utara Rahmad Doni Irawan dan KUA Koto Tangah Hendri beserta jajarannya, Kepala Kantor memberikan arahan agar melaksanakan Revitalisasi KUA dengan sunguh-sungguh dan sepenuh hati dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kemeneterian Agama Kota Padang sangat mendukung penuh terhadap penguatan program Revitalisasi KUA,” ungkap Kepala Kantor.
Lebih jauh, dijelaskan Kepala Kantor bahwa disiplin merupakan kesadaran dan bukan perintah, maka laksanakan kerja dengan baik walau tidak ada pimpinan dan setelah melaksanakan kegiatan buatlah laporan secepatnya agar bisa segera dievaluasi.
Seandainya ada pemeriksaan mendadak, kita sudah siap, dan tidak terkendala di lapangan, Lengkapi semua administrasi KUA dan tingkatkan SDM ASN di Kantor KUA dan diharapkan semua ASN wajib menguasai teknologi dan informasi.
“ASN adalah pelayanan masyarakat, maka layanilah masyarakat dengan cepat, tepat dan ramah,” pesan Kepala Kantor.

Baca Juga :  Kemenag Kota Padang, Tadarus Al-Qur'an Awali Aktifitas Kerja di Bulan Suci Ramadhan

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Aris Junaidi mengatakan bahwa Revitalisasi KUA bukan lagi memakai PTSP, namun memakai bahasa layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Setiap pelayanan yang ada di KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, handal, kredibel dan transparan.

Denagan adanya Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) wadah baru untuk memberikan penguatan kepada keluarga sebagai unit terkecil di tengan masyarakat.

Kantor Urusan Agama (KUA) berperan dalam menciptakan Keluarga yang Sakinah,Mawaddah,Warahmah maka Pusaka Sakinah merupakan sebuah Inovasi Program baru Kemenag RI dalam upaya menjaga dan memelihara serta menguatkan ketahanan keluarga, Jelas kasi Bimas menyudahi. (HarisTJ)

Share :

Baca Juga

Budaya

Pastikan Kebutuhan Air Tercukupi Babinsa Lakukan Penyiraman Tanaman Cabai Secara Rutin

Budaya

Rakernis Bid TIK Polda Riau Hadirkan Pembicara Dari ASABRI dan Telkom 

Agama

Arisan IBAP Suku Jambak Sungai Sapih berjalan Lancar, Berikut Penjelasan dan Harapan Darman MTC

Daerah

Lomba Pacuan Kuda Memperebutkan Piala Gubernur Sumbar, Akan Diselenggarakan Oktober Mendatang

Internasional

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Menteri DAPA Korsel, Bahas Kerja Sama Industri Pertahanan

Budaya

Rebut Finalis, Digelar 7 Race Babak Penyisihan Kejurnas Pordasi ke 57 seri I

Budaya

Kadis Pendidikan Sumbar Hadiri Acara Serah Terima Jabatan Kepala SMA Negeri 3 Padang

Agama

Ngarai Sianok Longsor Lagi Hati – Hati Melintasi