Home / News / Uncatagories

Monday, 12 December 2022 - 13:01 WIB

Maggot BSF dan Lumbung Pangan

Seri 1, Teori apa itu maggot BSF?

 

 

Oleh: Dr Resti Rahayu

(Dosen Biologi, Universitas Andalas)

Akademisi dan Praktisi Budidaya Maggot BSF

 

 

 

Padang, Sinyalnews.com,- Buat Lumbung-lumbung Pangan di Desa kita.. Kampung kita…. Cukupi kebutuhan Desa kita dari dalam desa kita, rumah kita semaksimal mungkin., maksimalkan potensi yg ada…tidak perlu muluk2 tapi silahkan bermimpi dengan terus bergèrak… kaŕena dg mimpilah harapan hidup ada, dengan bermimpi perjuangan berat akan terasa lebih nikmat… Mendapatkan secara instans cenderung tidak bertàhan lama…

Tak ada yg tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Silahkan penuhi dari.luar ketika itu benar-benar tidak bisa terpenuhi karena tentu ada keterbatasan.. Belilah dari tetangga.. silahkan rasakan bedanya disaat Anda mampu memberi dengan disaat anda hanya menerima…

 

Setiap usaha kunci utamanya adalah sungguh-sungguh. Kata orang bijak, dengan bersungguh-sungguh setengah kesuksesan sudah tercapai.

 

Salah satu cara membuat lumbung pangan sendiri mulai dengan menyediakan kebutuhan yang mudah dulu  Lakukan saja dulu, Salah satunya adalah dengan budidaya maggot BSF. Manfaatkan konversi Maggot BSF.

 

Sekarang pertanyaannya apa itu Maggot BSF, apa hubungannya dengan lumbung pangan?? Kenapa sering dikaitkan sebagai alternatif mata pencaharian. Apakah itu mungkin? Sekarang kita akan kaji satu persatu.

Apa itu Maggot? Atau Hewan apa ?

Apa Beda dengan Ulat, Belatung, Larva dll?

Sumber Penyakit tidak?

Apa keunggulannya?

Untuk apa Maggot BSF?

Baca Juga :  Babinsa ikut Tabur Benih Padi Protani bersama Petani

Bagaimana cara budidaya yang gampang untuk maggot BSF ini?

Apa hibungannya dengan Lumbung Pangan atau ketahanan pangan ?

 

Sekarang mari kita kaji beberapa poin dulu ya

Maggot  black soldier fly (BSF) atau larva Lalat Tentara Hitam (LTH) dengan nama latin (Hermetia illucens L.), merupakan serangga yang tergolong dalam ordo Diptera dan famili Stratiomyidae (Driemeyer, 2016). Secara morfologi lalat tentara hitam terlihat seperti lebah (wasplike) pada imago memiliki panjang tubuh 10 – 20 mm dengan betina lebih besar ukurannya dibandingkan jantan dan berbentuk pipih (Gambar 1.).

 

Lalat ini mudah ditemukan di lingkungan dan mudah dibudidayakan. Lalat tentara hitam memiliki larva dengan kemampuan untuk mengonsumsi berbagai jenis materi organik. Menghasilkan larva yang memiliki biomassa dengan kandungan lemak dan protein tinggi, sebagai cadangan makanan saat fase dewasa. Maggot BSF menggalami metamorphosis sempurna (holometabola). Dimana metamorphosis lalat tentara hitam terdiri dari telur, larva, pupa dan imago. Siklus hidup BSF (Gambar 2) berlangsung sekitar 45 hari tergantung ketersediaan pakannya. Klasifikasi serangga ini dapat dilihat di bawah ini.

Kingdom : Animalia

Divisi : Arthropoda

Class : Insecta

Ordo : Diptera

Familia : Stratiomyidae

Genus : Hermetia

Species : Hermetia illucens

 

 

Gambar1. Black soldier fly dewasa sedang kawin   (Rahayu, 2020)

 

Lalat tentara hitam memiliki larva dengan kemampuan untuk mengonsumsi berbagai jenis materi organik. Menghasilkan larva yang memiliki biomassa dengan kandungan lemak dan protein tinggi, sebagai cadangan makanan saat fase dewasa.

Baca Juga :  FIK UNP SUKSES GELAR UJI KOMPETENSI OKUPASI PELATIH FISIK, DEKAN BERHARAP SIAPKAN SDM UNGGUL DAN BERKUALITAS

Gambar: Siklus hidup http://nolsampah.openthinklabs.com/2019/

 

Gambar Maggot BSF sedang mengolah sampah (Courtesy: Resti Rahayu, 2020)

 

Gambar Maggot muda yang siap panen dikasihkan keternak (Kiri), Prepupa/Pupa berwarna hitam untuk indukan menjaga siklus hidup untuk mendapatkan telur BSF (kanan) (Courtesy: Resti Rahayu, 2021).

 

Apa Beda Maggot dengan Ulat, Belatung, Larva dll?. Sebenarnya maggot, ulat, atau ulek kata orang kampung saya, belatung, larva adalah sama artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Namun biar keren dikit ahli entomologi Indonesia dalam suatu pertemuan mengkhususkan bahwa untuk larva dari Black Soldier Fly kita sebut MAGGOT BSF, mengingat potensi dan manfaatnya yang luarbiasa.

 

Apakah Lalat BSF ini Sumber Penyakit tidak? BSF adalah jenis lalat bersih dan bukan vektor penyakit, beda dengan lalat hijau atau lalat rumah. Kenapa Lalat BSF tidak lagi makan selama fase dewasa (terbangnya) karena system pencernaannya tidak sempurna. Lalat dewasa hidup mengandalkan energi yang didapatkan selama fase maggotnya. Dalam suatu penelitian ternak yang dipakan tepung maggot BSF ini malah mampu menekan mikroba aktivitas mikroba pathogen pada anak kambing rang diberi makan berbagai sumber pengganti susu. Dan banyak hasil penelitian lainya yang membuktikan bahwa maggot BSF ini mampu menekan Mikroba Patogen, jadi jelas bahwa hewan ini bukan vector penyakit..

(Resti Rahayu/Biologi Unand)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Turnamen Sepak Bola Terbesar di Kabupaten Batang, Bhayangkara Cup Menarik Perhatian

Hukum

Kapolsek Padang Timur Hadiri Penyerahan Santunan Kematian Warga

Agama

KESEPAKATAN bersama pemilik usaha peron dan masyarakat di kejorongan koto sawah ujung gading lembah melintang

Nasional

Meriahkan HUT Koperasi ke-76, Padang Gelar Jalan Santai

Daerah

Jelang Akhir Acara Asean Economic ministers (AEM), Kegiatan Berjalan Aman dan Lancar

Daerah

Dicintai Anak-Anak, Babinsa Diserbu Siswa-Siswi SDN Ciporos

Agama

Mesjid Ikhlas RW 1 Gunung Pangilun Laksanakan Shalat Idul Adha 1444 H hari ini

Daerah

*Kapolres Batang Apresiasi Kerja Keras Panitia dan Pembina PKS Sekolah*