Home / Berita

Friday, 2 December 2022 - 11:49 WIB

Website Pokdarwis pertama di Bukittinggi beserta Alat Monitoring Suhu dan Cuaca Lokasi dari Departemen Teknik Komputer UNAND kepada Desa Wisata Sanjai

 

Bukittinggi, Sinyalnews.com,- Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (UNAND) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Wisata Sanjai, Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi.

 

Kegiatan ini dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan dan kemampuan pengelolaan desa secara digital yang menjadi salah satu sebab tidak adanya perkembangan signifikan untuk promosi dan pemasaran potensi serta produk unggulan desa dalam beberapa tahun belakangan, apalagi setelah terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Rifki Suwandi, MT ini, Departemen Teknik Komputer FTI UNAND mengenalkan pemanfaatan media digital untuk potensi dan produk unggulan di Desa Wuisata Sanjai, Bukittinggi.

 

Ketua Departemen Teknik Komputer FTI Unand Rifki Suwandi MT mengatakan, pengenalan media tersebut meliputi pembuatan dan penggunaan media website, konten kreatif serta sistem monitoring suhu dan cuaca langsung pada lokasi.

 

Sementar, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sanjai Dr. Sukmareni, SH., MH. mengatakan bahwa kebutuhan akan media digital tersebut merupakan sebuah keharusan bagi desa wisata, karena selain dari upaya pengenalan dan promosi, hal tersebut merupakan syarat yang sangat mendukung untuk meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kedepannya, karena sebelumnya Desa Wisata Sanjai sudah pernah mendapatkan penghargaan sebagai 100 besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021.

Baca Juga :  Wujudkan Generasi Penerus Bangsa Yang Unggul Babinsa Dampingi Imunisasi Balita

 

Dr, Sukmareni mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian masyarakat FTI Unand yang sudah melakukan pembinaan di desa wisata sanjai. “Terima kasih kepada tim pemgabdian kepada masyarakat FTI Unand, semoga apa yang sudah di ajarkan bermanfaat buat kami anggota pokdarwis” ujar Sukmareni.

 

Pada rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut berlangsung selama 6 bulan dimulai pada Januari – Juni 2022 tersebut dibangun sebuah website dan sistem berbasis IoT, yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola desa wisata untuk6. mengoptimalkan promosi dari potensi dan atraksi wisata yang ada, beserta sistem monitoring kondisi cuaca langsung yang membantu calon pengunjung untuk memantau kondisi desa secara langsung dari jarak jauh.

Baca Juga :  Mari Kita Dukung Sri Utari SB, SE, Lurah Alai Parak Kopi. Top10 Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023

 

Pada tanggal 30 Juni 2022 dilakukan penyerahan website dan alat sistem monitoring suhu dan kondisi hujan di area Desa Wisata Sanjai yang nantinya akan ditampilkan secara live streaming data pada website desa dengan url kampuangwisatasanjai.com. Pada kesempatan ini, tim juga memaparkan fitur-fitur website dan mendemonstrasikan ulang tentang bagaimana pemasangan dan cara kerja sistem monitoring kepada perwakilan Pokdarwis Desa Wisata Sanjai Bukittinggi.

 

Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan menjadi awal terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan antara Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (UNAND) dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sanjai Bukittinggi. Kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang pada tahap awal ini berlangsung selama 5 tahun.

 

Website dan sistem monitoring yang dibuat, serta kerjasama kedepannya diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan promosi dari Desa Wisata Sanjai.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Badan Negara

SDN 29 Ulak Karang Utara Gelar Parade Karya dan Seni

Berita

Kelurahan Gunung Pangilun Gelar Rakorbang RKPD Tahun 2024

Berita

Audy Joinaldy: Mentawai Punya Beragam Kekayaan Selain Pantai

Badan Negara

Kominfo Komit Sukseskan Gerakan Hemat Energi dan Air

Berita

Menhan Prabowo Gelar Simposium Geopolitik & Geostrategis, Hadirkan Para Praktisi

Berita

Sidang Lanjutan Perkara Tanah Mabes TNI Di Jatikarya

Badan Negara

Siagakan Ratusan Personel, Polda Jateng Siap Amankan Pertemuan Menteri Ekonomi Asean di Semarang Gelar Pasukan Pengamanan AEM di Semarang, Polda Jateng Terjunkan Tim Jibom Hingga K-9

Berita

Polres Batang Turunkan Tim Kesehatan Dukung Operasi Mantap Brata Candi 2023