Home / News

Friday, 2 December 2022 - 11:49 WIB

Website Pokdarwis pertama di Bukittinggi beserta Alat Monitoring Suhu dan Cuaca Lokasi dari Departemen Teknik Komputer UNAND kepada Desa Wisata Sanjai

 

Bukittinggi, Sinyalnews.com,- Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (UNAND) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Wisata Sanjai, Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi.

 

Kegiatan ini dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan dan kemampuan pengelolaan desa secara digital yang menjadi salah satu sebab tidak adanya perkembangan signifikan untuk promosi dan pemasaran potensi serta produk unggulan desa dalam beberapa tahun belakangan, apalagi setelah terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Rifki Suwandi, MT ini, Departemen Teknik Komputer FTI UNAND mengenalkan pemanfaatan media digital untuk potensi dan produk unggulan di Desa Wuisata Sanjai, Bukittinggi.

 

Ketua Departemen Teknik Komputer FTI Unand Rifki Suwandi MT mengatakan, pengenalan media tersebut meliputi pembuatan dan penggunaan media website, konten kreatif serta sistem monitoring suhu dan cuaca langsung pada lokasi.

 

Sementar, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sanjai Dr. Sukmareni, SH., MH. mengatakan bahwa kebutuhan akan media digital tersebut merupakan sebuah keharusan bagi desa wisata, karena selain dari upaya pengenalan dan promosi, hal tersebut merupakan syarat yang sangat mendukung untuk meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kedepannya, karena sebelumnya Desa Wisata Sanjai sudah pernah mendapatkan penghargaan sebagai 100 besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021.

Baca Juga :  Ermizen Buka Pelatprov TC Desentralisasi Sepaktakraw Sumbar, saatnya matangkang persiapan hadapi PON XXI-2024 di Aceh.

 

Dr, Sukmareni mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian masyarakat FTI Unand yang sudah melakukan pembinaan di desa wisata sanjai. “Terima kasih kepada tim pemgabdian kepada masyarakat FTI Unand, semoga apa yang sudah di ajarkan bermanfaat buat kami anggota pokdarwis” ujar Sukmareni.

 

Pada rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut berlangsung selama 6 bulan dimulai pada Januari – Juni 2022 tersebut dibangun sebuah website dan sistem berbasis IoT, yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola desa wisata untuk6. mengoptimalkan promosi dari potensi dan atraksi wisata yang ada, beserta sistem monitoring kondisi cuaca langsung yang membantu calon pengunjung untuk memantau kondisi desa secara langsung dari jarak jauh.

Baca Juga :  Kelurahan Lolong Belanti Ikut Penilaian IOC-UNESCO Sebagai Komunitas Siaga Tsunami Internasional

 

Pada tanggal 30 Juni 2022 dilakukan penyerahan website dan alat sistem monitoring suhu dan kondisi hujan di area Desa Wisata Sanjai yang nantinya akan ditampilkan secara live streaming data pada website desa dengan url kampuangwisatasanjai.com. Pada kesempatan ini, tim juga memaparkan fitur-fitur website dan mendemonstrasikan ulang tentang bagaimana pemasangan dan cara kerja sistem monitoring kepada perwakilan Pokdarwis Desa Wisata Sanjai Bukittinggi.

 

Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan menjadi awal terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan antara Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas (UNAND) dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sanjai Bukittinggi. Kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang pada tahap awal ini berlangsung selama 5 tahun.

 

Website dan sistem monitoring yang dibuat, serta kerjasama kedepannya diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan promosi dari Desa Wisata Sanjai.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Budaya

Personel Polres Bintan Raih Prestasi Luar Biasa dalam Pertandingan Pencak Silat

Daerah

Bati Tuud Koramil 07/Maos Hadiri Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Maos 

Agama

Babinsa Koramil 07/Maos Lakukan pengamanan saat pembagian Bansos dari Bulog  

News

Kakanwil Kemenag Sumbar: Narasumber di OMad MTsN 1 Kota Padang Jadilah ASN Hebat dan Bermanfaat, Berikut Pesan Bincang Bincangnya

Daerah

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2024, BASARNAS CILACAP GELAR SIAGA SAR KHUSUS

Budaya

Angkat Budaya Lokal, Kodim 0104/Atim Gelar Festival Masak Kuah Beulangong Bersama Unsur Forkopimda

Daerah

82 WBP Rutan Diusulkan Terima Remisi Kemerdekaan

Agama

Dengan Khidmat, Polres Kebumen Peringati Isra Miraj