Home / Budaya / Daerah / Energi / Finansial / News / Peristiwa

Sunday, 20 November 2022 - 20:05 WIB

RS Unand Rumah Sakit Pertama Jalankan Akreditasi Bersama LAMKPRS Sumbar

RS Unand Rumah Sakit Pertama Jalankan Akreditasi Bersama LAMKPRS Sumbar

 

Padang, Sinyalnews.com,- Setiap rumah sakit wajib melakukan akreditasi minimal setiap 3 tahun sekali oleh lembaga yang telah ditetapkan oleh Kementrerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebelumnya, Rumah Sakit Unand telah meraih akreditasi paripurna melalui survei yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit, pada Desember 2018 yang semestinya berakhir pada 2021 lalu.

Namun, karena pandemi Covid-19, Kemenkes telah menetapkan perpanjangan akreditasi rumah sakit hingga akhir tahun 2023 mendatang.

“Alhamdulillah, tahun ini Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) kembali meraih Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAMKPRS)” ujar Dr. dr. Yevri Zulfiqar SpB SpU (K)

Survei sebelumnya dilakukan oleh tim surveior LAMKPRS yang diketuai oleh dr. Tubagus Rudi Firmansyah Bachtiar Rifai SpA (K) bersama Ns. Endang Sulastry SKep MKep. Diawali dengan survei daring pada Jumat (28/10/2022), survei kemudian dilanjutkan secara luring pada Kamis dan Jumat (3-4/11/2022).

Baca Juga :  H.Ginno Irwan Bagikan Zakat Dan 2000 an Paket Lebaran Kepada Warga

Hasil survei akreditasi dikeluarkan LAMKPRS tepat dua pekan setelah survei daring, yaitu pada Jumat (18/11/20222), yang juga dapat dilihat melalui aplikasi SPEAK LAMKPRS.

Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yevri Zulfiqar SpB SpU (K) menyampaikan, pencapaian akreditasi paripurna terbaru ini tentu merupakan hasil kerja keras tim dan seluruh civitas hospitalia yang luar biasa.

Ia juga menyebutkan, dukungan berbagai pihak seperti rektor dan jajaran di Unand, dewan pengawas serta pimpinan di Unand membuat RS Unand semakin yakin dalam menjalankan akreditasi ini.

Ketua Akreditasi Rumah Sakit Unand sekaligus Direktur Pelayanan dan Keperawatan Dr. dr. Arina Widya Murni SpPD KPsi, FINASIM kerap menyampaikan, bahwa akreditasi adalah pembiasaan dalam pelayanan rumah sakit.

Baca Juga :  Kumpulkan Sampah Laut, Nelayan Investasi Sampah di Bank Sampah Pancadaya

“Jadi, yang perlu dilakukan adalah melakukan pelayanan sesuai dengan seharusnya, maka kita dapat menjalankan akreditasi dengan baik,” jelasnya.

Dengan akreditasi paripurna ini, maka Rumah Sakit Unand tercatat sebagai salah satu rumah sakit yang telah lulus menjalankan akreditasi rumah sakit, dan merupakan rumah sakit pertama yang menjalankan akreditasi bersama LAMKPRS di Sumatra Barat (Sumbar).

Ini menjadi kebanggaan seluruh civitas hospitalia Rumah Sakit Unand, karena mendapatkan hasil terbaik dalam penilaian setelah sebelumnya pada Rabu (16/11/2022), Instalasi Radioterapi Rumah Sakit Unand dinyatakan LAYAK beroperasional oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN).

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Agama

Pererat Silaturahmi, Babinsa Koramil 07/ Maos Hadiri Acara Halal Bihalal di Desa Binaannya

Bola

Penantian 20 Tahun, Tim Sepakbola Sumbar Raih Emas Porwil XI Sumatera 

Budaya

Wisatawan Hilang Terseret Ombak Saat Mandi di Pantai Laguna Mirit 

Budaya

Buka Musda VII DHD-BPK 45 Sumbar, Gubernur Mahyeldi Minta Segenap Lapisan Masyarakat Meresapi Arti Pentingnya Pancasila dan UUD 1945

Agama

Bulan Syawal Banyak Calon Pengantin Mulai Urus Persyaratan ke KUA

News

Meriahkan HAB Ke-77 Tahun 2023 KKG PAI, Gelar Lomba Qasidah Modern

Nasional

Serahkan 112 Motor ke Koramil/02 Pekalongan Timur, Menhan: Aparat Harus Jaga Hubungan Baik dengan Masyarakat

Agama

Dijadwalkan 17 Juli Kloter 1 Jamaah Haji Sumbar Mendarat di BIM