Home / News

Tuesday, 15 November 2022 - 10:17 WIB

Ka Rutan Padang Panjang Jalin Silatulrahmi Dengan Masyarakat

 

Padang Panjang, Sinyalnews.- Silaturahmi merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. Selain itu, silaturahmi juga memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat manusia, seperti mendatangkan rezeki. Menjalin silaturahmi dengan sesama merupakan salah satu sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan itulah yang dilakukan oleh Kepala rutan Kelas II B Kota Padang Panjang yang baru Auliya Zulfahmi berbaur dengan masyarakat.

 

Melirik ke adat budaya Minang Kabau, sebuah tradisi  lapau dan surau adalah tempat dimana semua persoalan bisa di rampungkan, obrolan tidak hanya sebatas di kantor ataupun di ruang pertemuan, melepas penat para tokoh di Minang juga lebih sering duduk di surau ataupun di Lapau (warung kopi).

 

Meski baru hitungan hari berdinas di Kota Padang Panjang, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padang Panjang Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat Auliya Zulfahmi Senin malam (14/11) menemui tokoh masyarakat Padang Panjang , bahkan dengan tokoh daerah interlan kota Padang Panjang, yang wilayah hukumnya  masuk kota Padang Panjang

Baca Juga :  Beredar Video Pekerja Asing Asal China Bentrok Dengan Pekerja WNI. Dua Orang Tewas

 

Bertempat di Warung Kopi Om Bento Guguak Malintang Padang Panjang  Fahmi terlihat akrab bercengkrama dengan sejumlah tokoh di warkop tersebut. Ikut dalam obrolan ringan malam itu Ketua DPRD Tanah Datar H.Rony Mulyadi, SE Dt. Bungsu, Ketua Baznas Kota Padang Panjang Syamsuarni, S.Ag, Owner Grand Azizi Residence Alex Saputra serta rekan-rekan media Kota Padang Panjang.

 

Fahmi berharap silaturahmi dengan para tokoh Kota Padang Panjang dapat terjalin akrab, “prinsip saya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, sebagai pendatang di Ranah Minang kewajiban saya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan tokoh di Padang Panjang” tutur Fahmi pada rekan rekan media yang juga ikut berbaur dalam obralan tersebut .

Baca Juga :  Kadis DLH Sumbar Apresiasi Semen Padang, Serahkan 20 Bak Sampat Terpilah untuk Masjid Raya Sumbar

 

Ditempat yang sama Allek Saputra sebagai seorang tokoh masyarakat Padang Panjang yang juga jebolan pondok pesantren menambahkan , menjalin silaturahmi dengan sesama juga menjadi salah satu sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pasalnya saat kita mau menyambung silaturahmi dan memperlakukan manusia dengan baik, berarti kita telah menjalankan perintah Allah SWT.

 

Allek mengatakan perintah menjalin silatulrahmi itu salah satu dalilnya ada di Surat An Nisa Ayat 36 yang Artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”  Kata Allah melantunkan ayatnya serta artinya .(paulhendri)

Share :

Baca Juga

Agama

Sasaran Fisik TMMD Kodim 1623/Karangasem Secara Perlahan Mendekati Rampung

Daerah

Gubernur Mahyeldi Instruksikan ASN Pemprov Sumbar Himpun Infak dan Sedekah untuk Warga Palestina

Agama

Polda Jateng Siap Kawal Peringatan May Day Secara Humanis

Agama

Hermanto: NKRI Kuat Bila Persatuan dan Keadilan Bisa Diwujudkan 

Agama

Tabligh Akbar Pondok Pesantren Safinatun Najah Dihadiri Bupati Hamsuardi

Hukum

Hanya 5 Hari Perampokan Bersenpi di Cilacap Diungkap Polda Jateng dan Jajaran, Tegas! 3 Perampok Sadis di Cilacap dilumpuhkan Petugas

Hukum

Pusat Reformasi Birokrasi TNI Gelar Rakernis RB Tahun 2024

Hukum

Pria Ditemukan Meninggal di Tumpukan Sampah