Home / News

Sunday, 13 November 2022 - 20:28 WIB

Ditengah Ancaman Inflasi Ribuan Warga Kota Padang Panjang Terima BLT BBM

 

Padang Panjang, Sinyalnews.com,-

Bagaikan musafir mendapatkan setetes air dipadang gersang , begitu kondisi ekonomi mayoritas masyarakat saat ini, tak dipungkiri pencairan BLT BBM sangat membantu warga. Sejak Sabtu pagi (12/11) kemarin, ribuan warga dari keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Padang Panjang  mulai menerima Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap kedua  sejak Sabtu (12/11)

 

 

Untuk di Kota Padang Panjang total penerima BLT BBM tahap kedua ini sebanyak 2797  KPM dari dana APBD, dan KPM yang terdata di setiap kelurahan masing-masing mendapat uang tunai sebesar Rp150.000 per bulan secara bertahap selama tiga  bulan, dari Oktober sampai Desember 2022. ujar Osman Bin Nur Kadis Sosial Kota Padang Panjang.

 

 

Osman menuturkan bantuan langsung tunai tersebut untuk mengalihkan subsidi BBM guna meningkatkan daya beli masyarakat. Harapannya, pertumbuhan ekonomi dan inflasi tetap terjaga. Alhamdulillah dari 2797 itu tersisa 128 KK  yang belum mengambil dengan berbagai alasan antara  lain, sedang berada di luar kota dan sakit, artinya BLT BBM dari APBD ini , sudah terealisasi 95%” ujar Osman

 

 

Dari pantauan lapangan media ini, adanya desas desus tentang yang belum dapat bantuan , Osman menjawab dan  kembali Pastikan Seluruh KK DTKS terima BLT BBM

 

 

 

“Pembagian BLT BBM untuk yang belum mendapatkan, akan kita bagikan pada tahap berikutnya. Jadi ada pembagian tahap satu, tahap dua, dan tahap tiga. Semua KK DTKS harus dapat,” ujarnya.

Baca Juga :  dr. H. Herman Anwar Serahkan Formulir Pendaftaran Menjadi Calon Walikota Padang 2024-2029 ke Partai Demokrat

 

Osman menjelaskan Tahap satu sudah dibagikan Kemensos RI untuk 2.051 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) beberapa bulan lalu. Tahap dua, alhamdulillah telah terlaksana Sabtu (12/11) kemarin untuk sebanyak 2.797 KPM dari dana APBD. Sedangkan tahap tiga, bakal dibagikan Desember nanti dari Dana Insentif Daerah (DID) yang diraih Pemerintah Kota Padang Panjang sebesar Rp8,9 Miliar dari Pemerintah Pusat.

 

“Kami juga mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan BLT untuk tidak risau. Kita selalu update data bisa dilakukan setiap hari, tidak harus menunggu enam bulan seperti dulu,” kata dia.jadi tidak perlu khawatir tambahnya

 

Ditempat terpisah Walikota Padang Panjang Fadly Amran menjelaskan terkait sumber BLT BBM  dari dana DID,  Fadly  mengatakan, DID  diraih berkat kerja sama Pemko dan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Tingginya capain vaksinasi, serta penyerapan anggaran yang baik. Alhasil, Pemerintah Pusat mengapresiasi dengan memberikan dana tersebut.

 

Dari DID itu, sebut Fadly, bakal dianggarkan pula bibit cabai bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) serta masyarakat yang berminat. Lalu bantuan UMKM. Dalam kesempatan itu Fadly mengatakan BLT BBM di kota Padang Panjang  disalurkan langsung oleh Bank Nagari melibatkan aparatur sipil kelurahan, kecamatan, maupun RT/RW yang ada di masing-masing kelurahan dan juga aparatur TNI/Polri.

Baca Juga :  Kabidhumas Polda Kepri Silahturahmi dan Visit Media ke Redaksi Tribun news Batam 

 

Bantuan BLT BBM ini dinilai sangat strategis guna meringankan beban ekonomi bagi sebagian masyarakat Kota Padang Panjang  yang terdampak akibat kenaikan BBM, apalagi saat kondisi sekarang tuturnya

​Dia berharap melalui dukungan berbagai pihak, penyaluran bantuan kepada warga berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan tepat sasaran kata dia

 

Sementara itu ditempat terpisah  Allek Saputra tokoh masyarakat ,pengusaha sukses selaku pengamat ekonomi di Padang Panjang  pada media ini mengatakan , dengan adanya penyesuaian harga BBM tersebut tentu akan membuat harga-harga kebutuhan lain ikut terdampak. Namun justru dengan perhitungan yang baik, serta penyaluran BLT BBM yang tepat akan bisa menangani risiko inflasi yang mungkin akan terjadi.

 

lebih lanjut Allek mengatakan ,dampak dari inflasi ini tentu saja harus ditangani dari berbagai sisi, termasuk salah satunya saat ini pemerintah kota Padang Panjang  memberikan BLT BBM . Hal ini tentu saja akan menjadi penyeimbang, di saat akan inflasi maka akan ada bantuan dari pemerintah.

 

Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika BLT yang disalurkan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target, maka para pelaku ekonomi atau investor akan lebih percaya untuk menanamkan modal mereka di daerah ini ujarnya .(paulhendri)

 

Share :

Baca Juga

Agama

Kemarau Panjang, Danramil Kawunganten Inisiasi Pelaksanaan Shalat Istisqa

Hukum

Polisi Ringkus Dua Pelaku Spesialis Gasak Rumah Kosong Saat Ditinggal Taraweh Oleh Pemiliknya

News

Polsek Koto Tangah Laksanakan Aksi Jumat Bersih

Daerah

Buka Seleksi Dikbangpimti 2024, SSDM Polri Luncurkan Layanan “Laporbang”

Agama

Khatam Al Qur’an 30 Juz ,Meriahkan HUT Baznas Ke 22.

Bisnis

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Kabupaten Garut Sore Ini

Daerah

Amsakar Achmad Hadiri Sertijab Komandan Yonif 136/ Tuah Sakti

Daerah

Sebanyak 21 Tim Pemuda se-Nagari Koto Tuo Ikuti Liga Sepak Bola Tingkat Nagari, Irvan: Ini Akan Menjadi Event Tahunan