Home / Budaya / Daerah / Ekonomi / Industri / News / Pariwisata / Pengetahuan / Peristiwa

Monday, 7 November 2022 - 12:32 WIB

Gubernur Sumbar Buka Pameran MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022

Gubernur Sumbar Buka Pameran MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022

Padang, Sinyalnews.com – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi MTQ Korpri VI Tingkat Nasional tahun 2022 bertempat di Lapangan parkir Kantor Gubernur Sumbar, Senin (7/11/2022)

Kepala Dinas Perindag Sumbar Asben Hendri dalam laporannya mengatakan, maksud diadakannya pameran ini untuk ikut memeriahkan MTQ Korpri VI Tingkat Nasional di antaranya pameran kuliner dan aneka kerajinan di halaman Kantor Gubernur. Pelaku UMKM dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar dan beberapa provinsi lain ambil bagian pada pameran yang digelar Senin (7/11/2022) hingga Jumat (11/11/2022).

Lebih lanjut Asben Hendri mengatakan, pihaknya menyediakan 182 stand untuk peserta pameran. Para pelaku UMKM bisa menampilkan beragam produk kuliner dan hasil kerajinan khas daerah masing-masing. Dan diakhir kegiatan, akan disediakan door prize untuk pelaku UMKM.

“Pameran ini bertujuan untuk mempermudah para khafilah dari berbagai penjuru tanah air dalam mendapatkan berbagai kebutuhannya. Baik untuk dipakai saat MTQN berlangsung atau pun sebagai oleh-oleh ketika pulang ke provinsi masing-masing,” terang Asben Hendri

Baca Juga :  Gubernur Sumbar Berikan Pembekalan Latsitardanus Taruna Akmil Tingkat IV    

Disebutkannya, stand dari luar Sumbar diantaranya berasal dari DKI, yang membawa fashion Azizi Jakarta, Rumah Aspirasi Tuna Netra Indonesia. Kemudian dari Batam, akan menyediakan batu perhiasan Black Jack dan Kepri juga ikut memeriahkan pameran bazar MTQN Korpri ke IV.

Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengatakan, ditunjuknya Sumatera Barat sebagai tuan rumah MTQ Korpri VI Tingkat Nasional patut disyukuri. “MTQN Korpri ini setidaknya akan hadir ribuan orang ke Sumbar. Keberadaan mereka tentu akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Sumbar, khususnya UMKM. Masyarakat dan khafilah akan membelanjakan uang mereka,” ujar Gubernur.

Pameran yang berlangsung hingga 11 November 2022 itu bertujuan sebagai ajang Promosi Produk-produk UMKM Sumatera Barat.

Gubernur mengapresiasi kegiatan ini karena bagian dari upaya untuk mencarikan pasar bagi produk UMKM Sumatera Barat

“Sumatera Barat sangat kaya dengan produk-produk UMKM, bahkan ada yang sudah menembus pasar Internasional” ujar Gubernur.

Baca Juga :  Kadisperindag Sumbar Buka Bazar Kewirausahaan Ilmu Pemerintahan STISIP Imam Bonjol Padang

Mantan Walikota Padang itu menyampaikan, Sumatera Barat sejak dulu terkenal dengan rendangnya. Makanan yang sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional sebagai makanan terlezat di dunia.

Gubernur meminta agar harga makanan, fashion, kerajinan, kuliner dan lainnya yang dijual dengan harga yang wajar. Pelaku usaha tidak dibenarkan menjual dengan harga tinggi dari harga normal.
“Jangan sampai khafilah MTQ dan keluarganya mengeluh sehingga meninggal kesan negatif bagi daerah kita,” imbau Gubernur

Acara pembukaan ditandai dengan penekanan sirine oleh Gubernur, didampingi Kepala Dinas Perindag Sumbar, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perwakilan OJK dan Perwakilan Bank Indonesia serta Ketua Dekranasda Prov Sumatera Barat.

Acara di akhiri dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda Prov Sumatera Barat H. Harnelli Bahar.

Turut hadir, para Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumbar, Kepala Perwakilan OJK Sumatera Barat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Bank Nagari, serta para kafilah peserta MTQ Korpri VI Tingkat Nasional dari seluruh Indonesia.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Budaya

Pengurus DPC Partai Nasdem Kota Padang Hadiri Apel Siaga Perubahan Nasdem di GBK

Hukum

Kejagung Periksa 1 Orang Saksi Terkait Perkara PT PLN

Daerah

Naliansyah Emiel Perkuat Konsolidasi dan Sinergi ke Dapil, Optimis Menangkan PKB serta Capres Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di Sumbar

Budaya

Pemkab Pasbar Gelar Sosialisasi Dan Bimtek Hutan Adat

Bisnis

Kejagung Dalami Kasus Dugaan Korupsi di Kementerian Komunikasi dan Informatika

Agama

Polresta Cilacap Berikan Bantuan Pada Korban Angin Puting Beliung Di Kecamatan Bantarsari

Agama

ASN Kankemenag Padang Sembelih Tiga Sapi Kurban

News

Bati TUUD Koramil Koramil 07/ Maos Hadiri Pertemuan Lintas Sektoral