Home / Daerah / Nasional / News / Peristiwa

Sunday, 3 December 2023 - 08:52 WIB

SMKN 8 Padang Tampil di Sumbar Creatifest 2023

PADANG, SINYALNEWS.COM,– Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 8 Cengkeh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, memamerkan batik tanah liek sebagai  produk unggulan pada pameran Sumbar Creatifest 2023, di GOR H.Agus Salim Padang. Sumbar Creatifest berlangsung 3 hari dari 1-3 Desember 2023 dan dibuka oleh Sekda Prov Sumbar Hansastri.

 

Kepala SMKN 8 Padang Deta Mahendra mengatakan, Sumbar Creatifest ini memberikan kesempatan untuk lebih produktif dan berkarya. Serta dapat memaksimalkan peluang yang ada untuk memperluas dan lebih mengenalkan produk-produk dari SMKN 8 Padang kepada masyarakat luas” ujar Deta, Sabtu (2/12/2023)

Baca Juga :  Trek Ujian Praktik SIM Berubah, Dirlantas Polda Jateng : “Masyarakat Lebih Mudah Lulus Ujian Praktik”

Deta Mahendra mengatakan motif batik yang dipamerkan merupakan hasil karya siswa-siswi SMKN 8 Padang berupa motif rumah adat, rangkiang, kaluak paku, itiak pulang patang, tari piriang, dan daun talas. “Motif yang baru kami hasilkan berupa motif masjid raya Sumbar dan juga banyak diminati,” ujar Deta.

Harga batik tersebut beragam mulai dari Rp250 ribu per 2,5 meter sampai Rp 3,8 Juta per 2,5 meter. “Bahan yang digunakan dari tanah liek menggunakan dua teknis yakni batik cap dan batik tulis,” sambung dia.

 

Selain batik tanah liek produk lainnya yang dipamerkan berupa pajangan dinding yang diukir Rp250 ribu , lampu hias dari keramik Rp5 ribu hingga Rp100 ribu yang merupakan hasil karya siswa SMKN delapan.

Baca Juga :  Pembangunan Jalan Rabat Beton Dusun Tinggarmangir Guna Peningkatan Perekonomian 

 

Deta juga mengatakan sekolahnya sudah sering mengikuti pameran yang diadakan oleh beberapa instansi. “Kami juga pernah menangkan lomba tenun juara dua tingkat nasional di Sulawesi” ucap Deta bangga.

 

Ia berharap dengan adanya kegiatan Sumbar Creatifest, dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak dan juga sebagai ajang mengenalkan hasil karya sekolah mereka ke masyarakat.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Profil Singkat Rico Alviano : Dari Sumatera Barat Untuk Indonesia 

Daerah

Satgas Pamtas RI-Mly Yon Armed 16/TK Menghadiri Malam Panggung Hiburan Rakyat Dalam Rangka HUT RI ke-78

Agama

Pembekalan Motifasi Kepada Anggota Linmas

Agama

Kapolres Pekalongan Bersama Forkopimda Hadiri Penutupan TMMD Reguler Ke -116 Kodim 0710/Pekalongan di Desa Wangkelang Pekalongan

Daerah

Kampung Tangguh Anti Narkoba Polres Pekalongan di Desa Kajongan di Launching

Daerah

Dandim Batang Kroscek Kesiapan TMMD Sengkuyung Tahap II Desa Kebumen Kecamatan Tulis Kab. Batang

Hukum

Nagari Singgalang Buncah Ditemukan Mayat dikubur dibelakang Rumah

Daerah

Silaturahmi dengan Kaops NCS Polri, UAS Serukan Masyarakat Jaga Ketertiban Jelang Pemilu