Home / Internasional / Loker / Nasional / News / Peristiwa

Monday, 30 January 2023 - 07:05 WIB

Penerimaan CPNS Juni 2023. Persiapkan Diri Anda

Penerimaan CPNS Juni 2023. Persiapkan Diri Anda

 

Padang, Sinyalnews.com,- Kabar gembira buat pencari kerja. Pemerintah berencana membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 di bulan Juni. Seleksi ini akan dibuka bersamaan dengan rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menyampaikan, seleksi tahun ini akan dimulai lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Ditargetkan seleksi akan dibuka di kuartal III 2023 atau tepatnya bulan Juni.

“Iya (Juni 2023),” kata Alex, saat ditemui di Hotel Grand Sahid Raya, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Alex juga menekankan, seleksi CASN akan lebih banyak dari tahun sebelumnya karena dibuka untuk seluruh kebutuhan formasi, yakni CPNS dan PPPK. Seleksi juga terbuka untuk umum, tidak hanya untuk para calon dari sekolah kedinasan, atau khusus tenaga kesehatan, maupun tenaga pendidikan.

Baca Juga :  Guswardi,S.Pt,M.Si mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H

Sebelumnya, Alex sempat menyampaikan, seleksi kali ini pihaknya akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah ini barulah akan berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.

“Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas,” kata Alex, saat ditemui di The Westin Jakarta, Rabu (25/01/2023).

Formasi guru dan tenaga kesehatan terlebih dulu akan ditetapkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tak lupa, usulan kebutuhan formasi juga akan diberikan oleh para instansi pemerintahan daerah.

Baca Juga :  Hari Selasa,Defi Endri(DEF) Dilantik Ketua BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Swasta) Sumbar Di Aula Kantor Gubernur

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas juga sempat mengatakan, pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS 2023. Dirinya juga mengungkapkan beberapa formasi lowongan CPNS 2023 yang akan dibuka nanti.

“Calon PNS tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya,” beber Anas kepada awak media, Rabu (21/12/2022) lalu.

Anas menjelaskan, setiap tahun selalu ada ASN yang pensiun. Sementara pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional dengan mempertimbangkan letak geografis dan kemampuan anggaran.

“Selain itu saat ini pemerintah juga sedang mengkaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua barat serta DOB Papua,” katanya.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Randang Minang Jelajah Dunia Hadir di Pameran MTQ Korpri VI Tingkat Nasional

Bisnis

Dinas Perhubungan Kota Padang Siapkan Rekayasa Lalin Untuk Atasi Kemacetan Selama Penas Tani Berlangsung

Daerah

Kecelakaan Mobil vs Truck Di Kubang kangkung Cilacap

Agama

Pemerintah Kecamatan Padang Timur Gelar MOT Pesantren Ramadhan 1444 H/2023

Agama

Akan Hadir Forum Keberagaman Nusantara (FKN) Sumatera Barat

Agama

Dinilai Memiliki Kepedulian Besar, Gubernur Mahyeldi Dianugerahi Gelar Kehormatan “Abah Rakean” oleh Paguyuban Warga Sunda.

Agama

Pimpinan dan Karyawan Seroja Printing Sumbar (SPS) Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Agama

Jadi Syarat Penerbitan Visa, Jemaah Calhaj Wajib Rekam Biometrik