Home / News

Sunday, 29 January 2023 - 19:55 WIB

Miris, Anggaran Kemiskinan Rp 500 Triliun Habis Cuma Buat Studi Banding dan Rapat di Hotel. Kemana Hati Nurani Hai Para Pejabat

Padang, Sinyalnews.com,- Miris, itulah kata-kata yang pantas diucapkan tatkala kita mengetahui anggaran pengentasan kemiskinan yang dialokasikan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 500 triliun. Seharusnya dengan dana yang sebesar itu, angka kemiskinan di Indonesia seharusnya berkurang, akan tetapi yang terjadi malah sebaliknya, angka kemiskinan tidak berkurang, justru bertambah.

 

Ternyata anggaran sebesar itu hanya dihabiskan untuk rapat membahas kemiskinan. Yang lebih memalukan, rapat tersebut dilaksanakan di hotel berbintang dan terkadang untuk rapat membahas kota A dilaksanakan di provinsi yang berbeda. Membahas orang miskin di hotel berbintang. Alhasil yang membahas semakin gemuk kantongnya, sementara yang miskin tetap saja miskin.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas bahkan tampak kesal mengetahui hal ini. Ia menyebutkan bahwa anggaran penanganan kemiskinan mencapai Rp 500 triliun tetapi jumlah orang miskin hanya berkurang sedikit.

 

Rendahnya efektivitas pengentasan program kemiskinan tersebut lantaran kementerian/lembaga (K/L) terkait sibuk melakukan studi banding. Selain itu, K/L terkait juga dinilai terlalu banyak melakukan rapat program kemiskinan di hotel ketimbang melakukan aksi nyata mengentaskan kemiskinan.

Baca Juga :  Bekali Kemampuan dan Ketrampilan Profesi Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir dengan Materi Tehnik Penyelenggaraan Latihan

 

“Hampir Rp 500 triliun anggaran kita untuk kemiskinan yang tersebar di kementerian dan lembaga banyak terserap di studi banding kemiskinan, banyak rapat-rapat tentang kemiskinan. Ini saya ulangi lagi menirukan bapak presiden (Jokowi) sehingga dampaknya kurang,” katanya Sosialisasi PermenPANRB No. 1/2023 tentang Jabatan Fungsional dalam acara Sosialisasi PermenPANRB No. 1/2023 tentang Jabatan Fungsional di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

 

Oleh karena itu, Kemenpan RB mendorong kementerian dan lembaga terkait melakukan reformasi besar-besaran untuk meningkatkan efektivitas program pengentasan kemiskinan. Antara lain dengan memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan sosialisasi program kemiskinan untuk menghemat anggaran.

 

“Kalau tidak ke depan ini akan berulang terus, programnya kemiskinan tapi banyak terserap di studi banding kemiskinan,” ucap Menteri Anas.

Selain itu, Menteri Anas meminta untuk kementerian dan lembaga tidak harus mengundang konsultan dengan melakukan rapat di hotel-hotel. Dia menjamin cara ini tidak mempengaruhi penilaian untuk mendapatkan alokasi anggaran.

 

“Untuk RB (reformasi birokrasi)-nya naik tidak harus mengundang konsultan dan rapat di hotel-hotel yang supaya nilai RB nya naik. RB itu dampak bukan administrasi dan tumpukan kertas,” jelas Menteri Anas.

Baca Juga :  Petani Pengolah Gambir dikenalkan Produk Turunan Gambir

Jumlah Penduduk Miskin Indonesia Naik, Jadi 26,36 Juta Orang

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengungkapkan jumlah penduduk miskin pada September 2022 sebesar 26,36 juta orang atau naik 0,20 juta orang dibandingkan Maret 2022. Namun hal itu jika dibandingkan September 2021 menurun sebesar 0,14 juta orang.

“Kalau dilihat dari tenaga kerja yang belum sepenuhnya angkatan kerja tak mampu terserap di pasar kerja akibat pandemi yang melanda kita 2 tahun terakhir ini,” ujar Margo dalam acara konferensi pers, di Gedung BPS, Senin (16/1/2022).

Sementara persentase penduduk miskin pada September 2022 sebesar 9,57 persen atau meningkat 0,03 persen poin dibandingkan bulan Maret 2022.

“September ini tingkat kemiskinan kita naik tipis 0,03 persen dan ini bahkan kalau kita bandingkan dengn September 2021 angka kemiskinan kita masih turun 0,14 persen poin,” terang dia.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Budaya

Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Bantu Nakes Pada Kegiatan Posyandu Di Wilayah Binaan

Nasional

Devi Diany, Caleg Golkar Bertekad Sampai ke Parlemen

Daerah

Satgas Mobil Raider 300 Siliwangi Bantu Warga Buka Lahan Kebun di Mayuberi Papua

Daerah

Tampil Sebagai Pembina Upacara di SMA Adabiah. Ini Pesan Miko Kamal

Daerah

Wagub Sumbar Ingatkan Pentingnya Kebersihan Lingkungan Bagi Daerah Tujuan Wisata

Agama

Ketua KY Berharap Agar Masyarakat dan Elemen Mengawasi Kinerja Hakim

Budaya

AKBP-STIE-KBP Gelar Lomba Pidato dan Kuliner Minang, Gubernur Mahyeldi Berharap Sumbar Terus Lahirkan Orator Ulung

Budaya

Panglima TNI  Dampingi Presiden RI Hadiri Puncak Peringatan  Harlah ke-90 GP Ansor