Home / Berita / Budaya / BUMN / Daerah / Hukum / Internasional / Kementerian / Nasional / Peristiwa / Politik / Sinyal Hikmah

Friday, 27 January 2023 - 10:14 WIB

Tawuran Antar Pelajar di Kebumen Berakhir “RJ” di Polres Kebumen

Tawuran Antar Pelajar di Kebumen Berakhir “RJ” di Polres Kebumen

Kebumen,Sinyalnews.com – Dugaan kasus pengeroyokan kepada AP (16), pelajar salah satu SMK di Kebumen yang mengalami luka bacok pada bagian bawah diselesaikan secara restorative justice (RJ) oleh Polres Kebumen.

Para pelaku dan korban dikumpulkan di Polres Kebumen selanjutnya dilakukan pembinaan dan pemahaman dampak dari tawuran.

Polres Kebumen juga melibatkan Kantor Kemenag Kebumen, serta mengundang para orangtua, wali murid hingga kepala sekolah yang saling terlibat tawuran untuk mengikuti acara restorative justice di lapangan tenis indoor Polres Kebumen, Kamis ( 26 Januari 2023 ).

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengatakan, restorative justice penyelesaian hukum paling tepat dilakukan mengingat para pelaku masih berstatus pelajar dan mayoritas masih di bawah umur.

“Setelah ini masih ada wajib lapor bagi pelajar yang kemarin mengikuti pengeroyokan ataupun tawuran. Kami berpesan kepada kepala sekolah yang hadir pada hari ini untuk memberikan sanksi berat di sekolah jika di kemudian hari ditemukan kasus yang sama,” jelas Aiptu Catur.

Baca Juga :  Kelurahan Gunung Pangilun Gelar Rakorbang RKPD Tahun 2024

Para pelajar yang terlibat tawuran atau pengeroyokan total ada 10 pelajar dari 5 sekolah berbeda mulai dari setingkat SMP hingga SMK maupun SMA di Kebumen.

Orang tua korban AP, Latiah 35, sempat syok ketika pertama kali mendengar berita jika anaknya kritis dengan luka bacok di bagian baha bawah dalam insiden yang terjadi di Desa Entak, Kecamatan Ambal pada 16 Januari 2023, sore.

Ia sempat tidak percaya jika anaknya menjadi korban pengeroyokan dalam peristiwa tawuran antar pelajar di Kebumen. “Pertama kali mendapatkan informasi mau pingsan. Apalagi ada informasi darah nggak mau berhenti. Saya syok sekali” jelasnya saat mendampingi AP di Mapolres.

Namun menurutnya, penyelesaian perkara tindak pidana melalui restorative justice tepat dilakukan karena bisa dijadikan pelajaran bersama.

“Insya Allah ikhlas, yang penting anak sudah sembuh. Jangan sampai ada lagi tawuran semacam ini,” katanya.

Baca Juga :  Danrem 032/Wbr Pimpin Sertijab Pejabat Utama Dan Sejumlah Komandan Satuan Di Jajaran Korem 032/Wbr

Ada beberapa momen harus saat penyelesaian perkara melalui restorative justice. Para anak diajak sungkem kepada orangtua lalu meminta maaf telah melakukan perbuatan tidak baik.

Terlihat beberapa murid hingga orang tua menitikkan air mata saat acara tersebut. “Sudah ya, jangan diulangi lagi. Ibu capek,” ucap salah satu orangtua.

Selain acara sungkeman, para pelajar juga terlibat makan siang bersama dan saling suap tanda perdamaian dan kekompakan antar pelajar di Kebumen.

Sebelumnya diberitakan telah terjadi tawuran antar pelajar di Kebumen yang disebabkan karena saling ejek di media sosial serta ajakan untuk tawuran.

Setelah ribut-ribut di media sosial, kemudian berlanjut dengan ketemuan untuk menanggapi ajakan tawuran tersebut.

Pada hari kesepakatan, korban tertinggal dari rombongannya lalu dikeroyok dan terkena sabetan senjata tajam pada bagian paha bawah hingga mengalami luka cukup parah.

Nas.

Share :

Baca Juga

Badan Negara

JAM PIDSUS Gelar Pra Rapat Kerja Nasional

Berita

Ketua Umum Peradi Prof. Otto Hasibuan Puji Program Peradi Goes to School

Berita

Casis Setukpa Lanud Sultan Hasanuddin Laksanakan Tes Samapta

Berita

Dinas Pendidikan Sumbar Dirikan Dapur Umum di Titik Bencana

Berita

Berpura-pura Jadi Pembeli, Pemuda Digelandang Polisi Lantaran Mencuri Perhiasan

Berita

Digelar Perdana PKK Cup 2023, Ajang Gali Potensi Para Kader

Badan Negara

Melalui Family Gathering, Polres Kebumen Promosikan Wisata Pantai Pandan Kuning Kebumen

Berita

Mantap, Polda Kepri dan Polres Jajaran Berhasil Menyelamatkan Korban dan Mengamankan Tersangka Dalam Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang