Tim PJ Terdakwa Hadirkan Saksi Ahli A De Charge

Tim PJ Terdakwa Hadirkan Saksi Ahli A De Charge

Jakarta, Sinyalnews.com,- Sidang dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh PT. Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu, yang menyeret
terdakwa Surya Darmadi dan Raja Thamsir Rachman, kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam sidang tersebut, Penasihat Hukum (PH) menghadirkan saksi ahli a de charge yaitu Herban Heryandana, selaku Direktur Pengukuhan dan Penatagunaan Kawasan Hutan pada Direktorat Jenderal Planologi Kuhutanan dan Tata Lingkungan.

Baca Juga :  Personel Polres Bintan Lakukan Pengamanan Ibadah Umat Nasrani

Ia menyebutkan, untuk perusahaan yang memiliki Izin Lokasi (ILOK) dan izin usaha pertambangan, belum dapat melakukan aktivitas bila masuk dalam kawasan hutan, sehingga harus dilakukan pelepasan kawasan terlebih dahulu.

“Lima perusahan milik PT Duta Palma Grup, berdasarkan data di Direktorat Jenderal Planologi Kuhutanan dan Tata Lingkungan masuk dalam kawasan Hutan Produksi Yang Dapat Dikonversi (HPK) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT),”katanya, saat memberikan keterangannya kemaren.

Baca Juga :  Dukung Penuh Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, Berikut Penuturan Kepala Kantor

Disebutkannya, terkait dengan Undang-Undang Cipta Kerja, sebelum dilakukan pelepasan kawasan, dilakukan perhitungan Provinsi Sumber Daya Hutan (PSDH) dan atau Dana Reboisasi (DR), dan perizinan pemanfaatan hutan yang diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 41 Tahun 1999 dengan Cipta kerja adalah sama, dan bukan termasuk untuk perizinan perkebunan karena perkebunan bukan merupakan kegiatan pemanfaatan hutan.

Sebelumnya, kedua terdakwa juga menghadirkan saksi a de charge. Usai memberikan keterangannya, saksi meninggalkan ruang sidang.

Share :

Baca Juga

Agama

Helikopter Yang di Tumpangi Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Muara Emat Kerinci

Nasional

Panglima TNI Tinjau Gudang Munisi Yang Terbakar

Nasional

Satu Orang Warga Grobogan Tewas Diduga Tersengat Listrik Di Sawah, Ini Tanggapan Polda Jateng

Agama

Hari Bhayangkara Ke 77, Kapolres Pekalongan Dapat Kejutan dari Dandim 0710 Pekalongan, Kajari Pekalongan dan Danlanal Tegal

Agama

Vini Vidi Vici 14 Atlet Tapak Suci Kauman Gondol 14 Medali Di Kejurnas

Agama

MEGENGAN CAMP SAMBUT BULAN PUASA

Hukum

Hanya 5 Hari Perampokan Bersenpi di Cilacap Diungkap Polda Jateng dan Jajaran, Tegas! 3 Perampok Sadis di Cilacap dilumpuhkan Petugas

Daerah

PELAKU SODOMI ANAK SD PEKANBARU DI TAHAN POLDA RIAU