Home / Agama / Budaya / Daerah / Hukum / Internasional / Nasional / News / Pariwisata / Peristiwa

Sunday, 15 January 2023 - 13:21 WIB

Deklarasi Damai Umat Beragama, Sumbar Berkomitmen Hindari Aktivitas Politik di Rumah Ibadah

Deklarasi Damai Umat Beragama, Sumbar Berkomitmen Hindari Aktivitas Politik di Rumah Ibadah

Padang, Sinyalnews.com,- Tokoh lintas agama Sumatra Barat (Sumbar) mendeklarasikan Damai Umat Beragama dihadapan ribuan peserta gerak jalan kerukunan, Sabtu (14/1). Gerak Jalan Kerukunan (GJK) ini dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama Sumatera Barat.

Mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, gerak jalan kerukunan ini dihadiri ribuan peserta terdiri dari ASN Kanwil, Balai Diklat, UPT Asrama Haji, Kemenag Padang Pariaman beserta keluarga serta masyarakat dan umat lintas Agama.

Gerak jalan kerukunan dipusatkan di Asrama Haji Padang yang berlokasi di Batang Anai, Padang Pariaman sebagai awal fungsional pengembangan Asrama Haji Padang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil) Sumbar, Helmi mengatakan gerak jalan kerukunan ini menutup seluruh rangkaian HAB ke 77.

“Ssebagai wujud dari kerukunan itu, hari ini juga dilaksanakan Deklarasi Damai Umat Beragama oleh tokoh lintas agama. Ada lima pemuka agama yang mendandatangani mewakili lima Agama, tokoh agama Islam, Hindu, Buddha, Kristen dan Katolik,” ungkap Helmi didampingi Kabag TU dan Kepala Bidang.

Dikatakan Helmi, kelima tokoh agama ini sepakat diantaranya, menjaga kerukunan umat beragama dan sepakat tidak akan mengambil rumah ibadah sebagai tempat kampanye politik. Kemudian menghindari politisasi agama mengingat Indonesia akan memasuki tahun politik.

Baca Juga :  DPRD Sumbar Anggarkan Dana Pembangunan Sea Wall Dinding Pemecah Ombak di Muaro Tanjung Pasbar

“Dengan telah dilaksanakan deklarasi kita berharap kerukunan umat di Sumatera Barat akan semakin terpelihara dan terawat dengan baik. Apalagi kita akan dihadapkan dengan tahun politik, semoga berjalan dengan aman dan damai,” ujar putar Bungus ini.

Deklarasi dipimpin Ketua FKUB Provinsi Sumatra Barat sekaligus perwakilan Muslim, Profesor Duski Samad, bersama tokoh agama kristen, Pdt. Daniel Marpaung Ketua PGI Sumatera Barat, tokoh Katolik, Henrikus Jomi, Pembimas Katolik Sumatera Barat, Tokoh Hindu, I Ketut Wirdayasa Ketua PHDI Sumbar, dan Tokoh Budha, Jumadi Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Sumbar.

Deklarasi ini ditandai dengan penanda tanganan oleh masing-masing tokoh lintas agama di Sumatera Barat disaksikan langsung Anggota Komisi VIII DPR RI, Kepala Badan Kesbangpol, seluruh pejabat dilingkangan Kanwil Kemenag, Kakan Kemenag Padang Pariaman, Kepala BDK, Kepala UPT Asrama haji dan seluruh peserta gerak jalan.

Adapun deklarasi ini bermuatan kesepakatan dan komitmen bersama seluruh tokoh lintas agama dengan narasi sebagai berikut.

Kami tokoh lintas sgama, pemuda lintas agama dan ASN Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat menyatakan untuk:

Baca Juga :  Meriahkan HUT Koperasi ke-76, Padang Gelar Jalan Santai

Pertama, memperkuat komitmen kebangsaan untuk marawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia.

Kedua, mengukuhkan gerakan moderasi beragama guna untuk seluruh Umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.

Ketiga, menghindari segala betuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik

Keempat, berkomitmen untuk tidak mengunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yag tertuang dalam undang-undang.

Usai deklarasi damai umat beragama, kemeriahan gerak jalan kerukunan ini diwarnai dengan pembagian ratusan doorprize oleh panitia pelaksana. Lima voucher umrah, tiket pulang pergi ke Arab Saudi, sepeda, kulkas dan doosprize lain yang tak kala menarik.

Kegiatan ini dihadiri anggota Komisi VIII DPR RI, John Kennedy Aziz didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi, Ketua Dharma Wanita, Ny. Nazifah Helmi. Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Kepala Badan Kesbangpol, Jefrinal Arifin, Kabag Tu, Kepala Bidang, Pembimas, Tokoh Lintas Agama, Kakan Kemenag Padang Pariaman, Kepala Balai Diklat Keagamaan, Kepala UPT Asrama Haji beserta jajaran.

Share :

Baca Juga

Daerah

KSAD Pimpin Sertijab Strategis Ditubuh TNI AD, Satu Diantaranya Pangdam XVIII/Kasuari

Hukum

Pengadilan Padang minta hadirkan saksi lain kasus PDAM Tirta Langkisau

Agama

Tabrakan Beruntun, Tiga Orang Terluka di Padang Panjang

Agama

Zulfahmi Apresiasi Bimtek MAN 2 Kota Padang, Ini harapan dan Pesannya

Daerah

Satgas OMB Polda Sumbar berikan Pengamanan kegiatan Cawapres di Padang

News

Danramil 07/ Maos Beserta Anggota Babinsa Berbaur Dengan Warga Dalam Pengecoran Pembuatan Masjid

Agama

Rapat Kerja dan Kunjungan Lapangan Komisi I,II dan III DPRD Kota Padangpanjang dengan OPD Mitra :Awasi Penyerapan Anggaran Hingga Inovasi Pelayanan Publik    

Hukum

Komplotan Begal Yang Meresahkan Warga Kota Padang ditangkap Tim Opsnal Polsek Padang Selatan