Home / News

Tuesday, 20 December 2022 - 06:35 WIB

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Bagikan 13 Ribu Bibit Cabai Kepada Masyarakat

Padang, Sinyalnews.com,- Guna mendukung ketahanan pangan nasional, Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang bakal kembali menyalurkan bibit cabai kepada kelompok tani dan masyarakat kota Padang sebanyak 13 ribu bibit cabai.

 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Guswardi saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (19/12/2022). Guswardi mengatakan, penyaluran bibit cabai tersebut dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

 

Sebelumnya, pihaknya sudah membagikan sebanyak 5 ribu bibit cabai kepada masyarakat. Dimana pembagian cabai berikutnya akan ditergetkan selesai sebelum tanggal 20 Desember 2022.

 

“Bibit cabai ini akan dibagikan ke seluruh kecamatan yang ada di kota Padang, jadi memang kita sekarang dalam rangka ketahanan pangan nasional. Dimana sebelumnya cabai ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi , makanya kita gerakkan menanam cabai se kota Padang.” Ujarnya.

Baca Juga :  BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

 

Ia bersyukur harga cabai yang sebelumnya mencapai angka Rp 100 ribu per kilo, sekarang sudah kembali ke harga normal Rp 38 ribu per kilo. Maka dari itu pihaknya terus menggeliatkan gerakan menanam cabai untuk menekan lonjakan harga cabai.

 

“Insya Allah, sebelum tanggal 20 Desember, sebanyak 13 ribu bibit cabai sudah tersalurkan kepada masyarakat. Seiring dengan persiapan kita jelang natal dan tahun baru 2023 mendatang” tuturnya.

 

Disisi lain, dalam menghadapi Nataru, pihaknya bersama Dinas Pertanian dan stakeholder lainnya melakukan sidak bahan pokok di Pasar Raya Padang dan Pasar Nanggalo.

 

Memang kita lihat di pasaran harga sembako ada yang naik dan ada juga yang tidak. Seperti beras naik, daging ayam, telur dan daging sapi juga naik.” Ujar Guswardi.

Baca Juga :  Ke Malaysia dan Thailand, DEMA FDIK Ikuti Internasional Students Capacity Building Forum dan Temu Aktivis Muda Dunia

 

Menurutnya, kenaikan harga sembako jelang Nataru adalah hal yang wajar terjadi. “Karena kalau hari-hari besar memang trennya seperti itu. Daging, telur, ayam, beras semuanya pada naik. Tapi tentunya kenaikan tersebut diatas angka yang wajar. Itu sudah hukum ekonomi, ketika kebutuhan meningkat, ketersediaan barang cukup harganya pasti akan naik” ungkapnya.

 

Ia menuturkan, pada tanggal 20 Desember 2022 mendatang, pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan kembali melakukan sidak bahan pokok.

 

“Sidak ini untuk monitoring harga-harga bahan pokok pangan, kita tentu berharap jangan sampai terjadi lonjakan harga yang tinggi” sebutnya.

 

Jika terjadi gejolak harga yang tinggi di pasaran, pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga bahan pokok tersebut.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Budaya

Wakapolres Batang Bantu dan Antar Warga yang Jatuh dari Sepeda Motor ke Rumah  

Daerah

Konsumsi Sabu dan Tembakau Sinte Seorang Pemuda Berurusan dengan Polsi

Hukum

Panglima TNI Jadi Saksi Pelantikan Kasau

Agama

Latihan Kerja di Fungsi Samapta, Taruna Akpol TK I Angkatan 57 Batalyon Adhi Wiratama Laksanakan Patroli Preventif

Daerah

Partisipasi Babinsa Bantu Pengecoran Masjid Nurul Huda Limpung

Daerah

Terus Jaga Hubungan Baik, Babinsa Koramil 07/ Maos Laksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

Daerah

Wamenhan M.Herindra Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura

Daerah

Presiden Joko Widodo Kunjungi Pasar Ibu Kabupaten Kepulauan Mentawai Usai Resmikan Bandar Udara Mentawai (BUM)