Home / News / Pendidikan

Monday, 28 November 2022 - 19:13 WIB

SMA 3 Padang Terima Penghargaan Dari Gubernur Sumbar

 

Padang, Sinyalnews.com, – SMA Negeri 3 Padang menerima penghargaan sebagai sekolah yang mengalami peningkatan perolehan hasil UTBK untuk tahun 2022, yang mengalami peningkatan dari tahun 2021. Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan mewakili Gubernur Sumatera Barat, Senin, (28/11/2022) bertempat di lapangan upacara Dinas Pendidikan jalan Sudirman Padang.

 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar 1.000 sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. SMAN 3 Padang termasuk dalam 8 SMA di Sumatera Barat yang masuk dalam 1000 besar Nasional. Sementara untuk kota Padang hanya ada 3 SMA yakni SMA 1, SMA 10 dan SMA 3 Padang.

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Barlius dalam sambutannya saat penyerahan piagam penghargaan mengatakan, apa yang dicapai oleh SMA Negeri Padang ini merupakan hasil kerja keras seluruh perangkat yang ada di SMA 3, baik kepala sekolah, majelis guru, tata usaha dan siswa.

 

Baca Juga :  BPBD Kota Padang Inisiator Kegiatan Simulasi Tsunami Fun Drill

 

“LTMPT merupakan lembaga yang berwenang mengatur tes masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jadi yang diperoleh pada hari ini merupakan suatu bukti bahwa sistem pembelajaran yang diterapkan di SMAN 3 dan SMA penerima penghargaan lainnya sudah sesuai dengan  ujar Barlius.

 

Menurut Barlius, di Provinsi Sumatera Barat, terdapat 763 sekolah setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Terdiri dari 559 setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 214 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk sekolah setingkat SMA sederajat terdiri dari 285 sekolah negeri dan 274 sekolah swasta. Sedangkan SMK, terdiri dari 114 SMK negeri dan 100 SMK swasta.

 

Dari seluruh SMA sederajat yang ada di Sumbar hanya 26 sekolah yang masuk ke dalam daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK. Jumlah itu menurun dibandingkan dengan data tahun 2021 yang mencapai 30 sekolah. “Kita berharap tahun depan akan semakin banyak lagi sekolah di Sumbar yang masuk dalam 1000 besar nasional” ucap Barlius

Baca Juga :  Partai Gelora Berduka. Ustadz Muhammad Yassin Lc Ketua DPW Partai Gelora Sumbar Meninggal Dunia

 

 

Sementara Kepala SMAN 3 Padang Dra Ifna Sukmi M.Pd mengatakan, penghargaan yang ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen yang ada di SMAN 3 Padang dan tidak terlepas dari bimbingan Kadis Pendidikan Sumbar.

 

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Kadis atas pembinaannya selama ini. Terima kasih bapak ibu majelis guru, terima kasih bapak ibu pegawai tata usaha, terima kasih kepada pengurus komite yang selalu mendukung setiap program kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, dan terima kasih kepada seluruh siswa SMA 3, yang sudah melaksanakan tupoksi masing-masing, sehingga penghargaan ini berhasil kita raih” ujar Ifna Sukmi.

 

Mudah-mudahan penghargaan ini bisa terus kita pertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi, harapnya.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

*Meriahkan HUT TNI Ke 78, Yonkav 5/DPC Gelar Donor Darah, Baksos Dan Pengobatan Gratis*

Agama

Informasi Anak Hilang

Daerah

Satbinmas Polres Batang Gelar Sosialisasi Saka Bhayangkara di MAN Batang

Daerah

Sambut HAB Ke-78 Kemenag Kota Padang Banjir Pendonor Darah, Berikut Bentuk Apresiasi dan Penuturan Kepala Kantor

Agama

Terkait Putusan MA RI Kejati Sumbar Eksekusi Terpidana Kasus Tol

Daerah

Gubernur Sumbar Promosikan Potensi Madu Galo-Galo Kepada Peserta Konferensi Internasional ICCESI 2023

News

Kelurahan Kauman Sabet Juara I LCC Kadarkum

Agama

Babinsa Koramil 07/ Maos Hadiri Pengajian dalam Haul KH Hasanudin