Home / News / Pendidikan

Monday, 28 November 2022 - 19:13 WIB

SMA 3 Padang Terima Penghargaan Dari Gubernur Sumbar

 

Padang, Sinyalnews.com, – SMA Negeri 3 Padang menerima penghargaan sebagai sekolah yang mengalami peningkatan perolehan hasil UTBK untuk tahun 2022, yang mengalami peningkatan dari tahun 2021. Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan mewakili Gubernur Sumatera Barat, Senin, (28/11/2022) bertempat di lapangan upacara Dinas Pendidikan jalan Sudirman Padang.

 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar 1.000 sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. SMAN 3 Padang termasuk dalam 8 SMA di Sumatera Barat yang masuk dalam 1000 besar Nasional. Sementara untuk kota Padang hanya ada 3 SMA yakni SMA 1, SMA 10 dan SMA 3 Padang.

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Barlius dalam sambutannya saat penyerahan piagam penghargaan mengatakan, apa yang dicapai oleh SMA Negeri Padang ini merupakan hasil kerja keras seluruh perangkat yang ada di SMA 3, baik kepala sekolah, majelis guru, tata usaha dan siswa.

 

Baca Juga :  Rakor Pengelolaan Dan Distribusi Logistik Pemilu 2024: Polda Jateng siap amankan Logistik Pemilu

 

“LTMPT merupakan lembaga yang berwenang mengatur tes masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jadi yang diperoleh pada hari ini merupakan suatu bukti bahwa sistem pembelajaran yang diterapkan di SMAN 3 dan SMA penerima penghargaan lainnya sudah sesuai dengan  ujar Barlius.

 

Menurut Barlius, di Provinsi Sumatera Barat, terdapat 763 sekolah setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Terdiri dari 559 setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 214 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk sekolah setingkat SMA sederajat terdiri dari 285 sekolah negeri dan 274 sekolah swasta. Sedangkan SMK, terdiri dari 114 SMK negeri dan 100 SMK swasta.

 

Dari seluruh SMA sederajat yang ada di Sumbar hanya 26 sekolah yang masuk ke dalam daftar Top 1.000 Sekolah Tahun 2022 Berdasarkan Nilai UTBK. Jumlah itu menurun dibandingkan dengan data tahun 2021 yang mencapai 30 sekolah. “Kita berharap tahun depan akan semakin banyak lagi sekolah di Sumbar yang masuk dalam 1000 besar nasional” ucap Barlius

Baca Juga :  Disperindag Sumbar Gelar Sosialisasi Konsumen Cerdas di Kab Pasaman 

 

 

Sementara Kepala SMAN 3 Padang Dra Ifna Sukmi M.Pd mengatakan, penghargaan yang ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh elemen yang ada di SMAN 3 Padang dan tidak terlepas dari bimbingan Kadis Pendidikan Sumbar.

 

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Kadis atas pembinaannya selama ini. Terima kasih bapak ibu majelis guru, terima kasih bapak ibu pegawai tata usaha, terima kasih kepada pengurus komite yang selalu mendukung setiap program kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, dan terima kasih kepada seluruh siswa SMA 3, yang sudah melaksanakan tupoksi masing-masing, sehingga penghargaan ini berhasil kita raih” ujar Ifna Sukmi.

 

Mudah-mudahan penghargaan ini bisa terus kita pertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan lagi, harapnya.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Budaya

Bupati Hamsuardi Berikan Suara Pada Pemilihan Bamus Nagari Lingkuang Aua Baru

Agama

Lurah Gunung Pangilun Buka Wirid Remaja Tingkat Kelurahan Gunung Pangilun

Nasional

Bus ANS dan MPM Tujuan Padang Tabrakan di Tol Palembang Satu Orang Tewas  

Agama

Halal Bil Halal 1444 Hijriah “Sukses Di helat” oleh Pengurus Ikatan Alumni (IKASMANLI) 

Bisnis

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, Warga RW 1 Kelurahan Gunung Pangilun Adakan Berbagai Perlombaan

Budaya

Lomba Dayung Tradisional di Batang Momen untuk Mempererat Silaturahmi Saat Idul Fitri

Daerah

Masjid An Nur Gurun Laweh Nan XX Gelar Tabliq Akbar

News

polda sumsel melakukan cek kesehatan,(RIKKES) tahap dua sebanyak 83 anggota seleksi Bintara.