BPRS Jam Gadang Viral, Pemkab Muko-Muko Pelajari Suksesnya Tabungan Utsman Bukittinggi

BPRS Jam Gadang Viral, Pemkab Muko-Muko Pelajari Suksesnya Tabungan Utsman Bukittinggi

Bukittinggi, sinyalnews.com, – Kesuksesan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang, yang diprakarsai Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, ternyata menarik perhatian pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muko Muko, Bengkulu, untuk mempejarinya.

Buktinya, Kamis (2/1/23), pihak Pemkab Muko Muko, berkunjung ke Kota Bukittinggi.
Rombongan yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) DR. Abdiyanto, SH, M.Si, C.L.A, Asisten II dan beberapa orang Kepala SKPD, diterima Wali Kota Bukittinggi, diwakili Asisten I Pemko Bukittinggi, Isra Yonza, SH. MH, Asisten II Rismal Hadi, S.STP, M.Si,

Dari Pemko Bukittinggi, juga terlihat, Staf Ahli Walikota, Drs. Hendry, ME., Kabag Perekonomian Setdako Bukittinggi, Ahda Hidayat, MSi, Direktur PT.BPRS Jam Gadang Dewi Fitria, SE serta Kepala SKPD dan Kepala Bagian terkait di lingkungan Pemko Bukittinggi, di ruang rapat utama Balaikota Bukittinggi.

Baca Juga :  Bimtek Pendaftaran Tanah Wakaf Digital (E-AIW) Implementasi Program Prioritas Kemenag, Berikut Penjelasan Kepala Kantor

Sekda Kabupaten Muko Muko, Abdiyanto, menyatakan ketertarikannya dengan terobosan Program Tabungan Utsman yang berjalan sukses di Bukittinggi. Bagaimana program pembiayaan tanpa bunga dan tanpa biaya, dapat digulirkan kepada masyarakat.

Abdiyanto, menyatakan kertarikannya.
Bagaimana seorang kepala daerah, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menjadi inisiator program pembiayaan tanpa riba ini. Sehingga masyarakat dapat terbantu, untuk menjalankan usaha dalam memutar roda perekonomian.

Kami sangat tertarik. Ini viral sampai kemana-mana. Makanya kami ingin pelajari ini, agar bisa juga diterapkan di Muko Muko,” ujar Badiyanto.

Asisten I Setdako, Isra Yonza, menjelaskan, sejak menjabat tahun 2021 lalu, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, terus mengarahkan bagaimana Pemko Bukittinggi menelurkan program program berbasis kemasyarakatan. Terutama, bagaimana program itu dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, terutama pelaku usaha kecil dan menengah.

“Salah satunya, dengan Tabungan Ustman yang dilaksanakan melalui BUMD BPRS Jam Gadang. Tabungan Utsman menjadi produk unggulan Kota Bukittinggi. Dengan kualitas dan kuantitasnya telah membuktikan program ini pro dengan ekonomi kerakyatan. Membantu masyarakat dalam menghindari diri dari rentenir dan praktek riba,” jelas Isra Yonza.

Baca Juga :  Tanamkan Cinta Tanah Air, Danramil 07/ Maos jadi Pembina Upacara di SMP N 3 Maos

Dikatakan, selama tahun 2022, sejak diluncurkan pada 23 Maret 2022 lalu, Tabungan Utsman telah menyalurkan bantuan pemodalan Rp 14,5 miliar lebih kepada 1956 nasabah dengan kredit macet nya Rp 0.

Sementara tahun 2023, Pemko Bukittinggi meningkatkan subsidi untuk Tabungan Utsman sebesar Rp 2,5 miliar. Dengan subsidi itu, BPRS Jam Gadang dapat menyalurkan bantuan permodalan 20 hingga Rp 25 miliar lebih untuk 3.000 nasabah.

Realisas perdana pembiayaan Tabungan Utsman, tahun 2023 telah diluncurkan untuk 100 nasabah pada Jumat 20/01/23 lalu. (rul)

Share :

Baca Juga

Berita

Pegawai UPTD BKIM Menangis Dihadapan Anggota DPRD Sumbar

Berita

Berperan Aktif, Babinsa Cimanggu Karya Bakti Pembangunan Jalan Rabat Beton 

Berita

Harga Garam Melonjak, Usaha Cabai Giling Kang Maman Lesu, Permintaan Turun 

Berita

Panglima TNI Sambut Peace Keepers Indonesia  Usai Bertugas

Berita

Kadisperindag Sumbar Buka Bimbingan Tekhnis Bahan Berbahaya

Berita

Delima Florist dan Artificial Flowers Kebutuhan Bunga Segar Hadir Untuk Sumatera Barat

Badan Negara

SEPEKAN PENCARIAN ABK KAPAL NELAYAN COMPRENG DENGAN HASIL NIHIL, OPERASI SAR DINYATAKAN DITUTUP

Berita

Kecelakaan Perahu Nelayan Restu Ibu yang Hilang Kontak dengan Personel On Board (POB) Berjumlah 2 (dua) Orang di Perairan Nusakambangan Kabupaten Cilacap