Home / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Hukum / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa / Teknologi

Sunday, 27 November 2022 - 21:59 WIB

Kota Padang di Landa Gempa. Masyarakat diminta Waspada

Kota Padang di Landa Gempa. Masyarakat diminta Waspada

 

Padang, Sinyalnews.com – Kota Padang dilanda gempa dengan magnitudo 4,6, Minggu (27/11/2022). Menurut BMKG Pusat gempa berada pada Lok:1.56 LS,100.08 BT (60 km BaratDaya PAINAN-PESISIRSELATAN-SUMBAR), Kedlmn:35 Km

Gempa terjadi saat warga kota Padang sedang melaksanakan shalat maghrib sekitar pukul 18.37 WIB.
“Saya sedang melaksanakan shalat maghrib tiba- tiba saya rasakan lantai rumah saya bergerak” ujar Susi warga Taruko Kuranji Padang.

Guncangan gempa hanya sebentar saja, tapi sangat terasa kuat. “Saat gempa terjadi tidak sempat keluar rumah, Semoga aja tidak rumah warga Padang yang retak,”imbuh Susi

Berdasarkan data BMKG gempa kekuatan 4,6 terjadi pada Minggu (27/11) sekira pukul 18:37:30 WIB. Berlokasi  1.56 derajat Lintang Selatan, ,100.08 derajat Bujur Timur.

Baca Juga :  Heru Akhirnya Meminta Maaf Akibat Postingannya di Salah Satu Media Sosial

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas I Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT., membenarkan gempabumi dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan.

“Gempabumi yang dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan berpusat di Muko-Muko, Bengkulu,” ujar Suaidi melalui pesan tertulis.

“Hari ini Minggu, 27 November 2022 pukul 18:37:29 WIB, telah terjadi gempa bumi tektonik di Muko-Muko, Bengkulu dan dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter magnitudo M=4.6,” sambungnya melanjutkan.

Diterangkan Suaidi, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.56 LS dan 100.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 60 km Barat Daya Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 35 km.

Baca Juga :  Terima Surat Pemberhentian Oknum JZ, DPRD Siapkan PAW

Sedangkan jenis gempabumi ini, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokal

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokallokal,” terangnya.

Kemudian, jelas Suaidi, dampak guncangan gempabumi ini dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan II MMI

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami,” sebutnya.

Terakhir, Suaidi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam.

(Ms)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolsek Majenang dan Forkopimcam Gelar Pembinaan untuk Cegah Tawuran Antar Pelajar

Budaya

Tiga Pilar Desa Maoskidul Bersinergi Amankan Lebaran 2023

Agama

Kota Padang Kembali Terapkan Full Day School atau Sekolah 5 Hari Seminggu

Finansial

Masyarakat Air Bangis Demo di Kantor Gubernur Sumbar

Daerah

HANYA DITEMUKAN PERAHU TANPA MESIN MOTOR TEMPEL, SEORANG PENCARI UBUR-UBUR HILANG DIPERAIRAN BUNTON CILACAP

Budaya

Upaya Mewujudkan Keakraban, Babinsa Anjangsana Dengan Warga Binaan Disore Hari

Agama

Kapolda Pimpin Sertijab Beberapa Kapolres dan PJU Polda Sumbar

Budaya

Ketum LPPKI Azwar Siri.SH Terima SK Pengangkatan sebagai Anggota BPSK Kota Padang Dari Gubenur Sumbar.