Home / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Hukum / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa / Teknologi

Sunday, 27 November 2022 - 21:59 WIB

Kota Padang di Landa Gempa. Masyarakat diminta Waspada

Kota Padang di Landa Gempa. Masyarakat diminta Waspada

 

Padang, Sinyalnews.com – Kota Padang dilanda gempa dengan magnitudo 4,6, Minggu (27/11/2022). Menurut BMKG Pusat gempa berada pada Lok:1.56 LS,100.08 BT (60 km BaratDaya PAINAN-PESISIRSELATAN-SUMBAR), Kedlmn:35 Km

Gempa terjadi saat warga kota Padang sedang melaksanakan shalat maghrib sekitar pukul 18.37 WIB.
“Saya sedang melaksanakan shalat maghrib tiba- tiba saya rasakan lantai rumah saya bergerak” ujar Susi warga Taruko Kuranji Padang.

Guncangan gempa hanya sebentar saja, tapi sangat terasa kuat. “Saat gempa terjadi tidak sempat keluar rumah, Semoga aja tidak rumah warga Padang yang retak,”imbuh Susi

Berdasarkan data BMKG gempa kekuatan 4,6 terjadi pada Minggu (27/11) sekira pukul 18:37:30 WIB. Berlokasi  1.56 derajat Lintang Selatan, ,100.08 derajat Bujur Timur.

Baca Juga :  Minibus Tabrak Truk Tangki LPG di Cilacap, 2 Orang Luka Luka

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas I Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT., membenarkan gempabumi dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan.

“Gempabumi yang dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan berpusat di Muko-Muko, Bengkulu,” ujar Suaidi melalui pesan tertulis.

“Hari ini Minggu, 27 November 2022 pukul 18:37:29 WIB, telah terjadi gempa bumi tektonik di Muko-Muko, Bengkulu dan dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter magnitudo M=4.6,” sambungnya melanjutkan.

Diterangkan Suaidi, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.56 LS dan 100.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 60 km Barat Daya Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 35 km.

Baca Juga :  Polda Sulteng terjunkan 1.023 personel untuk pengamanan RI.1

Sedangkan jenis gempabumi ini, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokal

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokallokal,” terangnya.

Kemudian, jelas Suaidi, dampak guncangan gempabumi ini dirasakan di kota Padang dan Pesisir Selatan II MMI

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami,” sebutnya.

Terakhir, Suaidi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam.

(Ms)

Share :

Baca Juga

Daerah

LBH GP Ansor PW Sumbar Buat Petisi Tegakkan HAM untuk Masyarakat Air Bangis Pasaman Barat 

Budaya

Pasang Spanduk dan Sebarkan Pamflet Operasi Patuh Candi 2023, Polres Pekalongan Edukasi Tertib Berlalu Lintas

Agama

Wagub Audy Joinaldi Kukuhkan DPW IKM Jawa Barat

Budaya

Malam Anugerah Pemilihan Duta Wisata Bujang Jo Gadih Tahun 2023

Ekonomi

Terima Dubes Arab Saudi Faisal Abdullah, Menhan Prabowo Inginkan Perkuat Komunikasi dan Koordinasi Atasi Berbagai Tantangan Masa Depan

Daerah

CEGAH PIDANA ANAK, BAPAS BUKITTINGGI TEKANKAN PENTINGNYA POLA ASUH

Daerah

Ny. Harneli Mahyeldi Rangkul Sejumlah Organisasi Wanita di Sumbar Berdonasi untuk Korban Perang Palestina

Hukum

Menhan Prabowo Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Kunker di Malaysia