Home / Budaya / Daerah / Finansial / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Peristiwa / Teknologi

Friday, 25 November 2022 - 09:21 WIB

Tim Robotik MTsN 6 Padang dan MAN 1 Bukittinggi Raih Medali Emas Tingkat Nasional

Tim Robotik MTsN 6 Padang dan MAN 1 Bukittinggi Raih Medali Emas Tingkat Nasional

Padang, Sinyalnews.Com – Tim Robotik (Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Padang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bukitinggi berjaya meraih juara 1 dalam ajang Madrasah Robotics Competition (MRC) tingkat nasional tahun 2022.

Kompetisi yang diikuti perwakilan Madrasah seluruh Indonesia ditutup Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rabu malam (23/11).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar Helmi dari Yogyakarta didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Padang Edy Oktafiandi, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri Panidias dan Kepala MTsN 6 Padang Ramli menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi gemilang diraih siswa madrasah Sumbar.

“Alhamdulillah, ini prestasi gemilang nan membanggakan kita kalangan madrasah di Sumbar dan tentunya masyarakat Sumbar. Baru kali ini siswa madrasah Sumbar berhasil meraih dua medali emas dalam kompetisi robotik tingkat nasional, ” kata Helmi.

Baca Juga :  Gustami Hidayat Salurkan Dana Pokir Betonisasi Jalan Lingkung

Dikemukakannya keberhasilan tersebut tak tiba-tiba saja, tentunya melalui sebuah proses yang dilakukan secara sungguh-sungguh. Terutama kepala, para wakil dan guru-guru madrasah. Juga perhatian dan kerja keras Kakankemenag, Kabid Penmad dan jajarannya, termasuk kepala seksi madrasah dan kepala seksi pendidikan Agama Islam Kankemenag bersangkutan.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah sokongan dari orang tua, baik moril maupun bantuan pendanaan.

Harus diakui untuk mengikuti lomba robotik membutuhkan pendanaan cukup besar juga. Memang ada dana dari pemerintah, namun jumlahnya tak cukup. Orang tua telah membuktikan sokongannya bersama madrasah membiayai pengiriman peserta ke kancah nasional tersebut.

Dikemukakan Kakanwil prestasi tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi siswa madrasah lainnya di Sumbar dalam mengikuti berbagai lomba dan kompetisi, baik sains maupun bidang lainnya.

Baca Juga :  Murid PAUD Belajar di Polsek Prembun, Sekolah Lain Juga Bisa

Kakankemenag Padang juga menyampaikan selamat kepada Tim Robotik MTsN 6 Padang. Prestasi tersebut tak boleh berhenti sampai di situ saja dan harus selalu ditingkatkan. Tak hanya MTsN 6 Padang, tapi juga madrasah lainnya di jajaran Kankemenag Padang.

Kepala MTsN 6 Padang didampingi peserta Alif Sulthan dan Andini Eliana Naurif serta guru pendamping Nila Umami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut andil sehingga siswa madrasah dipimpinnya itu bisa meraih prestasi di tingkat nasional. Untuk MTs diikuti 153 Tim dari seluruh Indonesia.

Prestasi tersebut tak terlepas dari sokongan Kakanwil Kemenag Sumbar, Kakankemenag Padang dan Kabid Penmad serta orang tua siswa.

Andini dan Alif disamping memperoleh medali emas, penghargaan juga memperoleh tabanas Rp 10 juta dan voucher belanja peralatan robotik sebesar Rp 50 juta.
HarisTJ

Share :

Baca Juga

News

Basarnas Cari Tiga Korban Tenggelam Di Pantai Selatan Kebumen

Budaya

Tingkatkan Layanan Inklusif, Kemendagri Inisiasi Pelatihan Perspektif Disabilitas

Agama

Berikan Pelayanan kepada Masyarakat Pengguna Jalan, Personil Polda Sumbar Turun ke Jalan Lakukan Tur Lalin

Daerah

Dana ADV dan Infotorial di Diskominfo Kampar tidak Transparan, Ketua PJS Kampar Minta Pj Bupati Copot Plt Kadis Kominfo Kampar

News

Mutasi, 38 Pejabat Pemko Bukittinggi Dilantik

Agama

Tebing Longsor Akibat Hujan Lebat “Nyaris Mengenai Rumah Warga”

Agama

BASARNAS : UPACARA HUT KE 51 TAHUN, CEPAT TANGGAP SELAMATKAN JIWA

Agama

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H SMPN 1 Wonotunggal