Home / Budaya / Daerah / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Wednesday, 23 November 2022 - 18:38 WIB

Jias Mengki Satu-satunya Dari Sumbar Yang Lulus Beasiswa S3 Program LPDP

Jias Mengki Satu-satunya Dari Sumbar Yang Lulus Beasiswa S3 Program LPDP

Padang, Sinyalnews.com,- Jias Mengki guru SDN 41 Lubuk Minturun menjadi satu-satunya orang yang berhasil mendapatkan beasiswa S3 Reguler dari LPDP untuk program studi pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP-Kemenag merupakan skema beasiswa prestisius kolaborasi dari LPDP dan Kementerian Agama RI untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karir, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri. Melalui pendidikan formal degree maupun non degree, LPDP-Kemenag berkewajiban untuk mempersiapkan pemimpin Indonesia di masa depan. Kategori skema program beasiswa LPDP Kemenag RI terbagi menjadi dua yakni Program Beasiswa Gelar (Degree) dan Beasiswa Non Gelar (Non Degree)

Setiap tahun, peminat yang ingin mengikuti program ini selalu membludak. Untuk tahun ini saja jumlah pendaftar ada sekitar 15.600 orang, Bisa dibayangkan khusus untuk prodi tersebut hanya sebanyak 15 orang yang berhasil lulus dari dari seluruh Indonesia. Dan dari Sumatera Barat hanya satu orang yakni Jias Mengki guru SDN 41 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Baca Juga :  Grand Opening Rin Bingsu, Cafe Dissert Korea Pertama di Kota Padang

“Beliau (Jias Mengki) adalah aset Sumbar yang harus kita jaga. Karena itu kita perlu memberikan dukungan moril untuk keberhasilan beliau.” Hendri Septa

Walikota juga tidak menampik sulitnya untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan berhasilnya Jias menembus program tersebut, itu membuktikan jika kemampuan orang Sumbar patut diperhitungkan di kancah nasional.

Dan apa yang didapat Jias tersebut menurutnya juga harus menjadi kebanggan masyarakat Sumbar. Orang seperti Jias inilah nantinya yang akan menentukan arah pembangunan ranah Minang ke arah yang lebih baik.

Terkait keberhasilan tersebut, Jias Mengki mengaku tidak pernah menduga sebelumnya. Padahal sejak mendapat informasi dari salah seorang temannya di Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam, dia langsung belajar dan menjadikan tes ini hanya sebagai ajang coba-coba. Namun setelah tes demi tes dilalui, akhirnya dia dinyatakan lulus.

Untuk Tofl saja persyaratannya harus 500. Lalu ijazah S2, izin atasan dan identitas. Kita hanya diberi waktu untuk meng-upload persyaratan tadi hanya selama dua hari. “Alhamdulillah persyaratan yang kita berikan lulus” ujar Jias.

Kemudian dilanjutkan dengan tes Potensi Akademik tentang sinonim, Antonin kualitatif dan sebagainya, layaknya tes CPNS. Lalu tes psikologi dengan jumlah soal soal sekitar 300 soal. Kedua tes ini juga berhasil dan termasuk tes wawancara oleh profesor dari UIN Jakarta dan berhasil dilalui dengan baik.

Baca Juga :  Ketum IKKT Pimpin Serah Terima Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS XII Kogabwilhan II

Jias mengatakan, kalau kuliah sudah mulai berjalan selama dua pekan, namun dirinya belum bisa mengikuti perkuliahan secara aktif. Ini karena hingga kemaren dirinya masih menunggu izin dan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Padang.

Kepada pak Walikota saya juga sudah menghadap dan pak Wako mendukung. Sekarang tinggal menunggu izin dari Dinas Pendidikan dan BKPSDM Kota Padang. Saya harap ini segera selesai dan saya bisa fokus untuk menjalani perkuliahan secara tatap muka” pintanya

Diketahui kepastian Jias Mengki mendapatkan beasiswa tersebut tertuang dalam keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 6274 tahun 2022 tentang penetapan Penerima Beasiswa Magister dan Doktor Dalam Negeri Program Beasiswa Indonesia Bangkit Kementerian Agama -Lembaga Pengelola Dana Pendidikan tahun 2022. Keputusan tersebut ditandatangani langsung oleh Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Serda M Effendi Rawat dan Pupuk Cabe Mitra Karib di Baruah Gunuang

Agama

Keluarga besar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada Rina Gustika dan Epran telah Naik Pelamin

Bisnis

Kabar Gembira. Penerimaan CPNS 2023 Dibuka Pemerintah kembali. Ini Persyaratannya.

Daerah

Malam Apresiasi Cabdindik Solok Raya, SLB LENTERA BUNDA Raih 2 Penghargaan

Daerah

Sumbar Tuan Rumah Jambore Forum PRB 2023, BPBD Gelar Berbagai Kegiatan

Bisnis

BRI Regional Office Padang Adakan Khitanan Massal Dalam Rangka HUT BRI ke 127

Nasional

Aspers Kaskoopsud I Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95

Budaya

Danramil 07/ Maos Menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Acara Memetri Bumi