Home / News / Peristiwa

Monday, 21 November 2022 - 20:50 WIB

Kapolri Kerahkan Anggotanya Bantu Penanganan Gempa Cianjur

 

Jakarta, Sinyalnews.com,- Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022, pukul 13.21 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

 

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor dan wilayah di Jawa Barat lainnya itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

Guna membantu penanganan gempa Cianjur, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan pasukan untuk evakuasi dan penanganan gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat tersebut. Diketahui gempa dengan kekuatan magnitudo 5.6 yang terjadi siang tadi memakan korban jiwa dan merusak beberapa bangunan.

Baca Juga :  Kodim 1715/Yahukimo Melaksanakan Minggu Kasih Dengan Berbagi Makanan Kepada Jemaat Gereja Maranatha dan Gereja Eben Haezer Dekai Dalam Rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih Ke-61 Tahun

 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini anggota SAR Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jabar sudah berada di lokasi gempa untuk membantu proses evakuasi.

 

“Anggota Brimob sudah melaksanakan kegiatan SAR Penanganan longsor pasca Gempa Bumi di daerah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/11/2022).

 

Lebih lanjut, Dedi menuturkan, Kapolri telah menerbitkan surat telegram melalui Asops Kapolri terkait penanganan gempa di Cianjur. Dalam surat telegram tersebut, Mabes Polri akan mengerahkan bantuan penanganan gempa di Cianjur.

Baca Juga :  Mengungkap Bos Mafia "BBM Ilegal" di Kota Padang

 

Adapun bantuan yang dikerahkan yakni 5 personel Ditpoludara beserta satu unit helikopter, 94 personel Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri, dan 202 personel Korbrimob Polri dengan kualifikasi SAR.

 

“Selain itu juga dikirim 20 personel Pusdokkes Polri beserta dua ambulans,” katanya.

 

Selain membantu evakuasi penanganan gempa di Cianjur, Polri juga menerjunkan tim trauma healing guna memberikan bantuan penanganan psikologi ke korban gempa.

 

“Sebanyak 16 personel trauma healing dari Biro Psikologi juga dikerahkan,” ujarnya.

(Yudi)

 

Share :

Baca Juga

Agama

Sambil Sosialisasi Kamseltibcar, Satlantas Polres Pasaman Barat Juga Bagikan Puluhan Helm Di MAN 5 Pasaman Barat

Hukum

Pengamanan Pelabuhan Sekupang diperketat Pasca Penangkapan Penyelundupan 3 Kg Sabu  

News

Walikota dan Forkopimda Lakukan Safari Tarawih

Agama

Bebas Beroperasional di Malam Takbiran, Billiard Centre Kuat Bekingan?

Bisnis

Marlim, Pimpinan Perusahaan Sinyalnews.com Laporkan Kasus Pencemaran Nama Baiknya ke Polda Sumbar

Nasional

Menilik Spiritual Calon DPR RI Sumbar

Budaya

Pembukaan TMMD 117 Kodim 0304/Agam Resmi di Buka

Agama

Disperindag Sumbar MoU Dengan Disperindag Jawa Timur