Home / News

Friday, 11 November 2022 - 13:14 WIB

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Buka IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Padang

 

 

Padang, Sinyalnews,- SMA Negeri 3 Padang mengadakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka selama 2 hari  dalam rangka menyambut pergantian kurikulum baru. IHT dilaksanakan di ruang majelis guru mulai tanggal 11-12 November 2022, dan diikuti oleh semua guru SMA Negeri Padang. Adapun narasumber dalam IHT Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut adalah Irawati M.Pd dari Balai Guru Penggerak (BPG) dan Drs Cecep Trisnaldi dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat

 

Acara IHT hari pertama diawali dengan sambutan Komite SMA 3. Dalam sambutannya, komite sekolah sangat mendukung setiap kegiatan yang akan meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Padang. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SMAN 3 Padang, yang masuk dalam 10 sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka” ujar Marlim Komite SMAN 3 Padang.

 

 

Kepala SMAN 3 Padang Dra Ifna Sukmi M.Pd dalam sambutannya  mengharapkan agar semua guru mengikuti pelatihan dengan  maksimal.

 

In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh SMA Negeri 3 Padang merupakan kegiatan mandiri dalam rangka mengantisipasi perubahan kurikulum yang pada saatnya nanti akan diterapkan kepada peserta didik. Para guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum di lapangan tersebut perlu mendapat bimbingan teknis agar pelaksanaan kurikulum berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Tabungan Utsman Program Unggulan Kota Bukittinggi Sudah Dimanfaatkan 3275 Pelaku UMKM

 

“Kami harap bapak dan ibu guru semuanya bisa mengikuti acara IHT Implementasi Kurikulum Merdeka ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal, sehingga ilmu yang disampaikan oleh narasumber bisa dipahami dengan baik, sehingga pada saatnya nanti bisa diterapkan dengan baik pula,” ujar Buk Ifna Sukmi.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs Barlius dalam sambutannya mengatakan In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. IHT kali ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”.

 

Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.

Baca Juga :  Kopda Muhammad Asbi Sihotang Rawat, Bersihkan Tanaman Cabe di Sarilamak

 

“Sejatinya kurikulum memang setiap saat harus berubah  atau diganti. Hal ini dilakukan agar kurikulum dapat mengikuti perkembangan zaman di mana kemajuan teknologi begitu cepat, terutama perkembangan informasi teknologi, sehingga harus diantisipasi dengan adanya perubahan kurikulum tersebut,” jelas Barlius.

 

“Selamat buat SMAN 3 Padang yang sudah masuk dalam 10 sekolah penggerak tahun 2021. Hal ini tentu butuh dukungan dari seluruh majelis guru dilingkungan SMA 3″ ujar mantan Kadisdik Kota Padang ini.

 

Meski batas usia guru penggerak 50 tahun ujar Barlius, diharapkan kepada guru yang diatas 50 tahun tidak berkecil hati dan guru penggerak bisa menimba pengalaman dari guru-guru senior” ungkapnya

 

Acara pembukaan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak Sri Yulianti  MPD, Pengawas Fitridiah S.Pd. MM serta majelis guru SMAN 3 Padang

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Agama

Tiga Pabrik Karet Terbesar di Sumbar Tutup

Budaya

Sukseskan Ketahanan Pangan, Babinsa dan Dinas Perikanan Tabur Benih Ikan Gurameh Di Karangjati

Daerah

Polsek Sekupang gelar operasi Cipta Kondisi antisipasi Balap liar dan gangguan keamanan

Nasional

Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kecamatan Sampang

News

UIN Imam Bonjol Bentuk Tim Pencari Fakta Kekerasan Seksual Kampus

Agama

SERAP ASPIRASI MASYARAKAT Mardiansyah Ketua DPRD Padang Panjang lakukan Reses Catur Wulan 1

Hukum

Polresta Cilacap Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak

Agama

Polisi Bekuk Kawanan Copet yang Beraksi di PRK