Home / Berita

Friday, 11 November 2022 - 13:14 WIB

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Buka IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Padang

 

 

Padang, Sinyalnews,- SMA Negeri 3 Padang mengadakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka selama 2 hari  dalam rangka menyambut pergantian kurikulum baru. IHT dilaksanakan di ruang majelis guru mulai tanggal 11-12 November 2022, dan diikuti oleh semua guru SMA Negeri Padang. Adapun narasumber dalam IHT Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut adalah Irawati M.Pd dari Balai Guru Penggerak (BPG) dan Drs Cecep Trisnaldi dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat

 

Acara IHT hari pertama diawali dengan sambutan Komite SMA 3. Dalam sambutannya, komite sekolah sangat mendukung setiap kegiatan yang akan meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Padang. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi keluarga besar SMAN 3 Padang, yang masuk dalam 10 sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka” ujar Marlim Komite SMAN 3 Padang.

 

 

Kepala SMAN 3 Padang Dra Ifna Sukmi M.Pd dalam sambutannya  mengharapkan agar semua guru mengikuti pelatihan dengan  maksimal.

 

In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh SMA Negeri 3 Padang merupakan kegiatan mandiri dalam rangka mengantisipasi perubahan kurikulum yang pada saatnya nanti akan diterapkan kepada peserta didik. Para guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum di lapangan tersebut perlu mendapat bimbingan teknis agar pelaksanaan kurikulum berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Kejari Pasbar Gandeng Pramuka Canangkan Sako Adhyaksa Pasbar dan Bakti Sosial 

 

“Kami harap bapak dan ibu guru semuanya bisa mengikuti acara IHT Implementasi Kurikulum Merdeka ini dengan sungguh-sungguh dan maksimal, sehingga ilmu yang disampaikan oleh narasumber bisa dipahami dengan baik, sehingga pada saatnya nanti bisa diterapkan dengan baik pula,” ujar Buk Ifna Sukmi.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs Barlius dalam sambutannya mengatakan In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. IHT kali ini adalah Implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila “Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar”.

 

Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.

Baca Juga :  Gerakan Tanam Cabai dan Bawang merah di halaman koramil 07/Maos dalam rangka menghadapi inflasi

 

“Sejatinya kurikulum memang setiap saat harus berubah  atau diganti. Hal ini dilakukan agar kurikulum dapat mengikuti perkembangan zaman di mana kemajuan teknologi begitu cepat, terutama perkembangan informasi teknologi, sehingga harus diantisipasi dengan adanya perubahan kurikulum tersebut,” jelas Barlius.

 

“Selamat buat SMAN 3 Padang yang sudah masuk dalam 10 sekolah penggerak tahun 2021. Hal ini tentu butuh dukungan dari seluruh majelis guru dilingkungan SMA 3″ ujar mantan Kadisdik Kota Padang ini.

 

Meski batas usia guru penggerak 50 tahun ujar Barlius, diharapkan kepada guru yang diatas 50 tahun tidak berkecil hati dan guru penggerak bisa menimba pengalaman dari guru-guru senior” ungkapnya

 

Acara pembukaan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka dihadiri oleh Kepala Balai Guru Penggerak Sri Yulianti  MPD, Pengawas Fitridiah S.Pd. MM serta majelis guru SMAN 3 Padang

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Berita

Bimbingan Teknis Sukuk Daerah kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Berita

Yulia Rahmi siswi Kelas XI SMK Genus Bukittinggi Hilang Setelah Pamit ke Orangtuanya, Untuk Menghantarkan Paket

Berita

Menjelang Berbuka Puasa Kodim 0703 Cilacap Bagikan Takjil

Berita

Sinergitas Satgas Yonarmed 10/ Bradjamusti Patroli Gabungan Bersama Karantina Perikanan

Berita

Bersama Membangun Masa Depan: Polsek Bandar Fokuskan PSA pada Pendidikan dan Keselamatan Anak

Badan Negara

Bapak Bejad, Menggarap Anak Kandung Sendiri di WC Mesjid  

Berita

Kompolnas Awasi Langsung Pengamanan Pendaftaran Peserta Pemilu 2024 Hari Pertama 

Berita

Ratusan TNI-Polri Dikerahkan, Dukung Pengamanan Muktamar Sufi