Home / Daerah / Nasional / News / Peristiwa

Tuesday, 12 December 2023 - 12:08 WIB

Kakan Kemenag Kota Padang, Apresiasi Faizah Adriansyah Peraih Medali Perunggu di Ajang Internasional Junior Science Olimpiade IJSO Thailand 2023  

Padang, Sinyal news.com –Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi Apresiasi Faizah Adriansyah Raih Medali Perunggu Internasional Junior Science Olimpiad IJSO Thailand 2023

 

Setelah adu asah kemampuan mengikuti kompetisi di ajang The 20th International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 1 s.d 10 Desember 2023.

Kepala Kantor, sangat bangga karena salah satu dari enam siswa yang mewakili Indonesia di ajang talenta internasional tersebut, merupakan Faizah Adriansyah siswi MTsN 6 Kota Padang meraih medali perunggu pemenang ajang talenta Olimpiade Sains Nasional (OSN).

 

Yang telah mengikuti pembinaan dan seleksi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),

 

Kita sangat bangga dengan prestasi yang diraih peserta didik MTsN 6 Kota Padang di ajang IJSO, dimana tidak semua orang bisa berkopetensi diajang Internasional tersebut, puji Kepala Kantor.

 

“Alhamdulillah Faizah berikan prestasi yang terbaik itu, Pulang ke Tanah air membawa medali perunggu”, sambungnya.

 

Kepala Kantor, H. Edy Oktafiandi menyebutkan bahwa ini salah satu bukti siswa madrasah juga mampu bersaing tidak hanya di tingkat nasional tapi juga di tingkat internasional” ujarnya saat mendapat kabar tentang prestasi yang diraih delegasi Indonesia pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) di Thailand 2023, Sabtu (9/12) lalu.

Baca Juga :  Persaingan Pemilihan Duta Wisata Kota Pekalongan Semakin Ketat

 

Sebagaimana sama –sama kita ketahui bahwasanya pada ajang IJSO, Indonesia diwakili oleh Enam siswa terbaik bangsa yang telah melalui tiga tahap pembinaan dan seleksi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui Puspresnas.

 

Keenam siswa tersebut adalah, Faizah Adriansyah dari MTSN 6 Kota Padang, Danish Riziq Khairan Siregar dari SMP As Shofa Kota Pekanbaru, Matthew Tjandra dari SMP Kristen 6 Penabur Jakarta, Renault Tjandera dari SMP Santa Laurensia Kota Tangerang Selatan, Ahmad Kautsar Al Ramadhani dari MTSN 1 Kota Malang, dan Juan Howard Wijaya dari SMP Darma Yudha Kota Pekanbaru.

 

Lebih jauh, Edy mnjelaskan bahwa IJSO merupakan ajang tahunan bergengsi yang mewadahi kompetisi para pelajar SMP dalam bidang Fisika, Kimia, dan Biologi. Kompetisi ini terdiri dari tes tertulis, teoritis, dan praktik mengenai pengetahuan Fisika, Kimia, dan Biologi.

 

Tes tertulis terdiri dari multiple choice question (MCQ) dengan bobot nilai 30%. Peserta harus mengerjakan tes MCQ yang terdiri dari 30 soal pilihan berganda dengan 10 soal biologi, 10 soal fisika dan 10 soal kimia.

Baca Juga :  Hujan Deras Akibatkan Longsor di Kelurahan Air Manis Kota Padang

 

Kemudian, untuk tes teori merupakan tes berisikan soal cerita dan soal-soal esai yang membutuhkan pengerjaan singkat dan berkaitan dengan teori Biologi, Fisika, dan Kimia. Tes teori ini memiliki bobot 30% nilai. Terakhir, peserta juga harus melakukan tes eksperimen secara berkelompok.

 

“Eksperimen dalam hal ini berupa tiga jenis praktikum untuk mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi dengan waktu 3 sampai dengan 4 jam”, terang Edy.

 

Faizah Adriansyah, salah seorang siswa perwakilan Indonesia yang meraih medali perunggu dan kita dari Kementerian Agama Khususnya Kemeng Kota Padang sangat bangga bisa menorehkan prestasi untuk Indonesia di ajang IJSO ini, ungkap Kepala Kantor dengan rasa senang hati.

 

Teruslah belajar dan berlatih serta berkarya semua peserta didik Madrasah khususnya diKementerian Agama Kota Padang, untuk menuju kejayaan dan kesuksesan baik dibidang akademik maupun non Akademik, karena memang Madrasah Hebat, Mandiri dan Berprestasi, pesan Kepala Kantor menagkhiri.

HarisTJ

Share :

Baca Juga

Daerah

Lagi – lagi Satgas Mobile Raider 300/Siliwangi Kawal Pembagian Beras di Papua

News

Ustad Eka Jaya Akan Kukuhkan DPD PEJABAT Sumbar

Daerah

Masjid An Nur Gurun Laweh Nan XX Gelar Tabliq Akbar

Budaya

Hutan Pinus Milik Perhutani di Wilayah Bojong Pekalongan Terbakar, TNI-Polri dan Instansi Terkait Bersinergi Lakukan Pemadaman  

Finansial

Antisipasi Kekurangan Air Team Ketahanan Pangan Kodim 0736/Batang Perbaiki Aliran Irigasi Dan Buat Sumur Bor

Daerah

Kembali Terpilih Untuk Dua Periode

Bisnis

Sidak PT.Bakapindo Tim Gabungan, Temukan Izin Ganda Objek yang Sama

Daerah

Antusias Masyarakat Desa Ujungnegoro Di Hari Puncak Karnaval HUT RI Ke – 78