Bawaslu Sumbar Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Umum Tahun 2024

Padang, Sinyalnews.com,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prov Sumatera Barat mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu tahun 2024, bertempat di The ZHM Premier Hotel Padang, pada Sabtu, (11/2/23). Tahap persiapan pemilu 2024 telah memasuki tahap penting yaitu tahap pemuktahiran data pemilih dan penyusunan data pemilih. Hal tersebut menjadi perhatian penting bagi Bawaslu Sumbar untuk bisa berkolaborasi dengan semua stakeholder yang berkaitan dengan data pemilih tersebut.

Oleh sebab itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Alni, SH dalam Rapat Koordinasi mengatakan bahwa menghadapi tahapan ini sangat penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

Dari yang pernah kita lakukan dalam Bawaslu, besar sekali peran stakeholder terkait dalam tahapan pemutakhiran data pemilih ini. Banyak sekali masukan yang disampaikan kepada kami dan itu sangat bermanfaat dalam pengawasan yang dilakukan terhadap proses tahapan pemilu,” ujar Alni.

Baca Juga :  Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Beri Bantuan Penerangan Untuk Warga Gome Papua

Dilanjutkan Alni, rakor ini digelar dengan tujuan agar pelaksanaan Pemilu betul-betul sesuai aturan hukum, sehingga tercipta pemilu yang berkeadilan dengan hasil yang sempurna dan kondusif. Mengingat pemutakhiran data pemilih ini merupakan tahapan yang sangat penting untuk menghindari sengketa dalam pemilu.

Sengketa memang sering terjadi di tahapan akhir Pemilu, namun pemicunya sering disebabhkan dari proses awalnya, khususnya terkait data pemilih. Selain itu juga agar tersalurkannya hak konstitusi warga negara. Karena itu Bawaslu mengajak semu stakeholder terkait unruk betul-betul mengawal pemutakhiran data pemilih ini guna menjamin hak warga negara untuk mendapatkan hak konstitusinya dalam pemilu,” ucap Ahli dalam acara yang juga dihadiri Koordinator Divisi (Kordiv), Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubmas) Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi, S.Kom, Kordiv Hukum, Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Nurhaida Yetti, SH dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin, SH.dan sejumlah staf sekretariat Bawaslu Sumbar.

Baca Juga :  Polresta Bukittinggi Buru Pelaku Curas Di Bukittinggi 

Sebelumnya, Karnalis Kamaruddin dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pengawasan terhadap pengamanan daftar pemilih sementara dan daftar pemain tetap. Karena itu, Bawaslu Sumbar melakukan indentifikasi kerawanan Pemilu khususnya terkait pengawasan dalam pemutakhiran data pemilih.

“Rakor ini dalam upaya memperkuat koordinasi Bawaslu Sumbar dengan Bawaslu Kabupaten Kota serta stakeholder lainnya. Meningkatkan pengetahuan serta mewujudkan kesamaan pandangan khususnya dalam pemutakhiran data pemilih,” ungkap Karnalis.

Rakor juga dihadiri Sekretariat KPU Sumbar, Dit Intelkam Polda Sumbar, Korem 032/Wirabraja, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Syahrir, sejumlah OPD terkait di Pemprov Sumbar.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Agama

Pembagian Bansos Beras, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Lakukan pengamanan  

Agama

Ada 3 Raperda Yang Disahkan

News

Patroli Polsek Kesesi Amankan Belasan Petasan Siap Ledak

Budaya

Buka Raker Tahun 2023 Kemenag Kota Padang, Kakanwil Sampaikan Rekomendasi Rakernas

Daerah

Sekjen Satrio : SatuPena Sumbar Sudah Dijalur yang Benar, Banyak Kegiatan

Agama

Ikatan Keluarga Suku Sikumbang Bersatu Resmi Dikukuhkan di Riau, Ini Pesan Ketum IKSSB

Agama

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup di Tolak Keras Demokrat, AHY: Jangan Sampai Hak Rakyat Dirampas

Agama

Anggaran Naik Menjadi 1,4 T . Kapolda Minta Kasatker Susun Rencana Anggaran Dengan Baik