Panghulu Suku Guci Pauh IX Padang : Bangun Kesinergiaan Antara KAN dan Pemerintah Kecamatan

Padang, Sinyalnews.com-Panghulu Suku Guci Pauh IX , Musdafirman.S.Si Datuk Rajo Diguci bersama Ninik Mamak KAN Pauh IX menyambangi Camat Kecamatan Kuranji, sebagai kunjungi silaturahmi pada Selasa 7 Februari 2023.

Kunjungan silaturahmi ini di ikuti oleh Ketua KAN Pauh IX, Suardi Datuk Rajo Bujang beserta bendahara Muzalief Toben Datuk Rajo Lelo beserta tokoh masyarakat Pauh IX , Darman Malin Taman Cayo dan Tokoh Salayo, Andes Marori Datuk Rajo Intan. Ikut juga hadir Ketua LKAAM Padang terpilih periode 2019- 2025 Suardi Z Rajo Basa.

Pada pertemuan ini Musdafirman S.Si Datuk Rajo Diguci, panghulu suku Guci merangkap Sekretaris KAN Pauh IX periode 2021- 2026 menyatakan perlunya di bangun Kesinergian antara KAN dan Camat selaku pemimpin pemerintahan tingkat kecamatan. “Dengan adanya kerjasama yang baik, maka pembangunan di kecamatan Kuranji bisa berjalan baik” tegasnya lagi.

Dalam pertemuan ini Suardi Dt.Rajo Bujang, Ketua KAN Pauh IX, juga menyinggung persoalan adanya organisasi berbau adat yang “dibuat baru” dalam nagari yang menamakan, salah satunya organisasinya Mande Rubiah.

Baca Juga :  Yayasan Mubaligh Profesional Sumbar Safari Dakwah ke Masjid Baitul Ihsan Korong Gadang

 

“Setahu saya, Mande Rubiah adalah tokoh spritual di daerah Lunang. Sedangkan jika di Pauh IX sendiri sebutan Mande Rubiah biasanya untuk Kepala dapur, jika ada acara baralek. Kalau itu dibuat tentu mereka tidak berpakaian layaknya Bundo kanduang.Dalam hal ini hendaknya Camat bisa bertindak lebih bijak dalam Nagari ” tegas Ketua KAN merangkapa Panghulu Suku Caniago tersebut.

Sedangkan Suardi Z Rajo Basa Ketua LKAAM kota Padang terpilih memberikan informasi, bahwa LKAAM kecamatan sekota Padang saat ini termasuk LKAAM kota Padang sendiri saat ini sedang mati suri.

 

“Saat ini masih sedang di bicarakan kelanjutan organisasi ini. Bagaimana akhirnya nanti, kita sama-sama menunggu saja. Yang jelas secara legal, LKAAM sekota Padang saat ini masih belum jelas.” tegas Mantan Sekretaris LKAAM Kota Padang periode 2014- 2019 tersebut.

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi Polisi Wanita ke 75, Polwan Polres Pekalongan Gelar Upacara Tabur Bunga

Sementara itu Yandra Pe.Msi selaku Camat kecamatan Kuranji, menyatakan menyambut baik kunjungan silaturahmi Panghulu Suku Guci, Musdafirman Dt.Rajo Diguci dan seluruh Pengurus KAN Pauh IX tersebut.

“semoga kedepan hubungan harmonis antara KAN dan Pemerintah Kecamatan dapat berjalan lebih baik. Jika perlu kita bisa membuat pertemuan berkala sekali sebulan atau setiap tiga bulan.” Tegas Yandra.

Pada pertemuan ini Musdafirman S.Si Datuk Rajo DiGuci selaku Panghulu Suku Guci, juga sempat menjelaskan hubungan baik antara Pauh IX dan Salayo.

“Saya adalah sapih balahan Rajo Putih yang turun dari Salayo kampungnya pak Yandra. Makanya Panghulu-Panghulu dari Salayo ikut hadir dalam Palewaan saya selaku panghulu,” jelas beliau.

Dalam pertemuan tersebut dibahas juga berbagai kendala serta solusi solusi yang perlu untuk kemajuan pembangunan di kecamatan Kuranji.

 

Muslim

Share :

Baca Juga

Daerah

Dua Kapal Pengangkut BBM Terdampar di belakang Masjid Al Hakim Pantai Padang Sumatera Barat

Daerah

Bakti Kesehatan Akabri 91, Lapangan Rampal Malang Disulap Jadi Rumah Sakit

Budaya

Jias Mengki Satu-satunya Dari Sumbar Yang Lulus Beasiswa S3 Program LPDP

Agama

Jutaan Jamaah Haji Menumpahkan Air Mata Saat Wukuf di Padang Arafah

Agama

Danramil 07/Maos Hadiri Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Gerakan Pemuda Ansor  

Agama

Lagi Kejagung Periksa Saksi Dugaan Korupsi Pengadaan Tower Transmisi PT PLN (Persero) tahun 2016.

Nasional

Satgas Jalasesya 2023 Taruna AAL Angkatan Ke – 71 Tiba Di Banyuwangi

Daerah

Siti Azmira Dea Nova Butuh Penanganan Rumah Sakit, Semoga Bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dan Jajarannya Bisa Memberikan Respon Cepat