Home / News

Tuesday, 7 February 2023 - 08:29 WIB

Ikuti Rakernas 2023 Kepala Kemenag Kota Padang dan Jajaran melalui Zoom Meeting Siap Jalankan Intruksi Menag

Padang, Sinyalnews.com  — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi  didampingi Kepala Subbag Tata Usaha,  Zulfahmi  beserta Segenap Unsur Kepala Seksi diantaranya, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Aidil Khurdiansyah, Kepala Seksi  Pendidikan Madrasah Farhan Furqani, Kepala Seksi Pendidikan Pondok dan Pesantren Dian Khairaty.

 

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah H. Hendri Yazid, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Aris Junaidi,  Penyelenggaraan Zakat dan Wakaf Rinaldi Putra beserta Jft Perencana / Keuangan/ Kepegawaian pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang.

 

Mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI Tahun 2023 secara Virtual (Zoom Meeting) , dibuka langsung Menteri Agama RI , H. Yaqut Cholil Qaumas bertemakan : “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. bertempat di Aula Lt.2 Kantor Kemenag tersebut, Sabtu 4 Februari 2023.

 

Kegiatan tersebut, diikuti juga  oleh Kepala Madrasah dari Tingkat MI hingga MA dan Kepala KUA Se-Kota Padang , Rakernas akan digelar selama dua hari Sabtu -Minggu 4-5 Februari 2023.

 

Kepala Kantor, menuturkan bahwa Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama Tahun 2023 di Buka Langsung Oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas  dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat” yang secara luring berlangsung di Platinum Hotel Tunjungan Surabaya.

Baca Juga :  Reses Masa Sidang II 2023, Gustami Hidayat Anggota DPRD Sumbar Serap Aspirasi Rakyat  

 

Dihadiri oleh para pejabat eselon I, eseleon II pusat, para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provins se Indonesiai.

 

Sementara secara daring melalui Zoom Meeting diikuti oleh para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota, Kepala Balai Diklat dan Litbang, Kepala UPT Asrama Haji, Kepala Madrasah Negeri dan para Kepala KUA Kecamatan se-Indonesia, Jelas H. Edy.

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nizar Ali Dalam sambutannya mengatakan “Ucapan terima kasih yang tak terhingga atas bimbingan dan arahan langsung kepada Menteri Agama RI,  sejak persiapan sampai pelaksanaan pada hari ini.

 

“Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Rakernas Tahun 2023 yang telah hadir baik secara Luring maupun Daring, sesuai jadwal yang telah ditentukan. Rakernas kali ini kita mengambil Tema “Kerukunan umat untuk Indonesia Hebat”.

 

Hal ini bertujuan untuk menitik beratkan tugas dan fungsi Kementerian Agama yang sudah menjadi komitmen Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yakninya kebersamaan umat dan kerukunan bangsa dapat tercapai.

 

Kerukunan antar umat beragama merupakan modal untuk membangun negara dan mernjaga keutuhan bangsa, Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan keagamaan secara konsektual di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  Tuanku Joni Martiyus Pesidium MW KAHMI Jabar : Tak Ada Kericuhan di Munas KAHMI Palu

 

Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI menegaskan kepada seluruh jajarannya untuk meninggalkan praktek-praktek korupsi. Saya tidak mau Kementerian Agama, kementerian yang menyandang nama agama sebagai nama institusi, terlibat dalam masalah-masalah korupsi.

 

Tidak boleh ada fraud dalam pengadaan barang dan jasa, Kepada pimpinan satker agar membuat surat edaran larangan praktik korupsi di lingkungan kerja maupun Lembaga Pendidikan, tegas Menag.

Menteri Agama juga mencanangkan tahun 2023 ini sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama, mengingat pada tahun 2023 ini merupakan tahun politik yang berpotensi terjadinya friksi-friksi pada masyarakat, sehingga kerukunan umat beragama merupakan sebuah keharusan.

 

Diharapkan kepada seluruh jajaran Kemenag agar dapat memberikan respon yang cepat,tepat, tatas semua isu dan masalah keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat. Respon cepat kita sangat penting, selain dapat menenangkan public, juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat, ungkapanya.

 

Sesuai dengan Intruksi yang dipaparkan Menteri Agama RI, Kemenag Kota Padang beserta jajaran Siap jalankan apa yang telah ditegaskan Orang Nomor Satu Di Kementerin  Agama Republik Indonesia tersebut. (HarisTJ)

 

Share :

Baca Juga

News

Pangdam dan Kapolda Jamin Keamanan Lebaran, Even internasional Hingga Tahapan Pemilu 2023 di Jawa Tengah

Agama

Gelar Arisan Bulanan, Sarana Pererat Tali Silaturahmi.

Hukum

Miris”, Satu Siswa SMK Alami Luka Bacok Akibat Tawuran

Agama

Heboh, BPK Temukan Kelebihan Bayar Sebesar 1,2 Miliyar di Dinas BMCKTR

Budaya

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0736/Batang Resmi Dibuka Oleh Pejabat Bupati

Agama

Satu Keluarga Keracunan Makanan, Korban Dilarikan ke RSUD Dr Soedirman Kebumen

Budaya

Carut Marut Penerima BLT di Kecamatan Bungus Diduga Camat Bungus Tahu dan Menutupinya

Agama

Gubernur Mahyeldi Buka Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup Tahun 2023