Home / News

Tuesday, 31 January 2023 - 15:03 WIB

Sekda Agam: IMLF Dapat Mendorong Peningkatan Literasi dan Berikan Manfaat Positif Pada Masyarakat

Agam, Sinyalnews.com,- Pemerintah Daerah Kabupaten Agam siap menyukseskan dan mendukung  iven International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang akan diselenggarakan tanggal 22- 27 Februari 2023  dipusatkan di Baso Kabupaten Agam.

 

IMLF yang dihadiri  delegasi dari belasan negara dan dari berbagai provinsi di Indonesia diharapkan  dapat mempromosikan  Kabupaten Agam nantinya. Hal tersebut, terungkap pada rapat koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dengan Panitia IMLF, di aula rapat Sekda Agam Kantor Bupati Agam.

 

Menurut Sekda Agam, Edi Busti, kegiatan IMLF yang dilaksanakan DPD Satupena Sumbar bekerja sama dengan Yayasan Sumbar Talenta diharapkan bisa mendorong peningkatan literasi.

 

“Terutama peningkatan literasi di kalangan pelajar, guru maupun masyarakat umum yang ikut dalam kegiatan IMLF tersebut,” kata Edi Busti, Selasa (31/1).

Baca Juga :  Kemenag Kota Padang Hantar Tugas H. Ramli Sebagai Plt. Kepala MTsN 4 Kota Padang

 

Dikatakan Edi Busti, OPD terkait dipersilakan memberikan dukungan sesuai dengan kewenangannya. Mudah-mudahan kegiatan IMLF memberikan manfaat positif kepada masyarakat di Kabupaten Agam khususnya.

 

Ketua DPD Satupena Sumatera Barat Sastri Bakry yang juga Ketua Panitia IMLF mengatakan ,  IMLF  resmi dibuka   22 Februari 2023 di  Padang.

 

Selanjutnya delegasi IMLF  yang sudah tercatat lebih dari 10 negara tersebut akan dibawa wisata literasi ke Padang Panjang, Bukittinggi dan Baso, Agam. Ada lebih 200 orang terlibat iven besar ini.

 

“Beberapa kegiatan telah dipersiapkan oleh panitia seperti seminar dengan tema Membangun Sinergi Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosio Kultural di Era Globalisasi, diskusi panel dengan berbagai topik, workshops menulis, literasi usia dini, pameran buku, bazar kuliner, pameran ekonomi kreatif, pameran lukisan, pertunjukan seni tradisi dan kontemporer serta tampilan masing-masing negara , Provinsi di Indonesia termasuk  seniman dan sastrawan Sumbar,”ujarnya.

Baca Juga :  Patroli Dialogis, Wujudkan Polres Pekalongan Hadir di Tengah Warganya  

 

Disebutkannya, kgiatan selama IMLF ada yang berbayar, ada pula yang gratis untuk mengikutinya. Karena itu, panitia menghimbau kepada masyarakat yang peduli dan ingin lebih mendalami literasi bisa mengikuti kegiatan IMLF. Apalagi pesertanya ada yang dari luar negeri seperti dari Australia, Malaysia, Brunei, Rusia, India, Bangladesh dan sebagainya.

 

Share :

Baca Juga

Agama

H.Abdul Aziz Ketua BKMT Sumbar (Calon DPD RI 2024) Silaturahmi dengan ketua DARAM Da’i Rantau Minang di Jakarta

Nasional

LSM TRINUSA Jawa Tengah Dibubarkan

Daerah

Babinsa Koramil 07/ Maos Hadiri Rakor Persiapan Logistik Pemilu 2024 Dibalai Deda Klapagada Maos

Daerah

Tasyakuran Hari Jadi Ke 75 Polisi Wanita Polres Pekalongan, Digelar Secara Sederhana  

Agama

Penampilan Pantomin yang Memukau dari Siswa-siswa MIN 4 Kota Padang Saat Pembukaan KSM Provinsi Sumatera Barat

Daerah

SSDM Polri Gelar Bakti Sosial, Bakti Kesehatan, Tanam Pohon dan Akan Bangun Sekolah SMA Taruna Bhayangkara di Gunung Sindur, Bogor

Agama

Kepala Bakamla RI Tinjau Lahan di IKN Nusantara

Daerah

Peringati HUT Korpri ke-52, Polres Pekalongan Gelar Tasyakuran Secara Sederhana