Home / News

Tuesday, 31 January 2023 - 15:03 WIB

Sekda Agam: IMLF Dapat Mendorong Peningkatan Literasi dan Berikan Manfaat Positif Pada Masyarakat

Agam, Sinyalnews.com,- Pemerintah Daerah Kabupaten Agam siap menyukseskan dan mendukung  iven International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang akan diselenggarakan tanggal 22- 27 Februari 2023  dipusatkan di Baso Kabupaten Agam.

 

IMLF yang dihadiri  delegasi dari belasan negara dan dari berbagai provinsi di Indonesia diharapkan  dapat mempromosikan  Kabupaten Agam nantinya. Hal tersebut, terungkap pada rapat koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dengan Panitia IMLF, di aula rapat Sekda Agam Kantor Bupati Agam.

 

Menurut Sekda Agam, Edi Busti, kegiatan IMLF yang dilaksanakan DPD Satupena Sumbar bekerja sama dengan Yayasan Sumbar Talenta diharapkan bisa mendorong peningkatan literasi.

 

“Terutama peningkatan literasi di kalangan pelajar, guru maupun masyarakat umum yang ikut dalam kegiatan IMLF tersebut,” kata Edi Busti, Selasa (31/1).

Baca Juga :  Kepala Disperindag Buka Rapat Koordinasi,BPSK Pada Kab/Kota Prov Sumbar  

 

Dikatakan Edi Busti, OPD terkait dipersilakan memberikan dukungan sesuai dengan kewenangannya. Mudah-mudahan kegiatan IMLF memberikan manfaat positif kepada masyarakat di Kabupaten Agam khususnya.

 

Ketua DPD Satupena Sumatera Barat Sastri Bakry yang juga Ketua Panitia IMLF mengatakan ,  IMLF  resmi dibuka   22 Februari 2023 di  Padang.

 

Selanjutnya delegasi IMLF  yang sudah tercatat lebih dari 10 negara tersebut akan dibawa wisata literasi ke Padang Panjang, Bukittinggi dan Baso, Agam. Ada lebih 200 orang terlibat iven besar ini.

 

“Beberapa kegiatan telah dipersiapkan oleh panitia seperti seminar dengan tema Membangun Sinergi Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosio Kultural di Era Globalisasi, diskusi panel dengan berbagai topik, workshops menulis, literasi usia dini, pameran buku, bazar kuliner, pameran ekonomi kreatif, pameran lukisan, pertunjukan seni tradisi dan kontemporer serta tampilan masing-masing negara , Provinsi di Indonesia termasuk  seniman dan sastrawan Sumbar,”ujarnya.

Baca Juga :  Agar Tampak Rapi Dan Indah, Sertu Tangkas Ajak Warga Kerja Bakti Bersihkan Taman Yang Berada Di Pinggir Jalan Poros

 

Disebutkannya, kgiatan selama IMLF ada yang berbayar, ada pula yang gratis untuk mengikutinya. Karena itu, panitia menghimbau kepada masyarakat yang peduli dan ingin lebih mendalami literasi bisa mengikuti kegiatan IMLF. Apalagi pesertanya ada yang dari luar negeri seperti dari Australia, Malaysia, Brunei, Rusia, India, Bangladesh dan sebagainya.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Gubernur Mahyeldi : Saya Tak Pernah Nyatakan Kesiapan Menampung Pengungsi Rohingya, dan akan Bertindak Sesuai Arahan Pusat

Daerah

Malam Hiburan Dan Penyerahan Hadiah Lomba Dalam Peringatan HUT RI Ke78 Desa Karangjati

Bisnis

Panglima TNI Tinjau Proyek Food Estate dan Pompanisasi di Papua Selatan

Daerah

Sosialisasi Dan Deklarasi Anti Bullying, Anti Kekerasan Bertempat Halaman Sekolah 

Agama

HBT Bekerjasama Dengan PMI, WHBT dan SMS Buka Dapur Umum Bantu Korban Banjir Padang.

Budaya

Gustami Hidayat Gelar Sosialisasi Perda Nomor 7 Tahun

Daerah

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Mudik Lebaran/Idul Fitri 1445 H/2024

Budaya

Pasang Spanduk dan Sebarkan Pamflet Operasi Patuh Candi 2023, Polres Pekalongan Edukasi Tertib Berlalu Lintas