Home / Berita

Tuesday, 31 January 2023 - 21:33 WIB

Jaga Kelestarian Alam, Posko Green Earth Team Kodim 0703 Cilacap Diresmikan

Cilacap,Sinyalnews – Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P,.M.I.P mendampingi Forkopimda Kabupaten Cilacap meresmikan Posko Green Earth Team Kodim 0703 Cilacap yang berlokasi di Jalan Tancang 1, Dusun Cigimbal, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Selasa (31/01/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan, Danlanal Cilacap Kolonel (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P,. M.I.P, Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Sekda Cilacap Drs. M.Wijaya, M.M, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Saeroji beserta para Perwira Kodim.

 

Turut hadir, Kapolsek Cilacap Utara AKP Tusiran, S.H, Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa, Kalapas Cilacap Wisnu Hani Putranto, Amd IP., SH,.M.Si, Kadis DLH Ibu Sri Murniati, ST., M.Si, Manager Comrel dan CSR PT.KPI RU IV Cilacap Cecep, General Manager Unit III A PT. S2P Cilacap Agus Gunanto, Camat Cilacap Utara Sunarti, S.Stp.,M.M, Lurah Tritih Kulon Henni Setiarto,S.Sos.,M.M, para Perwakilan BUMN dan BUMD Kab.Cilacap, penggiat lingkungan, mahasiswa dan pelajar setempat.

 

Peresmian Posko Green Earth Team Kodim 0703 Cilacap ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten III Sekda Cilacap Drs. M. Wijaya, M.M didampingi unsur Forkopimda Cilacap dilanjutkan penanaman pohon di sekitar area Cigimbal, penyerahan bibit mangrove secara simbolis oleh CSR Pertamina RU IV yang diterima oleh Pasiter Kodim 0703 Cilacap Kapten Inf Saidin dan peninjauan rute patroli Tim Green Earth di wilayah perairan Cilacap Utara.

 

Dalam sambutan PJ. Bupati Cilacap yang dibacakan Asisten III Sekda Cilacap Drs. M.Wijaya, M.M mengucapkan selamat kepada segenap Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap khususnya Green Earth Team yang kini telah memiliki posko dalam menjalankan tugas menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup di Kabupaten Cilacap dan apresiasi atas kepedulian Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap yang terus berupaya menjaga dan melestarikan ekosistem mangrove di Kabupaten Cilacap.

Baca Juga :  Sutiah Nenek Yang Hilang di Perkebunan Berhasil di Temukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

 

Menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Cilacap tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Pemerintah semata, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerja sama semua pihak, betapapun kerasnya upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam hal pelestarian lingkungan, tidak akan berhasil secara maksimal apabila tidak didukung oleh kesadaran dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan.

 

“Saya ucapkan terima kasih serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap yang telah berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup di Kabupaten Cilacap, salah satunya yakni dengan membentuk Green Earth Team Kodim 0703/Cilacap atau Tim Bumi Hijau Kodim 0703/Cilacap yang telah di launching pada Maret tahun lalu,” ucapnya.

 

Green Earth Team dibentuk bertujuan untuk menjaga dan melestarikan alam serta ekosistem di Pulau Nusakambangan, Pesisir Pantai di Cilacap, dan seluruh Kabupaten Cilacap, dengan  dibentuknya Green Earth Team ini memiliki tujuan mulia yang sudah seharusnya kita dukung. Sebab manfaat dari dibentuknya Tim Bumi Hijau ini nantinya dapat kita rasakan bersama dalam mewujudkan Kabupaten Cilacap yang semakin hijau dan asri.

 

“Dengan diresmikannya posko Green Earth Team Kodim 0703/Cilacap diharapkan dapat semakin memperlancar tugas tim ke depan, sudah seharusnya apabila posko Green Earth Team Kodim 0703/Cilacap nantinya dapat terus dimanfaatkan dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Berikan Bekal Jelang Liburan, Sekolah Gandeng Polres Pekalongan Kota berikan Pembekalan

 

Sementara itu, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada panitia kegiatan peresmian posko Green Earth Team, semoga adanya posko ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

 

Selain itu Green Earth Team bertujuan mengajak masyarakat untuk sadar lingkungan dan menghijaukan bumi kembali, yang dikemas dengan kegiatan yaitu penanaman endemik dan mangrove di wilayah Cigimbal, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap serta bertujuan melestarikan lingkungan untuk generasi di masa mendatang.

 

“Selain itu kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat, semoga dengan kegiatan ini bermanfaat serta dapat membentuk wisata lestari yang diminati oleh masyarakat bahwa menjaga lingkungan merupakan kewajiban kita bersama,” harapnya.

 

Kegiatan ini merupakan momentum kita untuk meningkatkan kepedulian dalam memperbaiki kondisi alam, kita tidak bisa mengembalikan waktu, tetapi kita dapat melakukan berbagai aktivitas positif untuk menjaga dan merawat lingkungan, memperbanyak penanaman pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, membuat biopori untuk menjaga keseimbangan ekosistem, serta aktivitas positif lainnya dalam menjaga alam yang kita tinggali sekarang akan menjadi rumah bagi anak dan cucu kita itulah sebabnya, mengapa kita menjaga harus generasi lingkungan hidup, sehingga selanjutnya dapat hidup dilingkungan yang lebih bersih, aman, dan hijau.

 

“Saya ucapkan terimakasih kepada  kepada masyarakat Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara anda adalah orang orang hebat, anda menerima dengan lapang dada, anda menerima dengan rendah hati bahwa kita sama sama menjaga konservasi alam di wilayah Kabupaten Cilacap,”tandasnya.

 

Share :

Baca Juga

Berita

Wagub Audy Joinaldi Sambut Kedatangan Peserta Latsitardanus XLIII/2023

Berita

Polres dan Komunitas Trail Batang Gelar Bakti Sosial dan Penghijauan

Berita

Disperindag Minta Kemenperin Pertegas Kewenangan Provinsi

Badan Negara

3 Terduga Kasus Korupsi Rehabilitasi Panjat Tebing ” Sempat Mangkir ,Akhirnya SW DiTahan Kejari Padang Panjang

Badan Negara

Amperiyenti Jaya, S.Pd Kembali dipercaya Sebagai Ketua MKKS SLB Cabdin Wilayah 3 Solok Raya.

Berita

Hari Lanjut Usia Nasional: Sejarah, Makna dan Masa

Berita

Babinsa Koramil 07/ Maos Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa Bulan ke 12 Desember Tahun 2023

Daerah

Sejumlah Anggota Kodim 1710/Mimika Menerima Kenaikan Pangkat Pada Periode April 2024