Home / News / Peristiwa

Tuesday, 24 January 2023 - 07:08 WIB

Air Setinggi Dada Orang Dewasa Melanda SMA Negeri 1 Batang Anai

Padang Pariaman, Sinyalnews.com,- Hampir seluruh kab/kota di Sumatera Barat diguyur hujan lebat Senen kemaren. Tak terkecuali wilayah kabupaten Padang Pariaman. Sejumlah kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dilanda  banjir, longsor, hingga pohon tumbang akibat hujan lebat yang menerpa daerah itu.

“Berdasarkan data yang masuk hingga pukul 18.40 WIB ada sejumlah bencana alam menerpa Padang Pariaman pada hari ini. Kami masih melakukan pendataan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya,

 

Ia mengatakan bencana tersebut terjadi karena curah hujan yang tinggi mengguyur sebagian besar wilayah Padang Pariaman.

 

Akibatnya debet air di beberapa aliran sungai di Padang Pariaman naik sehingga terjadi banjir dan tanah longsor di sejumlah lokasi di daerah itu.

Baca Juga :  Perantau Minang Ikut Menjadi Korban Gempa Cianjur

 

Ia merincikan adapun lokasi bencana tersebut yaitu banjir di terjadi Korong Tanah Taban, Nagari Pasie Laweh Lubuak, Kecamatan Lubuak Aluang.

 

Banjir dengan kedalaman sekitar 200 centimeter tersebut merendam sejumlah rumah sehingga warga saat ini terjebak banjir.

 

Selanjutnya tanah longsor menimbun badan jalan di Korong Balah Aie, Nagari Anduriang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam.

 

Selain itu longsor juga terjadi di Korong Rimbo Kalam, Nagari Anduriang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam. Material longsor tersebut menimbun sebuah rumah warga.

 

“Korban jiwa yaitu penghuni rumah lima orang. Yang keluar (ditemukan) baru empat orang. Satu orang belum diketahui. Wali korong masih mencari data terbaru,” katanya.

Baca Juga :  Tampil Hebat Dan Terkesima Sebagai Komandan Upacara HAB: Rinaldi Putra Diapresiasi Walikota Padang

 

Selain banjir dan longsor, lanjutnya pohon tumbang juga terjadi di Padang Pariaman yaitu di Korong Pasa Limpato, Nagari Limpato Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto. Pohon tumbang tersebut menimpa satu unit rumah warga di daerah itu.

 

Sementara SMA Negeri 1 Batang Anai tidak luput dari terjangan banjir. Sampai pukul 1.30 pagi ini, kedalaman air di dalam ruangan sedada orang dewasa. Pihak Dinas Pendidikan Sumbar sudah mendapat laporan dari pihak sekolah tentang banjir yang menerjang SMA N 1 Batang Anai tersebut. Kepsek diminta untuk menghitung kerugian, nanti akan diajukan nota ke pemprov utk BTT, dilampiri SK Status darurat dari pemkab Pdg Pariaman

 

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Agama

17 Maret Seleksi Kompetensi PPPK di Mulai, Berikut Jadwalnya

Hukum

Ketua Peradi Padang Miko Kamal, Polisi Harus Usut Tuntas Tindakan Persekusi terhadap 2 Pemandu Karaoke

Budaya

PKBM WIDYA BHAYANGKARA Maos Adakan Kontes Balita Ceria dan Wasana Warsa Paud Bintang Widya

Nasional

Gubernur Mahyeldi Tampil Sebagai Keynote Speaker Pada Seminar Internasional Global Halal Opportunity And Challenger

News

Bati TUUD Koramil Koramil 07/ Maos Hadiri Pertemuan Lintas Sektoral

Budaya

Sukses Laksanakan Diklat Angkatan 8 Guru Penggerak, Balai Guru Penggerak Bersama Disdik Pasbar Dan Disdik Sumbar Laksanakan Panen Hasil Belajar

Budaya

Danramil 07/ Maos Hadiri Kegiatan Penilaian Kampung KB Desa Sidasari Sampang   

Daerah

Polda Jateng Siapkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Kekeringan di Musim Kemarau