Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Bagikan Bibit Ikan dan Tanaman

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Bagikan Bibit Ikan dan Tanaman

Padang, Sinyalnews.com,-Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang mulai membagikan bibit ikan dan tanaman kepada masyarakat. Pembagian bibit ikan dan tanaman ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan Kota Padang di tahun 2023, agar kelangsungan pangan masyarakat bisa tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPP Kota Padang Guswardi kepada Sinyalnews.com di ruang kerjanya, Jumat (20/1/2023).

Ia menjelaskan, untuk menjaga ketahanan pangan, pihaknya selalu melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok secara rutin. Sehingga setiap hari selalu ada laporan masuk dari Timnya yang turun ke lapangan.

“Pastinya setiap hari kami cek harga kebutuhan pokok, seperti cabai, beras, telur dan lainnya. Apakah harganya mahal atau terjangkau oleh masyarakat. Sehingga ketika terjadi kenaikan harga ataupun kelangkaan kebutuhan pokok di pasaran, kami akan langsung mengetahui dan bergerak mengatasinya” jelasnya.

Baca Juga :  Roni Ketua LSM API DPD Sumbar Mempertanyakan Kinerja Satpol PP Kota Padang Apakah "Penegak Perda Melanggar Perda"!!

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya kebutuhan pokok yang mengalami kelangkaan ataupun kenaikan harga yang berlebihan. Adapun saat ini kebutuhan pokok harganya sedikit mengalami kenaikan yaitu beras Solok, namun disisi lain masih ada beras Bulog yang berada diharga yang mudah dijangkau masyarakat.

Untuk harga cabaipun sekarang juga stabil, artinya selain beras Solok yang lumayan naik, selebihnya dalam kondisi normal dan tidak langka. Ketersediaan beras Bulog pun cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin membeli” paparnya.

Kehadiran beras Bulog saat ini yang ada sekitar 50 ribu ton tidak akan membuat masyarakat merasa kekurangan atas kebutuhan terhadap beras. Namun jika memang lebih suka beras lainpun, ia menyebutkan juga tidak ada kelangkaan. Masyarakat bebas ingin mengkomsumsi beras yang manapun.

Baca Juga :  Letakkan Batu Pertama Pembangunan SMPN 47, Wako Hendri Septa Berterima Kasih Kepada KSM Piai Tanah Sirah

Lebih lanjut Guswardi juga menyampaikan bahwa setiap tahunnya pihaknya selalu menyisihkan anggaran untuk penyaluran bibit-bibit kepada masyarakat. Adapun bibit-bibit yang dimaksud yaitu bibit buah dan juga sayuran, serta bibit cabai.

Katanya, di tahun 2022 kemaren, pihaknya menggunakan anggaran sebanyak Rp 100 juta lebih khusus untuk penyaluran bibit-bibit tersebut. Kemudian untuk tahun 2023 ini pun tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Program penyaluran bibit tersebut tentunya bertujuan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Padang

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Nasional

Gubernur Sumbar melepas Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif 133/YS di Mako Yonif 133/Yudha Sakti

Daerah

Terus Jaga Hubungan Baik, Babinsa Koramil 07/ Maos Laksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

Agama

Gunung Kerinci Erupsi. Masyarakat di Minta Waspada

Hukum

Kejaksaan Agung Selesaikan 1.454 Kasus dengan Restorative Justice Sepanjang 2022

Daerah

Menhan Prabowo Hadiri Pelantikan KSAD Baru, di Istana Negara Rabu, 29 November 2023

Daerah

Tokoh Muhammadya Riau Dr Hendri SAYUTI sampaikan Pesan Pemilu damai

Budaya

*Temui Perantau Minang Kota Palu, Gubernur Mahyeldi Bicara Tentang Muruah Sumbar*

Ekonomi

Genjot Pembayaran Digital, BI Sumbar Gelar Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital