Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Bagikan Bibit Ikan dan Tanaman

Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Bagikan Bibit Ikan dan Tanaman

Padang, Sinyalnews.com,-Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang mulai membagikan bibit ikan dan tanaman kepada masyarakat. Pembagian bibit ikan dan tanaman ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan Kota Padang di tahun 2023, agar kelangsungan pangan masyarakat bisa tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPP Kota Padang Guswardi kepada Sinyalnews.com di ruang kerjanya, Jumat (20/1/2023).

Ia menjelaskan, untuk menjaga ketahanan pangan, pihaknya selalu melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok secara rutin. Sehingga setiap hari selalu ada laporan masuk dari Timnya yang turun ke lapangan.

“Pastinya setiap hari kami cek harga kebutuhan pokok, seperti cabai, beras, telur dan lainnya. Apakah harganya mahal atau terjangkau oleh masyarakat. Sehingga ketika terjadi kenaikan harga ataupun kelangkaan kebutuhan pokok di pasaran, kami akan langsung mengetahui dan bergerak mengatasinya” jelasnya.

Baca Juga :  Walikota Bukittinggi Serahkan Honor Kader PPKBK, sub PPKBK, kader Poktan (BKB, BKL, BKR) dan TPK Januari-April 2023Walikota Bukittinggi Serahkan Honor Kader PPKBK, sub PPKBK, kader Poktan (BKB, BKL, BKR) dan TPK Januari-April 2023

Sejauh ini, pihaknya belum menemukan adanya kebutuhan pokok yang mengalami kelangkaan ataupun kenaikan harga yang berlebihan. Adapun saat ini kebutuhan pokok harganya sedikit mengalami kenaikan yaitu beras Solok, namun disisi lain masih ada beras Bulog yang berada diharga yang mudah dijangkau masyarakat.

Untuk harga cabaipun sekarang juga stabil, artinya selain beras Solok yang lumayan naik, selebihnya dalam kondisi normal dan tidak langka. Ketersediaan beras Bulog pun cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin membeli” paparnya.

Kehadiran beras Bulog saat ini yang ada sekitar 50 ribu ton tidak akan membuat masyarakat merasa kekurangan atas kebutuhan terhadap beras. Namun jika memang lebih suka beras lainpun, ia menyebutkan juga tidak ada kelangkaan. Masyarakat bebas ingin mengkomsumsi beras yang manapun.

Baca Juga :  Malam Apresiasi Cabdindik Solok Raya, SLB LENTERA BUNDA Raih 2 Penghargaan

Lebih lanjut Guswardi juga menyampaikan bahwa setiap tahunnya pihaknya selalu menyisihkan anggaran untuk penyaluran bibit-bibit kepada masyarakat. Adapun bibit-bibit yang dimaksud yaitu bibit buah dan juga sayuran, serta bibit cabai.

Katanya, di tahun 2022 kemaren, pihaknya menggunakan anggaran sebanyak Rp 100 juta lebih khusus untuk penyaluran bibit-bibit tersebut. Kemudian untuk tahun 2023 ini pun tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Program penyaluran bibit tersebut tentunya bertujuan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Padang

(Marlim)

Share :

Baca Juga

News

Berbisnis Itu Seperti Bercinta

Agama

Bhabinkamtibmas Polsek Kandangserang Gelar Pembagian Takjil Kepada Anak-Anak Yatim Piatu  

Budaya

Pengurus DPC Partai Nasdem Kota Padang Hadiri Apel Siaga Perubahan Nasdem di GBK

Hukum

Danrem 032/Wbr Pimpin Sertijab Pejabat Utama Dan Sejumlah Komandan Satuan Di Jajaran Korem 032/Wbr

Budaya

drg, Afando Ekardo : Saya Optimis Masa Jaya BKIM Akan Kembali Bangkit

Budaya

Guna Atasi Stunting, Dandim dan PJ. Bupati Batang Tanam Padi Varietas Protani   

Daerah

Sekdako Padang Berharap Sinergitas dan Kolaborasi yang Solid Pemko Padang dan Kodim 0312 Terus Terjalin

Daerah

Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Sumbar Berharap Kinerja Biro Adpim Meningkat Pasca Kegiatan Capacity Building