Gunung Kerinci Erupsi. Masyarakat di Minta Waspada

Gunung Kerinci Erupsi. Masyarakat di Minta Waspada

 

Kerinci, Sinyalnews.com,- Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 400 meter hari ini. Gubernur Jambi Al Haris meminta seluruh instansi siap siaga dalam mengantisipasi dampak erupsi.
“Pagi besok kita akan apel siaga bencana di Kerinci Jambi tujuannya untuk menyiapkan segala sesuatu dengan jelas agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik,” kata Al Haris di Rumdis Gubernur, Jumat (13/1/2023).
Ia mengatakan saat ini aktivitas Gunung Kerinci semakin meningkat. Apalagi letusan gunung api tertinggi di Pulau Sumatera itu juga terus terjadi sejak tiga hari berturut-turut. Pemprov Jambi tidak ingin kecolongan dalam mengupayakan agar erupsi tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Gunung meletus itu adalah bencana alam yang besar ketika erupsi sudah besar seperti itu, pemerintah harus mengambil langkah-langkah paling tidak menyiagakan, memberikan amanah untuk pak Danrem selaku Kepala Dansatgas Bencana di lapangan dengan adanya erupsi Gunung Kerinci ini,” ujar Al Haris.

Baca Juga :  DPW IKATIP Sumbar Dorong KANINDO Bantu Pengembangan Rotan dan Manau untuk Produk Ekspor

Ia juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Kerinci untuk terus waspada dengan meningkatnya erupsi Gunung Kerinci ini. Nantinya masyarakat juga diminta harus mengikuti langkah-langkah dari Pemerintah Provinsi Jambi agar kesiapsiagaan bencana ini dapat berjalan dengan baik.

“Masyarakat harus tahu ini sudah serius, sudah itu masyarakat harus tetap waspada dan terpenting mengikuti langkah-langkah yang telah diatur pemerintah itu paling penting,” sebut Haris.
Sejauh ini, Haris juga meminta agar setiap instansi yang terlibat dalam kesiapsiagaan bencana sigap menghadapi langkah-langkah jika terjadi hal buruk terhadap erupsi Gunung Kerinci ini.
“Instansi kita di kesiapsiagaan ini kan banyak, baik itu BPBD, Taganan, TNI Polri lalu Dinsos banyak lah itu harus ikut dalam apel kesiapsiagaan nanti,” jelas Al Haris

Baca Juga :  Tiga Petak Toko di Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun Ludes di Lalap si Jago Merah

Sementara, berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Kerinci, Jambi- Sumatera Barat mengalami erupsi lagi pada Jumat pagi sekitar pukul 09.31 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi sementara ini 10 menit.
Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunung api Kerinci didalam radius 3 km.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Berita

Menuju Satu Abad Perti : Syekh Sulaiman Ar-Rasuli Inyiak Canduang di Usulkan Menjadi Pahlawan Nasional 

Berita

Sebanyak 21 Tim Pemuda se-Nagari Koto Tuo Ikuti Liga Sepak Bola Tingkat Nagari, Irvan: Ini Akan Menjadi Event Tahunan

Berita

Diduga Anggota DPRD Batam ditangkap Sat Resnarkoba Polresta Barelang Karena Sabu 0,68 Gram

Berita

Pendampingan Pemilihan Ketua LPMD periode 2023 sampai 2028 Desa Kalijaran

Badan Negara

Sampah Menumpuk di Sepanjang Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun  

Badan Negara

Kampung Wisata Sanjai Juara Lomba Pokdarwis Kota Bukittinggi 2022

Berita

“Lurah Sungai Sapih Bergoro” Perlunya Program Pengadaan Alat Goro 1 RW/RT

Badan Negara

Kemenag Kota Padang : Lakukan Pengukuran Arah Kiblat Masjid Raya Ahlussunnah Langkah Penting Menuju Kesempurnaan Ibadah Padang