Gunung Kerinci Erupsi. Masyarakat di Minta Waspada

Gunung Kerinci Erupsi. Masyarakat di Minta Waspada

 

Kerinci, Sinyalnews.com,- Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 400 meter hari ini. Gubernur Jambi Al Haris meminta seluruh instansi siap siaga dalam mengantisipasi dampak erupsi.
“Pagi besok kita akan apel siaga bencana di Kerinci Jambi tujuannya untuk menyiapkan segala sesuatu dengan jelas agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik,” kata Al Haris di Rumdis Gubernur, Jumat (13/1/2023).
Ia mengatakan saat ini aktivitas Gunung Kerinci semakin meningkat. Apalagi letusan gunung api tertinggi di Pulau Sumatera itu juga terus terjadi sejak tiga hari berturut-turut. Pemprov Jambi tidak ingin kecolongan dalam mengupayakan agar erupsi tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Gunung meletus itu adalah bencana alam yang besar ketika erupsi sudah besar seperti itu, pemerintah harus mengambil langkah-langkah paling tidak menyiagakan, memberikan amanah untuk pak Danrem selaku Kepala Dansatgas Bencana di lapangan dengan adanya erupsi Gunung Kerinci ini,” ujar Al Haris.

Baca Juga :  Polsek Wonotunggal Gencar Sosialisasikan Aturan Berlalu Lintas kepada Pelajar

Ia juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Kerinci untuk terus waspada dengan meningkatnya erupsi Gunung Kerinci ini. Nantinya masyarakat juga diminta harus mengikuti langkah-langkah dari Pemerintah Provinsi Jambi agar kesiapsiagaan bencana ini dapat berjalan dengan baik.

“Masyarakat harus tahu ini sudah serius, sudah itu masyarakat harus tetap waspada dan terpenting mengikuti langkah-langkah yang telah diatur pemerintah itu paling penting,” sebut Haris.
Sejauh ini, Haris juga meminta agar setiap instansi yang terlibat dalam kesiapsiagaan bencana sigap menghadapi langkah-langkah jika terjadi hal buruk terhadap erupsi Gunung Kerinci ini.
“Instansi kita di kesiapsiagaan ini kan banyak, baik itu BPBD, Taganan, TNI Polri lalu Dinsos banyak lah itu harus ikut dalam apel kesiapsiagaan nanti,” jelas Al Haris

Baca Juga :  Serap Aspirasi Melalui Reses, Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana, Muluskan Dua Ruas Jalan di Seberang Padang

Sementara, berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Kerinci, Jambi- Sumatera Barat mengalami erupsi lagi pada Jumat pagi sekitar pukul 09.31 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm dan durasi sementara ini 10 menit.
Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunung api Kerinci didalam radius 3 km.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Agama

Jaga Kantor Desa Secara Bergilir, Linmas Desa Pecarikan Mendapatkan Reward dari Muspika PrembunĀ 

Daerah

Persit Ranting 08 Koramil 07/ Maos Ikuti Literasi Digital Kepada Keluarga Besar TNI Secara Virtual

Daerah

Songsong PEMILU 2024, Subsatgas Polairud Polda Riau Tingkatkan Patroli Cipkon dan Himbauan

Daerah

HUT Bhayangkara Ke 77 Dandim 0304/Agam Berikan Surprise Kepada Kapolresta Bukittinggi

Agama

Hari Perdana, Kakan Kemenag Kota Padang Pantau Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Sumatera Tahun 2023

Agama

Ini Penyebab Ngarai Sianok Longsor. Anda Harus Waspada!!

Hukum

Pasca Kisruh Antara Warga Pemilik Rumah yang Retak-Retak Akibat Tambang Batu Kapur diduga ilegal Menyisakan tanda tanya

Bisnis

Perumahan Villa Bukit Gading Permai dilanda Banjir Setinggi Hampir 1 Meter