Home / News

Friday, 9 December 2022 - 13:52 WIB

Kakankemenag Padang : Pantau PAS MTsN 1 Padang,Minta Guru Wujudkan Transformasi Pembelajaran

 

Padang, Sinyalnews.Com — Era digitalisasi menuntut para pendidik untuk berlari kencang menjemput ketertinggalan dan mengejar kemajuan. Digitalisasi telah merubah peradaban, merubah cara dan model pembelajaran. Maka guru harus siap beriringan dengan kemajuan ini dan harus mampu mewujudkan transformasi pembelajaran.

 

Hal itulah yang ditekankan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi saat memantau pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, bertempat di Kampus madrasah tersebut Kamis (08/12/22).

 

Kedatangan H. Edy Oktafiandi yang didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Farhan Furqani, disambut oleh Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal dan unsur pimpinan. Kemudian Kakankemenag langsung menyambangi ruang panitia, mengecek kelengkapan administrasi ujian, berdialog dengan ketua panitia Idra Putri dan melihat langsung siswa yang sedang ujian.

 

Kepala kantor, memaparkan bahwa capability based menjadi salah satu ciri transformasi pelajar,  di mana peserta didik mengembangkan dirinya berdasar daya kreatif dan daya kakakter yang dimilikinya. Sebaliknya pelajar atau peserta didik tak lagi dipaksa untuk hanya mengusasi keterampilan tertentu berdasar tuntutan kurikulum atau modul pembelajaran yang dimiliki oleh dunia pendidikan.

Baca Juga :  Danramil 07/ Maos Hadiri Peresmian, Serah Terima Penerangan PJU-TS Desa Merenek

 

Transformasi pelajar idealnya merancang dan membentuk peserta didik menjadi manusia pembelajar. Konsep manusia pembelajar menurut Andrias Harefa adalah belajar tentang (learning about), belajar melakukan (learning to do), dan belajar menjadi (learning to be).

 

“Relevansi konsep ini masih kuat hingga kini, maka tinggal reaktualisasi untuk menopang terwujudnya pelajar yang transformatif dan transformasi pembelajaran,” terang H. Edy Oktafiandi.

Kepala kantor,  berpesan agar  pengawas ruang ujian PAS lebih disiplin, lebih teliti, mengawasi siswa dengan ketat agar tata tertib dan aturan-aturan ujian bisa diterapkan dan Ujian PAS perlu dikelola dengan serius, profesional, dan sesuai Juknis.

 

Saat dimintai pandangannya tentang geliat MTsN 1 Padang, Kepala Kantor sangat mengapresiasi, memberikan support, dan acungkan jempol. Kita melihat para pendidik MTsN 1 Padang memiliki banyak potensi, punya kompetensi, dan mempunyai semangat untuk berkompetisi sehingga MTsN 1 Padang banyak mengukir prestasi, menghiasi  media dengan berita-berita prestasinya, pujinya.

Baca Juga :  Dalam Satu Bulan, Polisi Berhasil Ungkap 5 Kasus Pencabulan Pada Anak Di Batang

 

“Nama MTsN 1 Kota  Padang terus menggema mulai dari tingkat Kota, Provinsi, hingga nasional. Selaku Pimpinan terus memantau dan mengamati geliat dan perkembangan MTsN 1 Padang baik secara langsung ataupun di media sosial, media cetak dan elektronik,” sambungnya.

 

Sementara itu Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal menyambut baik  kedatangan Kakankemenag yang telah memantau secara langsung, memberikan apresiasi, dan responsif atas pelaksanaan PAS semester ganjil TP. 2022/2023.

 

Isrizal, berharap kedatangan orang nomor satu di Kemenag Kota Padang itu, akan menjadi motivasi dan semangat bagi warga MTsN 1 Padang untuk mewujudkan transformasi pembelajaran.

 

Dan memacu serta meningkatkan mutu pendidikan, menambah pundi-pundi prestasi akademik dan non akademik dan tetap menjadi yang terbaik diantara yang baik, tutup Kepala Madrasah.

DTB/HTJ

Share :

Baca Juga

Daerah

Ketua SPRI Sumbar Rico AU Dato Panglima: Pengusiran Wartawan di Auditorium Gubernur Sumbar Wajib di Proses Hukum!  

Daerah

FGD Forkopimda Sumbar Bersama Forkopimda Pasbar, Gubernur Mahyeldi: Lindungi Masyarakat dan Jalani PSN dengan Membentuk Tim 

Bisnis

Gubernur Mahyeldi : Sertifikat Halal bagi UMKM Penting untuk Wujudkan Sumbar sebagai Pusat Industri Halal Nasional

Agama

UIN IB Umumkan Terima 7000 Maba Saat Kunjungan MAN 1 Payakumbuh

Budaya

Jelang Pemilu 2024, Gubernur Mahyeldi Pastikan Perekaman Data KTP el di Sumbar Tetap Gencar Meski Capaian Sudah 98,34 Persen

Budaya

Karena Ketiadaan Biaya, Ahmad Ludjhio Luja Peraih 3 Medali Emas dan 1 Perak di Ajang O2SN tingkat Kota Padang Terancam Gagal Ikut POPNAS di Palembang

Agama

Deklarasi Kampung Tangguh Anti Narkoba Diwilayah Kecamatan Sampang

Nasional

Perumahan Pesona Griya Batang Meraih Juara Satu Lomba Pos Satkamling