Home / Budaya / Daerah / Finansial / Hukum / News / Pengetahuan / Peristiwa

Tuesday, 29 November 2022 - 09:26 WIB

Ketum LPPKI Azwar Siri.SH Terima SK Pengangkatan sebagai Anggota BPSK Kota Padang Dari Gubenur Sumbar.

Ketum LPPKI Azwar Siri.SH Terima SK Pengangkatan sebagai Anggota BPSK Kota Padang Dari Gubenur Sumbar.

 

Padang, Sinyalnews.com,- Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Azwar Siri SH yang juga berprofesi sebagai advokat senior bersama delapan orang anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) lainya pada hari Senin tanggal 28 November 2022 di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat di Padang menerima surat keputusan (SK) pengangkatan no : 511-865–2022 tanggal 25 November 2022 sebagai anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen kota Padang untuk periode 2022 – 2027.

Surat Keputusan pengangkatan diserahkan oleh Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Sumbar Yuldhi Darma Putra SH, M.Si mewakili Gubernur Sumbar.

Dalam kata sambutannya, Yuldhi mengatakan BPSK adalah sebuah Badan atau tempat penyelesaian sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha yang lahir berdasarkan amanat UU NO 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Anggota BPSK ini terdiri dari unsur konsumen dan pelaku serta unsur pemerintah.

Baca Juga :  Tanah Datar Tuan Rumah Lomba Arung Jeram Tingkat Nasional

“BPSK berfungsi untuk memberitahukan putusan kepada pelaku usaha yang melakukan pelanggaran terhadap perlindungan konsumen; menjatuhkan sanksi administratif kepada pelaku usaha yangmelanggar ketentuan Undang-undang ini” ujar Yuldhi.

Menurut pasal 1 angka 5 Permendagri nomor 06/M-DAG/PER/2/2017 tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.memberikan pengertian bahwa Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) adalah badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen.

Gubernur mengajukan usulan calon anggota BPSK sebagaimana dimaksud pada ayat (2) paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa keanggotaan BPSK berakhir. Pasal 19 (1) Pengangkatan dan pemberhentian anggota BPSK ditetapkan oleh Menteri.

“Saya ucapkan selamat kepada anggota BPSK yang baru, semoga dapat bekerja dengan baik, demi perlindungan buat konsumen di Kota Padang” ujarnya.

Baca Juga :  Faizah Adriansyah Siswi MTsN 6 Padang Wakili Sumbar di Ajang O2SN Tingkat Nasional

Azwar Siri lolos dalam seleksi sebagai anggota Badan Penyelesaian. Sengketa Konsumen (BPSK) kota Padang propinsi Sumbar dari unsur konsumen utusan dari Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui proses seleksi yang ketat yang diadakan beberapa bulan yang lalu oleh team independen pemilihan anggota BPSK.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk duduk sebagai anggota BPSK kota Padang. Semoga kepercayaan yang diberikan ini bisa kami laksanakan dengan sebaik- baiknya” ucap Azwar Siri.

Sementara Andes, warga Kota Padang menilai, penunjukan Azwar Siri sebagai anggota BPSK sudah tepat. “Selain berprofesi sebagai seorang pengacara, beliau (Azwar Siri) juga Ketua Umum Lembaga Perlindungan Pemberdayaan Konsumen Indonesia. Jadi sudah tepat amanah ini diserahkan kepada beliau” ujar Andes

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polsek Sampang Polresta Cilacap Goes To School: Membangun Karakter dan Sosialisasi Pencegahan Bullying di SMAN 1 Sampang

Daerah

Bakti Kesehatan Akabri 91, Lapangan Rampal Malang Disulap Jadi Rumah Sakit

Budaya

Hari Kedua Pencarian Satu Orang Terseret Ombak di Pantai Setrojenar Belum Ditemukan

Agama

DITANGAN TERAMPIL SEPERTI PAK MARIJAN BATU KALI JADI BARANG BERHARGA

Hukum

Miris”, Satu Siswa SMK Alami Luka Bacok Akibat Tawuran

Bisnis

Tahun 2023 PAD Kota Padang Alami Peningkatan

Agama

Wujudkan Kerukunan dan Toleransi Beragama, Kodim Cilacap Bersihkan Klenteng

Agama

Dua orang pengamen jadi pelaku curanmor