Home / News

Sunday, 20 November 2022 - 22:51 WIB

Dinsos Sumbar dan Kemensos Pacu Penyaluran Bantuan ke Lokasi Bencana Banjir

 

 

Padang, Sinyalnews.com,- Dinas Sosial Prov Sumatera Barat dan Kementrian Sosial RI memacu penyaluran bantuan ke lokasi bencana di wilayah Sumatera Barat.

Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir melanda sejumlah kawasan di Sumatera Barat (Sumbar). Merespons situasi tersebut, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar) terus bergerak dalam upaya penyaluran bantuan logistik ke berbagai kawasan yang dilanda banjir.

 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Andri Yunidal menyebutkan, berdasarkan instruksi Gubernur Sumbar terkait pentingnya respons cepat atas bencana yang terjadi, maka Dinsos Sumbar terus menjalin koordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota dalam penyaluran  bantuan sesegera mungkin.

 

“Sesuai arahan Bapak Gubernur, Dinas Sosial berfokus pada dampak yang terjadi akibat banjir yang melanda sejumlah kawasan di Sumbar. Terutama sekali terkait kondisi warga yang terkena dampak, yang tentu saja memerlukan bantuan logistik sesegera mungkin,”ucap Arry Yuswandi, Jumat (18/11/2022).

 

Arry menyebutkan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Sosial RI, terutama sekali dengan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), untuk segera mengupayakan penyaluran bantuan logistik bagi warga yang terdampak. “Melalui Bidang Linjamsos serta rekan-rekan Tagana, kita terus bergerak dalam penyaluran bantuan ,” ucapnya lagi.

Baca Juga :  Kuota Haji Indonesia Tahun ini 221.000 Jamaah. Tak Ada Batasan Umur

 

Sementara itu, Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar, Andri Yunidal menambahkan, sejauh ini tim dari Dinsos Sumbar dan Tagana, bersama Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan logistik bagi korban banjir di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Agam.

 

“Tim dari Dinas Sosial Provinsi bersama relawan Tagana sudah turun bersama tim dari Kemensos ke sejumlah titik untuk mengantar bantuan logistik. Ribuan paket bantuan sandang dan pangan sudah disalurkan ke Pesisir Selatan dan Agam, dan kita terus jalin komunikasi dengan Dinas Sosial di kabupaten/kota,” ucap Andri.

 

Andri Yunidal merincikan, paket bantuan yang dikirim ke Kab. Pessel terdiri dari 400 paket lauk pauk siap saji, 800 paket makanan anak, 1.000 paket makanan siap saji, 200 buah selimut, 100 paket sandang dewasa, 200 paket sandang dewasa, dan 75 unit kasur.

 

“Bantuan diantar langsung oleh Koordinator PSKBS Dinsos Sumbar, Andra Rizki Syaiful, didampingi staf Linjamsos, Muliyadi, Jhon Ronaldo, dan Juli Ishaq Putra, Anggota Tagana Sumbar Endri dan Joharman Anas. Sementara dari Direktorat PSKBA Kemensos RI turut hadir Ajhi Pradana Putra dan Rizky Saputra, didampingi tim dari BBPPKS Kemensos RI,” ucap Andri.

Baca Juga :  Menteri Prabowo Resmikan Ruang Makan Husein Akmil Magelang

 

Ada pun bantuan yang disalurkan ke Kabupaten Agam terdiri dari, 140 paket lauk pauk siap saji, 224 paket makanan anak, 160 makanan siap saji, 80 paket family kit, 80 pcs selimut, 80 pcs matras, 80 pcs sandang dewasa, 80 pcs sandang anak, dan 20 pcs kasur.

 

“Bantuan ke Agam diantar oleh Tim dari Dinsos Sumbar, Erwin Zulkarnain dan Al Iman, didampingi anggota Tagana Sumbar Hengki Asteri dan Dadang, serta tim dari BBPPKS Kemensos RI,” ucapnya lagi.

 

Bidang Linjamsos Sumbar bersama relawan Tagana di Sumbar, sambung Andri lagi, juga terus memantau situasi di lapangan, membuat laporan, serta merespons setiap situasi dan potensi kejadian bencana yang terjadi. Sebab, sampai saat ini curah hujan masih cukup tinggi sehingga berbagai kemungkinan masih dapat terjadi.

 

“Kita terus siaga dan memantau situasi. Sejak Rabu 17 November kemarin tim sudah bergerak menyalurkan bantuan ke lokasi, dan sampai saat ini 18 November, masih ada tim yang kembali menyalurkan bantuan tambahan bersama Kemensos menuju Pesisir Selatan. Kita terus pantau situasinya karena curah hujan masih cukup tinggi,” ucap Andri menutup.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolresta Cilacap Laksanakan Jumat Curhat Dengan Para Nelayan Serta Resmikan Kapal Satya Haprabu Polresta Cilacap

Daerah

Tingkatkan Kecakapan Generasi Bangsa di Perbatasan, Satgas Yonif 122/TS Bantu Pengawasan ANBK (Assessment Nasional Berbasis Komputer)

Daerah

Serda Rahmat Junaedi : Hebat, Limbah Diolah Menjadi Pupuk

Daerah

Rakyat Ingin Pemilu Karena Hendak Melakukan Perubahan Yang Lebih Baik dan Lebih Beradab

Agama

Belum Pernah Tersentuh Pemerintah Masyarakat Gotong Royong Perbaikan Jalan Sukosari 2

Daerah

Oknum Wakil Ketua DPRD Nias Utara Noferman Zega dari Partai PAN Dilaporkan ke Polda Sumut

Daerah

Odong – Odong, Dilarang Untuk Beroperasi dan Bukan Keperuntukanya

Agama

Kadisdik Barlius Instruksikan Kepala Sekolah Kerahkan Siswa Bantu Korban Banjir Bandang