Home / Daerah / Ekonomi / Finansial / Nasional / News / Peristiwa

Thursday, 14 December 2023 - 07:15 WIB

Beralih ke Arsip Digital, Inovasi Terbaru Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar

Padang, Sinyalnews.com,- Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat melangkah maju ke arah modernisasi dengan mengadakan sosialisasi arsip digital, sebuah inisiatif penting yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keterbukaan informasi. Acara tersebut, yang dihadiri oleh pengurus koperasi, anggota, dan pemangku kepentingan terkait, diadakan di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat pada hari Kamis tanggal 14 Desember 2023.

Dalam pidato pembukaan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat, Bapak Dr. H. Endrizal, SE. M.Si,, menyoroti urgensi beralih ke arsip digital dalam menghadapi tuntutan era digital saat ini. Beliau menggarisbawahi manfaatnya dalam meningkatkan aksesibilitas informasi, mengurangi penggunaan kertas, dan mendukung upaya pelestarian lingkungan. “Dengan mengadopsi arsip digital, kita tidak hanya memodernisasi cara kita bekerja tetapi juga ikut berkontribusi pada perlindungan lingkungan,” ucap Endrizal

Baca Juga :  Pakum dan Patop Satgas Sosialisakan Peraturan Dalam Mengatasi Permasalahan Yang Terjadi Selama Satgas

Sosialisasi ini mencakup berbagai aspek implementasi arsip digital, termasuk proses pengarsipan, keamanan data, dan manajemen risiko. Para peserta juga terlibat dalam workshop interaktif yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan keterampilan praktis dalam mengelola arsip digital.

Pelatihan ini melibatkan pemakaian perangkat lunak terkini dan teknologi terbaru yang mendukung efisiensi pengelolaan data.
Selain memberikan pemahaman teknis, sosialisasi ini juga menyoroti perubahan budaya dan paradigma dalam pengelolaan informasi.

Sementara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Ir, Edi Dharma, M.Si mengatakan, ini bukan hanya soal teknologi, tetapi juga soal bagaimana kita memandang dan berinteraksi dengan informasi. “Semua pihak terlibat perlu memiliki komitmen untuk menjadikan arsip digital sebagai bagian integral dari operasional sehari-hari,” kata Ir. Edi Dharma, M.Si, yang tampil sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Dandim Cilacap Serahkan Sepeda Motor Dinas Babinsa dan Bingkisan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat berharap bahwa langkah ini akan membuka pintu bagi efisiensi yang lebih besar dalam pengelolaan dokumen dan data, mengurangi biaya administrasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota koperasi. Selain itu, transisi ke arsip digital diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap citra koperasi di mata masyarakat dan regulator.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, langkah proaktif Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat dalam mengadopsi arsip digital menjadi contoh inspiratif bagi Dinas Koperasi lainnya di seluruh Indonesia. Ini adalah langkah signifikan menuju efisiensi, transparansi, dan keberlanjutan dalam pengelolaan data dan informasi di dunia koperasi.

Share :

Baca Juga

Agama

Ustadz Sigit Sugiarto : Saya Menolak Keras Acara ASEAN Queer Advocacy Week

Agama

Kankemenag Padang Serahkan Satu Ekor Sapi Kurban untuk Mushala Ar Rahman Ladang Kaladi

Budaya

Padat Karya Kelurahan Gunung Pangilun Bersihkan Saluran Sedimen

News

“Perempuan Dalam Musik Tradisional Minangkabau : Identitas dan Budaya Matrilineal”

Daerah

Razia Pelajar Bolos: Polisi dan Satpol PP Lakukan Pembinaan

Budaya

74 Siswa SMAN13 Padang Ikut Wisuda Tahfiz Perdana  

News

Terima Surat Pemberhentian Oknum JZ, DPRD Siapkan PAW

Daerah

Wako Bersama Ketua TP-PKK Bukittinggi Raih Prestasi Penghargaan Tertinggi Tingkat Nasional 2023