Home / Daerah / Nasional / News / Peristiwa

Saturday, 2 December 2023 - 18:39 WIB

Eviyandri Rajo Budiman Buka Sosialisasi P4GN Bagi Tokoh Masyarakat dan Generasi Muda Kota Padang 

Padang, Sinyalnews.com,– Sabtu (02/12/2023), Badan Kesbangpol Prov. Sumbar kembali menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Acara dibuka oleh Anggota DPRD Prov Sumbar Eviyandri Rajo Budiman. Sosialisasi yang digelar di Axana Hotel ini merupakan salah satu upaya pemprov Sumbar untuk menekan penyalahgunaan narkoba yang menyebabkan bahaya yang masif, khususnya di kalangan generasi muda.

Dalam arahannya, Eviyandri Rajo Budiman kembali mengingatkan para peserta bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam P4GN. Generasi muda harus bergerak ke arah yang positif, yakni dengan mengembangkan potensi diri, membentuk organisasi organisasi sosial, aktif, kreatif, berjiwa mandiri, serta bermanfaat untuk masyarakat luas.

Tak hanya itu, generasi muda juga mesti berani menolak ajakan lingkungan yang bersifat negatif. Hal ini penting dilakukan karena peran lingkungan sangat besar, khususnya dalam P4GN. Semua elemen tak lepas dari ancaman narkotika, tanpa memandang umur, profesi maupun status sosial.

Baca Juga :  Kapolsek Padang Timur Hadiri Penyerahan Santunan Kematian Warga

 

Politisi Partai Gerindra ini menekankan bahwa program P4GN saat ini terus digencarkan. Kendati begitu, upaya ini perlu dibarengi dengan kerjasama semua pihak agar berhasil secara efektif. Seluruh kalangan perlu berperan aktif sesuai dengan kapasitasnya masing masing dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

 

Sementara Kepala Kesbangpol Prov Sumatera Barat, Dr, Jefrinal Arifin yang bertindak sebagai narasumber mengatakan dipilihnya masyarakat umum sebagai sasaran kegiatan ini dilatarbelakangi oleh makin maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat. Masyarakat rentan menjadi korban atas bujukan penggunaan narkoba, bahkan ikut  mengedarkan barang haram tersebut dengan iming-iming upah yang cukup besar.

 

Ia melanjutkan, Kota Padang sudah masuk dalam kota darurat narkoba, karena kasus penyalahgunaan barang haram tersebut terindikasi meningkat dari tahun ke tahun, Menurutnya, itu dibuktikan dengan seringnya terjadinya penangkapan kurir narkotika dalam jumlah besar, dengan pelakunya berasal dari luar Sumbar.  Ini menjadi perhatian serius pemerintah, khususnya Pemprov Sumbar bersama aparat terkait guna memutus mata rantai peredaran barang haram ini.

Baca Juga :  Pembangunan Pelabuhan Onshore Dipastikan Bisa Kembalikan Kapal-Kapal Berlabuh ke Kota Pekalongan

 

Kaban Kesbangpol juga menyampaikan harapannya akan peran masyarakat pada upaya P4GN. Apapun usaha yang dilakukan pemerintah, jika masyarakat tidak memiliki kesadaran maka akan percuma. Karena untuk memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba memerlukan kolaborasi dan dukungan semua pihak.

 

Sebelumnya, Ketua Panitia penyelenggara Muzahar, S.Sos, M Si melaporkan, sosialisasi diikuti 130 orang tokoh masyarakat dan generasi muda se Kota Padang. Acara berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 2-4 Desember 2023.

 

Anggaran dari acara sosialisasi P4GN ini berasal dana pokok pikiran anggota DPRD Prov Sumatera Barat Eviyandri Rajo Budiman dari Fraksi Gerindra.

 

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Agama

Gubernur Mahyeldi Lantik 4 Kadis dan 1 Ka Biro di Lingkungan Pemprov Sumbar

Daerah

3Kelurahan Ditunjuk Kementerian PUPR, Porkir Attari Gauthi Ardy Warnai Pembangunan Kota Padang Panjang

Daerah

Bupati Pasaman Barat Serahkan 1 unit Rumah kepada Keluarga Yatim Tampus Damai

News

Walikota Padang Dukung Guswardi Maju Pilkada Kota Solok  

Daerah

Forkopincam Sampang Adakan Sosialisasi Anti Bullying Perundungan Di SMK YPE Sampang

Hukum

*Sambut HUT Humas Polri ke 72, Bidhumas Polda Jateng Gelar Donor Darah Bersama Awak Media*

Daerah

Polda Sulteng terjunkan 1.023 personel untuk pengamanan RI.1

News

Ustad Eka Jaya Akan Kukuhkan DPD PEJABAT Sumbar