Polres Kepulauan Mentawai Jumat Curhat di Mesjid Jabal Nur Tua Pejat

Mentawai, Sinyalnews.com,- Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Dr, Fahmi Reza S.IK, MH diwakili Pejabat Utama Polres Kepulauan Mentawai mengadakan kegiatan Jumat Curahat dan Jumat Barokah di Mesjid Jabal Nur Km 4 Tua Pejat Sipora, Jumat (3/2/2023).

Hadir dalam giat tersebut
– Kabag SDM Kompol Syofyan Efendi. SH
– Kabagren Kompol Syafrizen. SH
– Kasat Binmas Akp Jenedi. SH
– Kasat Pol Airud Akp Jon Fitri
– Kasat Reskrim Iptu Azhamu SH M. H
– Kanit Provost Ipda Musa. SH
Dan agt Polres lainya

Dalam rangka giat Jumat Curhat Kabagren Polres Kepulauan Mentawai Kompol H Syafrizen. SH Datuak Rang Batuah langsung menjadi Khatib Jum’at Di mesjid Jabal Nur Km di Km 4 Tua Pejat Sipora dengan Tema *Jaga Silahturahmi yg baik Dg Allah SWT & Sesama Manusia serta Alam semesta*
Materi Khutbah disampaikan ustd Kompol H Syafrizen. SH DT Rang Batuah

Selaku hamba yg beriman dalam menjalani kehidupan, seorang Muslim harus memperhatikan hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal ‘alam.
Tiga perkara ini bernilai ibadah dan merupakan misi kehidupan manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Ada hal lain dalam tiga kategori tersebut juga harus diamalkan secara seimbang, meskipun pada hakikatnya hablum minannas dan hablum minal ‘alam memiliki tujuan vertikal, yakni mendapat ridha Allah SWT. Agar lebih paham, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Hablum Minallah
Hablum minallah adalah bagaimana manusia berhubungan dengan Sang Pencipta dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi larangannya.

Makna hablum minallah dalam tafsir At-Thabari, Al-Baghawi, dan tafsir Ibnu Katsir adalah “Perjanjian dari Allah, maksudnya adalah masuk Islam atau beriman dengan Islam sebagai jaminan keselamatan bagi mereka di dunia dan di akhirat”.

Baca Juga :  Outbond Penutup Acara Megengan Camp Mampas 25 di Wisata Sikembang

Hablum minallah dilaksanakan dengan ubudiyah atau ibadah. Hidup manusia di dunia pada hakikatnya adalah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Allah berfirman, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Qs. Ad-Dzuriat : 56).

Menurut Imam Ghazali, ubudiyah terdiri dari tiga hal, yakni:

Menunaikan perintah syariat

Rela dengan ketentuan dan takdir serta pembagian rezeki dari Allah SWT

Meninggalkan kehendak nafsunya untuk mencari keridhaan Allah SWT.

2. Hablum Minannas
Jika hablum minallah dikenal sebagai kesalehan individu atau ibadah mahdhah, hablum minannas merupakan kesalehan sosial atau ibadah ghair mahdhah. Sebab hablum minannas adalah konsep di mana manusia menjaga hubungan baik dengan manusia lainnya.

Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk sosial. Allah SWT menekankan hal ini dalam surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”
Dalam ayat tersebut, Allah SWT mengingatkan bahwa keberagaman merupakan suatu keniscayaan, namun umat manusia diperintahkan untuk saling mengenal dan berbuat baik kepada sesama. Ini juga ditekankan dalam surat An-Nisa ayat 36 yang berbunyi:

“Sembahlah Allah SWT dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisa Ayat: 36).

Baca Juga :  Masuk Proses DU, Pelatihan BLK Dapat Antusias Dari Lansia  

3. Hablum Minal ‘Alam
Arti hablum minal alam adalah hubungan manusia dengan alam. Selain ditugaskan untuk beribadah dan menjaga persaudaraan, manusia juga diberi tugas untuk memakmurkan bumi. Allah SWT bahkan secara tegas mengancam manusia yang berbuat kerusakan di muka bumi.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (Q.S. Ar Rum:41).

Sebagian ciri dari perusak bumi yaitu mereka yang bersikap sombong, mengingkari adanya Tuhan, merusak tanaman, membunuh binatang ternak, mencemari lingkungan, dan lain sebagainya.
Jum’at Curhat
Bahwa giat ini sejalan sesuai perintah Kapolri /Kapolda Sumbar / Kapolres sampai tingkat Polsek Seluruh Indonesia Memerintah Jajaran Utk melakukan Pendekatan yg baik dg tampil Polisi turun langsung ke tengah-tengah Masyarak menjemput aspiraai
besar harapan mampu membangun citra yg baik sehingga nampak nilai positif Hantarkan Polri dicintai & dipercaya Masyarakat

Dalam jumat Curhat disamping tampil sebagai Khatib
setelah shalat Jumat *bersama PJU & Agt Polres Kepulauan Mentawai*
dilanjutkan diskusi dg jemaah shalat Jumat dalam program Jumat Curhat dengan tujuan menampung aspirasi Masyarakat tentang masalah Yan Yon Lin sesuai tugas pokok Polri berdasarkan UUNo 2 Thn 2002 ttg Kepolisian terutama pasal 13 sekaligus menyampaikan himbauan / Penyuluhan berita Viral saat ini termasuk isu pencurian anak diharapkan kerjasama wali murid dengan pihak sekolah. Hati-hati tingkat kewaspadaan sampaikan kepada anak kita jangan mudah ikut ajakan orang yg tidak dikenali, termasuk masalah pekat bahaya Narkoba, Pergaulan bebas & hindari tindak kejahatan lainya” ucapnya.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Agama

Berakhir Dengan Kemenangan MP FC Kinali, Turnamen Futsal KTBB CUP IV Resmi Ditutup Bupati Hamsuardi

Health

Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1715/Yahukimo Berikan Penyuluhan Stunting dan Pengobatan Gratis

News

Gustami Hidayat Tampil Sebagai Pemateri Pada Acara Workshop Pemanfaatan HHBK Sebagai Produk Unggulan

Agama

Ikatan Keluarga Minang Jawa Barat Turut Berduka Atas Meninggalnya Desmon Junaidi Mahesa

Agama

Elektabilitas Irwansyah Tertinggi, Tomas, Pemuda dan Mak-Mak Kota Batam Sebut Bapaslon AMIR Pasangan Serasi

Hukum

DPC Peradi Padang Angkat 69 Advokat Baru

Agama

Berpura-pura Jadi Pembeli, Pemuda Digelandang Polisi Lantaran Mencuri Perhiasan

Budaya

Penerimaan CPNS 2023 Resmi Dibuka September, Ini Syarat dan Jadwal Lengkapnya