Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Hukum / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Thursday, 29 December 2022 - 12:13 WIB

PPS Batu Singka Semakin diminati Generasi Muda Sebagai Tempat Pendidikan Seni Beladiri Pencak Silat.

PPS Batu Singka Semakin diminati Generasi Muda Sebagai Tempat Pendidikan Seni Beladiri Pencak Silat.

 

Padang, Sinyalnews.com,- PPS Batu Singka yang baru didirikan sudah mulai terlihat kiprahnya. Hal ini dilihat dari semakin banyak dikunjungi oleh penggiat silat, tokoh masyarakat dan anak-anak muda kota Padang .

PPS Batu Singka juga aktif di IPSI Koto Tangah dan PPSI yang ditandai dengan sering terlihat mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh 2 lembaga tersebut yang mana IPSI lembaga induk yang manaungi silat Prestasi dan tradisi sedangkan PPSI ( Persatuan Pencak Silat Indonesia mengelola khusus Silat Tradisi)

Motto PPS Batu Singka adalah tumbuh ,maju Berkembang ,.dengan semangat kebersamaan kita jaga dan lestarikan Seni Dan Budaya Minangkabau NAn Tak Lakang dek paneh tak lapuak Dek Hujan.

Untuk kelengkapan adminstrasi Di PPSI, PPS Batu Singka sudah didaftrakan ke Dinas Pendidikan kota Padang beberapa waktu lalu, yang mana pengelolaan Silat tradisi dibawah dinas pendidikan dan ke IPSI kota Padang sedang mempersiapkan berkasnya dan dalam waktu dekat juga akan didaftarkan ke Dinas Pemuda dan olah raga kota Padang.

Baru – baru ini tanggal18 -19 Desember IPSi Koto Tangah yang di ketuai oleh Bapak DR Endrizal ,menyelenggarakan Festival Silat tradisi dan randai antar Perguruan Silat Se- Koto Tangah bertempat di Kantor KAN Koto Tangah Kel Balai Gadang di Buka Oleh Ketua LKAAM Sumbar DR.H Fauzi Bahar MSi Dt Nan Sati. Acara juga dihadiri Walikota Padang diwakili Kepala BBPD Kota Padang dan Ketua KAN Koto Tangah dan niniak mamak, Bundo Kanduang, Camat dan Lurah Balai Gadang Jufrisal Maas SH dan lurah lainya di Kec Koto Tangah.

Baca Juga :  Bank Mayapada Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3 Hingga S1, Cek Kualifikasinya

Dalam pergelaran tersebut PPS Batu Singka mengimkan 6 atiet berpasangan ,1 putra dan 2 Putri, serta 1 Tim Randai jumlah 16 orang. “Alhamdulillah capaian hasil Sebagai pendatang baru cukup menggembirakan dengan keluar sabagi Juara Harapan 1 atlet berpasang putra yaitu Harifa Syahputra dan adek Saputra” ujar Saidul Basri Ketua PPS Batu Singka. Sedangkan randai belum dapat capaian juara dan hanya masuk dalam 10 besar.

“Sebagai perguruan yang baru, capaian ini sangat kami syukuri disatu sisi kami Kel besar PPS Batu Singka sangat bangga dengan hasil ini, namun disatu sisi sangat terharu karena anak-anak kami modalnya bondo nekat istilah kerennya.

Dilihat Fasilitas pendukung sangat kekurangan, mulai dari lokasi lahan tempat latihan adalah sifatnya dipakai sementara dan atas kebaikan melalui Tokoh Pemuda Air dingin Bapak Sardiman. Ditambah fasilitas pendukung lainya seperti Matras, Body Protecor, samsak dan peralatan Komputer, dan lainnya. Fasiltas tersebut sangat dibutuhkan buat latihan anak-anak kami dan juga untuk guru pelatih hanya bantuan minum kopi ,snek dan transportasi. “Kalau untuk honor saat ini belum ada” lanjut Saidul.

Dana saat ini terkumpul melalui iuran fastabikul khairat melalui Anggota dan pengurus setiap latihan Rp 5 rb. “Harapannya kami sangat butuh bantuan para hamba Allah Dermawan dan donatur” ucapnya.

Baca Juga :  Gerhana Bulan Penumbra Bulan Mei 2023 Waktu Dan Lokasinya

Sejalan itu saat ini PPS Batu Singka juga sudah keluar Akta Notaris SK Kemenkumhan AHU 009726 AHU 01.07. Tahun 2022. Materi pembelajaran Silat pengembangan nya adalah.:
1. Silat Tardisi dan telah daftarkan Ke Induk tapian KAN Koto Tangah dan belum diadakan acara peresmian *Aliran Silat Langkah Ampek Dondong Kabau Gadang.

2. Silat Prestasi
3. Randai
4. Seni dan kebudayaan
Pimpinan perguruan Busrizal Pak Malin Kayo

dewan guru
1. Guru Anasrul Leo SH
2. Bakhtiar
3 Syafril Tanjung ,pdk Rajo Pandeka Sutan
.ketua Perguruan saidul Bahri ,SH .Sutan Basa

Sekretaris Ardi Saputra SH.Pdk Lelo Sutan

bendahara Asmaizul Amran

Pengawas Sardiman

Humas :
Marlim
Elvis Patopang

PPS batu singka Sdh ada buka cabang di Kel Jati Rawang dekat SMP 5. “,Insya Allah 22 Desember kita juga sudah buka cabang di Kel Bungo Pasang, Kabun dan sekitar bulan Januari 2023 juga di buka di kp lalang Kel Batang Kabuang Mesjid Darusalam” ujar Saidul

Pada bulan Maret 2023, akan ada acara Festival Silat tradisi yang adakan oleh PPSI kota Padang yang diketua Bapak Yandri SPd. MM (Angggota DPRD Kota Padang). “Insya Allah PPS Batu Singka Ikut berpartsiipasi mendukung Festival dan kirimkan atlet randai dan silat

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Daerah

Gubernur Mahyeldi dan Forkopimda Sumbar Tunaikan Kunjungan Bersejarah ke Medan Tugas Prajurit di Provinsi Papua Barat Daya

Daerah

Jenguk Warga Binaan Serda Anhar Zubaedi Beri Dorongan Moril Untuk Kesembuhan

Daerah

1.700 Peserta Iven Olahraga Minang Geopark Run 2023 dilepas Gubernur Mahyeldi

Daerah

Operasi Patuh Candi 2023 Digelar 14 Hari, AKBP Wahyu Rohadi Himbau Masyarakat Kabupaten Pekalongan Tertib Berlalu Lintas

Bisnis

Wagub Audy Joinaldy Bangga, Meski Diguyur Hujan Upacara Penurunan Bendera Tetap Berjalan Sukses.

Agama

Pemko Bukittinggi Dukung Tradisi Adat Daerah Dalam Perayaan Khatam Al Qur’an

Daerah

Buka Musda HPJI Sumbar, Gubernur Mahyeldi Berharap Inovasi dalam Pembangunan Jalan Dapat Menjawab Kebutuhan Zaman

News

Kapolresta Padang Buka Pesantren Ramadhan Tingkat Kota Padang di Mesjid Ikhlas Gunung Pangilun