Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Hukum / Industri / Internasional / Nasional / News / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa

Wednesday, 21 December 2022 - 12:35 WIB

Kepala Kesbangpol Pimpin Rapat FKUB Jelang Natal dan Tahun Baru

Kepala Kesbangpol Pimpin Rapat FKUB Jelang Natal dan Tahun Baru

 

Padang, Sinyalnews.com,- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia. Oleh karenanya, FKUB perlu terus mensosialisasikan dan mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama yang dapat mendorong kerukunan dan toleransi di antara berbagai elemen masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpol Dr, Jefrinal Arifin SH, M.Si menegaskan bahwa FKUB harus tampil pada garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat. Terutama, mengenai pentingnya memperkuat komitmen kebangsaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi kepada sesama.
“Terlepas dari perbedaan budaya dan agamanya, menolak tindakan atau cara-cara kekerasan baik secara fisik maupun verbal, serta menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat yang sangat beragam,” ungkap Jefrinal saat Rapat dalam rangka membahas situasi dan kondisi serta perkembangan kerukunan hidup beragama di Sumbar, Rabu (21/12/2022) di Aula ruangan rapat Kesbangpol jalan Kuini no 79 Padang.

Baca Juga :  Tengsawer '83 Berduka

Kegiatan yang dihadiri perwakilan FKUB dari agama Hindu, Budha, Kristen, Protestan dan Islam dengan suasana penuh keakraban.

Pada kesempatan tersebut, Jefrinal Arifin sekaligus mendorong FKUB untuk terus mengembangkan kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi bersama berbagai organisasi dan komunitas yang ada di masyarakat. Antara lain, komunitas pemuda, komunitas perempuan lintas iman dan entitas lainnya dalam melaksanakan kegiatan sosial-ekonomi tanpa memandang perbedaan budaya dan agama.

Baca Juga :  Bripka Zalpriadi Babinkamtibmas Bungo Pasang Juara 1 Babinkamtibmas Terbaik Polresta Padang

“Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki perayaan natal dan tahun baru, maka perlu dijaga kerukunan agar tidak terjadi gesekan di tengah-tengah masyarakat” ungkapnya.

Sementara Ketua FKUB Sumatera Barat Prof, Duski Samad yang Ketua MUI Kota Padang meminta secara khusus dukungan dari pemerintah daerah, baik secara finansial maupun fasilitasi, dalam pelaksanaan program-program FKUB.

“Saya menaruh harapan besar agar pertemuan pada hari dapat menghasilkan suatu rekomendasi yang kongkret dalam upaya mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Sumatera Barat,” tandasnya.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Budaya

Gustami Hidayat Buka Pelatihan Pasambahan Adaik

Agama

Aparat Polsek Koto Tangah Berhasil Amankan Nenek Siksa Cucu Yang Viral di Medsos

Agama

Ramadhan Berbagi Ala FLIPPERS” Ratusan Anak Yatim dan Kaum Duafa Bukber Dengan Flippers Organization

Daerah

Sarapan Merah Putih Untuk Para Pelajar Bangkitkan Semangat Perjuangan

Agama

Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci

Hukum

Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik UKPBJ Proaktif

Budaya

Terkait Putusan MA RI, Kejati Sumbar Eksekusi Terpidana Kasus Tol

Agama

Gubernur Mahyeldi Perintahkan Disperindag Pantau Harga Beras di Kab/Kota di Sumbar