Wagub Audy Joinaldi Kukuhkan DPW IKM Jawa Barat

Wagub Audy Joinaldi Kukuhkan DPW IKM Jawa Barat

Bandung, Sinyalnews.com,- Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengukuhkan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) di halaman Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/12/22).

Mengangkat tema “Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda” Pengukuhan IKM Jawa Barat diharapkan Wagub dapat mempererat tali persaudaraan antara perantau di Tatar Sunda, serta membawa kekhusyukan bagi hubungan persaudaraan sesama Urang Minangkabau di rantau. Sekaligus meningkatkan peran rantau dalam membangun Ranah Minang.

Ratusan warga Minang di Jawa Barat mengikuti kegiatan pelantikan ketua dan penetapan pengurus dewan pimpinan wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau Provinsi Jawa Barat masa bakti 2021-2026.
Selain Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, hadir Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Minangkabau, Perwakilan Gubernur Jabar, Pemkab Bandung, Kepala Stasiun TVRI Jabar serta beberapa pejabat lainnya.

Baca Juga :  Siswa Tidak Lolos Seleksi, PPDB SMA Jalur Prestasi Non Akademik Diskriminatif

Selain menggelar kegiatan pengukuhan pengurus, IKM juga menggelar bazar makanan khas Minang. Berbagai jenis masakan Padang ada dalam bazar ini.
“Masyarakat Minangkabau di Jawa Barat berjumlah jutaan. Mereka bergerak di bidang usaha, baik usaha kuliner maupun fashion,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy pada Sabtu (17/12/2022) malam.
Menurutnya, tidak heran mereka menjadi bagian penopang perekonomian di Jawa Barat. “Sebab di setiap daerah di Provinsi Jawa Barat mereka menjadi pelaku usaha. Secara tidak langsung mereka memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah,” terangnya.

Sebagai orang Minang, kita harus tetap menjaga tali persaudaraan di manapun kita berada. Saudara-saudara kita yang berada di rantau terutama yang terikat dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat, dapat meningkatkan peran dalam pembangunan Ranah Minang yang kita cintai,” ujar Wagub.

Baca Juga :  Panglima TNI Siap Kirim Pasukan Ke Gaza Jika Ada Mandat Dari PBB

Ketua IKM DPW Jawa Barat Joni Martiyus Sutan Sari Alam mengatakan Pagelaran Festival Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda ini diharapkan mampu semakin merekatkan keakraban budaya Minangkabau dan Sunda serta eksistensi Urang Minangkabau di Tanah Priangan.
“Pagelaran ini sangat banyak manfaatnya, tidak hanya bagi urang Minang, tapi juga bagi Jawa Barat. Khususnya dalam gerak cepat perkonomian pasca Pandemi Covid-19,” kata Joni.

Selain dihibur pagelaran seni budaya, pengunjung Sumarak Minangkabau juga dapat menikmati aneka kuliner Minangkabau.

(Marlim)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Anggota DPRD Kota Padang Ja’far Kunjungi UPTD BPSMB Disperindag Sumbar

Agama

Masa Pensiun Harus Dipersiapkan Sebaik Mungkin

Daerah

Tidak Tahan Lagi Dengan Perlakuan Suami, Akhirnya Resti Laporkan Suaminya tersebut ke Polda Sumbar

Nasional

Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kecamatan Sampang

Agama

Lebih “Awal”, Polres Kebumen Gelar Latihan Dalmas serta Pengecekan Peralatan Pengamanan Pemilu 2024

Daerah

Mati Mesin di Perairan Barat Nusakambangan, 5 Orang ABK KM. Alviano Dievakuasi Dalam Keadaan Selamat

Budaya

Kapolsek Sekupang, Kompol ZA Christoper Tamba, S.H Terima PIN Emas Dari Kapolri

News

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kinerja Disperindag Sumbar