Home / News

Tuesday, 22 November 2022 - 06:49 WIB

Kapolsek Padang Timur Jadi Inspektur Upacara di SD IT Cendikia Andalas Padang

 

Padang, Sinyalnews.com,- Kapolsek Padang Timur Kompol Afrides Roema SH., Senin (21/11/2022) pagi menjadi Inspektur Upacara di SD IT Cendikia Andalas Padang.

Saat menjadi inspektur upacara bendera yang diikuti kepala sekolah, guru dan seluruh siswa-siswi SD IT Cendikia Andalas Kompol Afrides SH  menyampaikan arahan tentang pentingnya mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. “Jangan pernah kalian meninggalkan shalat, sebab shalat adalah tiang agama” ujar Kapolsek.

 

Kompol Afrides menegaskan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus 30 tahun ke depan. Oleh sebab itu, perlu ditanamkan nilai-nilai agama sejak dini. “Pendidikan dasar adalah awal dari pembentukan karakter seorang anak, untuk itu guru harus bisa menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan agama saat murid berada di sekolah” ungkapnya.

 

“Menanamkan nilai-nilai Pancasila dan agama di sekolah bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan karena anak akan selalu senang dan tidak bosan, anak-anak akan mudah menerima pendidikan yang mengajarkan sikap saling hormat menghormati antar umat beragama, sikap sopan santun yang berperikemanusiaan, sikap rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia, menumbuhkan sikap demokratis dan sikap adil, jujur dan tolong menolong tanpa mempedulikan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA)” kata Kompol Afrides.

Baca Juga :  Optimalkan Potensi Warga Binaan, Lapas Bukittinggi Tingkatkan Pembinaan Kemandirian

 

Kapolsek mengatakan betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dan agama sejak dini untuk membentuk moral, sikap dan perilaku anak-anak sehingga bisa tumbuh kembang dengan mempunyai akhlak mulia sesuai harapan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.

 

“Pembentukan moral pada anak sejak usia dini juga sangat dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan agar perilaku anak tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Pembentukan moral perlu dilakukan sedikit demi sedikit. Dengan dilakukan sedikit demi sedikit anak bisa mengerti dan meresapinya yang kemudian bisa diterapkan dalam tingkah laku dan perbuatannya” lanjutnya

 

Kompol Afrides juga memberi contoh kepada siswa-siswi SD IT Cendikia dalam meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dengan melaksanakan upacara setiap hari senin dengan hormat bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.

Baca Juga :  Kapolda Sumsel Pimpin Rapat Anev Realisasi Anggaran Triwulan 1 T. A 2023

 

“Oleh karena itu pembentukan moral sejak usia dini sangat penting untuk mempersiapkan saat mereka kelak menjadi anak dewasa agar mereka tumbuh menjadi anak yang bermoral sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diharapkan oleh bangsa dan negara, sehingga dengan mempersiapkan sejak dini moral bangsa akan membaik dengan lahirnya generasi baru yang bermoral dan di jauhkan dari segala bentuk paham dan tindakan radikal” pungkas Kapolsek.

 

Diakhir amanatnya, Kapolsek berpesan agar para siswa membudayakan 3 S, Senyum Sapa Salam dalam kehidupan sehari-hari. Kapolsek juga menghimbau agar anak-anak menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yang bisa datang sewaktu-waktu.

 

Turut hadir dalam upacara bendera Kepala SD IT Cendikia, Babinkamtibmas Kelurahan Simpang Haru  Aipda Nofriadi SH, Siswa  LATJA SPN POLDA Sumbar, Majelis guru SD IT Cendikia Andalas.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

News

Pukau Seluruh Penonton : Team Sholawat MTsN 1 Padang di Festival Sholawat Nabi Tingkat Sumbar

News

Patroli Wilayah Binaan, Babinsa Koramil 07/Maos Jalin Silaturahmi Dengan Warga

Budaya

Puncak Hari Koperasi Nasional, Ribuan Peserta Ikuti Gerak Jalan Santai

Agama

Apkasindo : Realisasi PSR di Ranah Minang Masih Rendah

Daerah

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Motivasi Ratusan Mahasiswa di Batam agar Berkarir sebagai Entrepreneur

Budaya

Dua Pelaku Pembuangan Bayi di Cilacap di Tangkap Polisi

Daerah

SMKN 2MANDAU LAKSANAKAN UJIAN SEMESTER TP.2023 BERBASIS JARINGAN INTERNET

Daerah

Gustami Hidayat Buka Sosialisasi P4GN Buat Tokoh Masyarakat dan Generasi Muda Kota Padang