Home / Berita / Budaya / Daerah / Hukum / Nasional / Pendidikan / Pengetahuan / Peristiwa / Politik / Teknologi

Saturday, 5 November 2022 - 14:29 WIB

Bimtek IKM Guru PAI Kupas Tuntas Kurikulum Merdeka

Bimtek IKM Guru PAI Kupas Tuntas Kurikulum Merdeka

Padang, Sinyal News – Kepala Kantor Kementerian Agama Koata Padang, H. Edy Oktafiandi didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Aidil Khurdiansyah membuka secara Resmi bimbingan teknis tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) khusus bidang Study Guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Padang Barat, digelar selama dua hari Rabu-Kamis 2-3 November 2022 bertempat di Kawana Hotel Kota Padang.

H. Edy Oktafiandi dalam arahannya menyampaikan bahwa evaluasi diri bagi seorang guru itu sangat penting, terlebih memasuki era teknologi informasi saat ini yang akan semakin berat.

“Dari waktu ke waktu tantangan guru semakin berat, terlebih dengan era teknologi informasi saat ini,” ujarnya.

Maka, melalui bimtek ini diharapkan para guru PAI dapat memahami dan menguasai teknologi informasi secara on line, profesional dan memiliki kemampuan leadership.

Baca Juga :  Kadis Pendidikan Sumbar Turut Belasungkawa atas berpulangnya Letjen Doni Monardo Mantan Kepala BNPB

Menurut Kepala Kantor, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang guru PAI. Guru tak hanya wajib menguasai pedagogik, profesional, berkinerja baik, akan tetapi juga wajib memiliki kepribadian dan sosial yang baik.

Kepala Kantor, mengharapkan agar guru mampu menggali dan mengembangkan potensi peserta didik yang cukup beragam baik secara akademik maupun non akademik.

“hal ini merupakan tugas pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan, pengajaran dan membina anak-anak agar dapat maju dan berhasil menjadi dirinya sendiri,” jelas H. Edy.

Lebih jauh, dijelaskan Kakankemenag Kota Padang menjelaskan bahwa pendidikan di sekolah harus dilaksanakan secara komprehensif. Saat ini tengah berjalan program IKM yang merata di seluruh satuan pendidikan.

“Maka Guru harus memiliki strategi-strategi agar semua potensi dan kebutuhan peserta didik dapat difasilitasi,” ajak Kepala Kantor.

Baca Juga :  Satgas Yonif 122/TS Pos Pitewi Berikan Sosialisasi Penghijauan Kepada Anak-anak Sejak di Bangku SD YPPK Pikere Papua

Dipenghujung, penuturannya Kepala Kantor berharap, setelah dilaksanakannya bimtek ini maka para operator dan pengawas sebagai peserta dapat melanjutkan bimtek ini ke tingkat yang lebih tinggi.

“Ada ribuan guru PAI yang harus kita bina dan tingkatkan kompetensinya, semoga dengan apa yang kita lakukan ini nantinya benar-benar memberi banyak manfaat dalam mengembangkan pendidikan agama islam di Kota Padang,” Ungkap H. Edy Oktafiandi.

Ditempat yang sama Zurriati Busir salah seorang Narasumber Bimtek dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa semua stakeholder di sekolah harus memiliki tanggung jawab dalam kesuksesan semua kegiatan seperti Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

“Diminta semua Guru harus berkolaborasi mengasah skill peserta didik sesuai dengan tema P5 yang ditetapkan yakninya Bersama Kita Tingkatkan Potensi Belajar,” pinta sang Pengawas seraya mengakhiri.
(HarisTJ)

Share :

Baca Juga

Badan Negara

Amsakar Achmad Ngopi Bareng Bersama Masyarakat Pulau Buluh

Berita

SLB Etnik Kreatif Nusantara Gelar Kegiatan P5 Dengan Tema Kewirausahaan  

Berita

Personal Polda Kepri Raih Kejuaran Nasional Atletik Master Indonesia yang di Gelar di Semarang

Badan Negara

Akan dibuka 6 Akademi Keolahragaan Dibawah Binaan FIK UNP

Badan Negara

Pengurus DPC Partai Nasdem Kota Padang Hadiri Apel Siaga Perubahan Nasdem di GBK

Berita

Kasum TNI Pimpin Sertijab Asrenum dan Aster Panglima TNI

Badan Negara

Ratusan Guru Lulus Pasinggrade Belum Dapat Penempatan. Begini Faktanya

Badan Negara

Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Tzu Chi Hospital